Wednesday, July 8, 2020

Cara membuat Crossover pasif sederhana untuk Tweeter

Cara membuat Crossover pasif sederhana untuk Tweeter | Crossover adalah komponen elektronika yang digunakan untuk menyaring nada masuk ke dalam Speaker. Pada artikel saya yang berjudul Skema Crossover pasif untuk Speaker Indoor dan Outdoor telah saya jelaskan bagaimana bentuk skema crossover pasif untuk Speaker 1 way, 2 way, dan 3 way.

Cara membuat Crossover pasif sederhana untuk Tweeter - ikon



Tapi masih ada beberapa orang yang belum paham membaca skema komponen elektronik sehingga mereka masih belum paham bagaimana cara membuat crossover pasif. Menurut saya, crossover pasif sangatlah mudah dibuat tergantung kebutuhan juga sih. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat Crossover pasif sederhana untuk Tweeter. Ingat ya, crossover pasif ini untuk Tweeter atau Speaker nada tinggi.

Bahan untuk membuat Crossover pasif High

- Solder
- Timah
- Flux Solder/Pasta solder
- Kabel Speaker/Audio
- Kapasitor 3.3uF
- Tweeter/Speaker nada tinggi

Catatan : Pada beberapa Speaker Tweeter, pernah saya temukan sudah terdapat Crossover pasif atau kapasitor pada Tweeternya. Jadi kita tidak perlu lagi memasang crossover pasif, boleh juga dipasang untuk mengubah cutoffnya. Contoh Tweeter yang pernah saya jumpai sudah ada crossover adalah ACR 701.

Langkah-langkah membuat Crossover pasif untuk Tweeter
1. Siapkan solder dan biarkan hingga panas.
2. Siapkan tweeter, periksa terminal mana yang merupakan kutub positif dan kutub negatif. Biasanya terminal positif diberi warna merah dan ada logo +.
3. Siapkan Kapasitor 3.3uF. Terdapat perbedaan pemasangan untuk Kapasitor 3.3uF yang memiliki polaritas dan tidak. Perbedaannya yang ada polaritas dengan tidak adalah kapasitor yang ada polaritas berarti memiliki kutub positif dan negatif, sedang non-polar tidak ada kutub positif atau negatif.

Kapasitor Nonpolar

Kapasitor Polar
4. Jika semunya sudah, maka selanjutnya tinggal kita pasang kapasitor tersebut. Dibawah ini adalah Skema Crossover pasif sederhana untuk Tweeter.



5. Untuk pemasangannya, pertama kita beri timah pada terminal positif di Tweeter hingga berbentuk gumpalan kecil. Setelah itu letakkan mata solder pada terminal tadi hingga timahnya agak sedikit meleleh lalu letakkan kaki negatif kapasitor polar (yang ada garis putih) ke terminal tadi lalu angkat mata soldernya dan biarkan timah mengering.

6. Untuk menghubungkan Kapasitor tadi dengan terminal box Speaker, potong ujung kabel Speaker/Audio dan berikan pasta solder. Setelah itu tempelkan mata solder dan berikan sedikit timah hingga serabut kabel tersebut tertutup timah. Berikan juga sedikit timah pada kaki positif kapasitor tadi, lalu sambungkan kabel yang sudah ada timahnya tadi dengan kaki positif kapasitor.

7. Untuk pemasangan dengan kapasitor non-polar sama dengan langkah kelima dan keenam namun bedanya tidak ada kutub positif dan negatif. Jadi kaki kapasitor yang satunya dihubungkan ke kaki positif Tweeter dan kaki kapasitor lainnya dihubungkan dengan kabel Speaker atau terminal box Speaker.

8. Untuk langkah terakhir, sambung kaki negatif tweeter dengan kabel speaker dan sambungkan dengan terminal box Speaker menggunakan solder.

9. Crossover pasif sederhana untuk Tweeter siap diuji. Jika pemasangan berhasil maka Tweeter akan mengeluarkan suara cis, krcis, yang penting ada cis-cis lah. Suara vokal dan bass tidak ada sama sekali.

Itulah Cara membuat Crossover pasif sederhana untuk Tweeter. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

1 comment

  1. Bos, gmna kalo kutub capasitor nya, kaki(+) ke input (+) , kaki(-) ke (+) tweeter nya,

    ReplyDelete

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami
EmoticonEmoticon