Sunday, March 14, 2021

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak part 2

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak part 2 | Pada artikel saya sebelumnya yang berjudul Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak telah saya jelaskan beberapa penyebab power amplifier rakitan maupun pabrik mempunyai suara yang serak. Namun seiring waktu artikel yang saya tulis waktu itu ternyata masih kurang dimana penyebab power amplifier suara serak sering terjadi pada Kit Power tipe SOCL sedangkan yang saya tulis pada kit power lain.

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak part 2



Untuk artikel kali ini saya akan menambahkan beberapa penyebab power amplifier rakitan maupun builtup/pabrik mempunyai suara serak dimana artikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya yang berjudul Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak.

Berikut ini penyebab Power Amplifier rakitan suaranya serak :


1. Kit Driver yang jelek


Sebelum kita mikir ke komponen mana yang membuat Power Amplifier rakitan kita mempunyai suara yang serak, mari kita cek dulu Kit yang kita beli buat merakit power ampli. Umumnya Kit Driver dipasaran itu mempunyai skema rangkaian dan tata letak komponen yang sama, namun yang membedakan adalah kualitas dari PCB, penjaluran, dan pastinya komponen itu sendiri.

Kit Driver yang murah biasanya mempunyai komponen yang kw atau kurang bagus, biasanya komponen yang kw atau kurang bagus pada Kit ini adalah Resistor kapur, IC Driver. Jadi pastikan untuk membeli Kit Power/Driver yang cukup-cukup saja tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal dan pastikan komponennya asli semua.

2. Kit Driver/Power belum dirakit sempurna


Maksud saya disini adalah Kit yang mana ada konfigurasi khusus untuk menghasilkan suara yang bagus. Umumnya Kit Driver yang seperti ini adalah tipe SOCL dimana ada komponen yang perlu dipasang dan tidak tergantung kebutuhan pemakaian. Jika kita main asal rakit maka akan menghasilkan power ampli dengan suara yang jelek, biasanya juga pada box Kit Power terdapat petunjuk untuk merakit Kit Power yang dimaksud.

Jadi ketika anda membeli Kit Power atau apalah itu pastikan anda memahami cara merangkai Kit tersebut atau cari Kit Power yang ada panduannya atau minimal tanyakan langsung ke penjualnya. Sehingga masalah seperti Power Ampli suara serak dapat dihindari.

3. DCO/Bias Output belum disetel


Masih sama penyakitnya buat Kit Power tipe SOCL yaitu belum menyetel DCO dan Bias Output. Umumnya terdapat 2 tipe Kit Power yaitu DCO/Biasnya sudah disetel dari pabrik dan satunya lagi harus disetel manual lewat trimpot yang ada pada PCB. Ada sebab sendiri kenapa beberapa Kit Power memberikan trimpot untuk mengatur DCO dan Bias, menurut saya sendiri karena memudahkan kita untuk memodifikasi Kit tersebut apalagi jika kita menggunakan banyak Transistor Final.

Bagi saya sendiri yang lebih suka barang langsung pasang dan jadi, saya lebih suka Kit Power yang masalah konfigurasi seperti DCO/Bias atau komponen lainnya sudah diatur dari pabrik sehingga kita hanya merakit Kit Power tersebut dan terhindar dari masalah sepele namun bikin pusing seperti suara serak. Tapi jika memang kebutuhan maka ya haruslah beli Kit yang mudah dikonfigurasi.

Jadi jika anda membeli Kit Power yang DCO/Biasnya bisa diatur manual maka pastikan anda memahami cara menyetel DCO dan Bias Output, untuk tutorialnya silahkan anda cari di google.

4. Output Speaker terdapat tegangan DC


Masih terkait dengan masalah nomor tiga yaitu terdapat arus DC pada Output Speaker. Dari pengalaman saya ketika ujian praktik di SMK, waktu itu saya disuruh bikin ampli dan ampli saya keluar tegangan DC pada output Speakernya dan hasilnya ya suara Speakernya serak, apalagi tegangan yang keluar itu ada sekitar 2 DCV sehingga suaranya serak banget. Kata guru saya, amplifier itu output Speakernya harus seminimal mungkin mengeluarkan tegangan DC, ya sekitar 0,1 DCV itu masih amanlah, lebih bagus lagi kalau 0DCV.

Penyebab keluarnya tegangan DC pada output Speaker salah satunya ya karena belum menyetel DCO/Bias Output. Tegangan DC yang berlebihan pada output Speaker dapat membuat suara serak hingga Speaker rusak. Jadi setelah merakit Power Amplifier pastikan output Speakernya tidak mengeluarkan tegangan DC atau paling tidak dibawah 20mV. Jika Kit Power Ampli tidak dapat menyetel DCO/Bias maka pastikan tidak ada komponen yang rusak pada Kit Power.

5. Transistor Driver jelek/rusak


Masalah tentang Transistor Driver sendiri sudah pernah saya bahas pada artikel saya sebelumnya, namun pada artikel ini saya lebih spesifik ke Kit Power Ampli tipe SOCL 504 dan 506. Untuk Kit Power tipe SOCL 504 dan 506 umumnya tidak mempunyai masalah suara serak ketika sudah dipasang TR Finalnya dan DCO/Bias sudah beres, jika pun ada tapi kemungkinannya sedikit. Namun jika anda memodifikasi Kit Power SOCL 504 dan 506 ke TEF dengan TR Final yang banyak juga maka suara serak akan muncul.

Saya sendiri kurang paham kenapa bisa serak ketika Kit Power dimodif jadi TEF tapi menurut saya kenapa serak karena TR Driver jelek sehingga ketika diberi beban lebih maka suaranya serak, selain itu TR Driver yang sudah rusak dapat juga membuat suara power ampli menjadi serak. TR Driver yang biasanya digunakan pada SOCL 504 dan 506 adalah JE340G. Untuk mengatasi suara serak pada SOCL 504 dan 506 TEF ya TR Driver JE340G diganti menjadi TIP 41.

Itulah Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak part 2. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

0 komentar

Post a Comment

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami