Saturday, February 1, 2020

Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup dan solusinya

Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup | Komputer Desktop adalah salah satu perangkat yang sering digunakan sehari-hari terutama perkantoran. Walaupun laptop lebih banyak di minati masyarakat, Komputer Desktop tetap diutamakan apalagi penggunaan nonstop seperti bermain game dan komputer customer service.

Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup dan solusinya


Yang namanya alat elektronik pasti ada namanya error atau kerusakan. Sama juga dengan komputer desktop, perangkat satu ini bisa juga memiliki kendala atau error. Salah satu kendala yang akan saya bahas disini adalah komputer desktop tidak bisa hidup. Belum lagi masalah satu ini biasanya suka muncul pada saat gawat seperti lagi sedang mengerjakan skripsi atau tugas kantor. Apes banget.

Ada banyak penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup, salah satunya yang paling utama adalah power supply yang rusak. Karena PC Desktop menggunakan listrik yang langsung lewat pln maka apabila power supply rusak otomatis Komputer Desktop tidak bisa hidup. Lain cerita dengan laptop, apabila charger rusak namun baterai masih penuh maka laptop tetap bisa hidup walau tidak terhubung dengan listrik pln.

Pada artikel ini saya akan membahas Komputer Desktop tidak bisa hidup. Maksud Komputer Desktop tidak bisa hidup disini adalah komputer ketika ditekan tombol power tidak memberikan respon atau mati total dan komputer ketika ditekan menyala sebentar lalu mati lagi. Berikut ini penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup.

Kabel Power yang rusak


Sebelum kita main-main ke hardware internal komputer ada bagusnya kita mengecek yang dari luar dulu. Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup yang pertama adalah kabel power yang rusak. Kabel power disini berperan penting untuk menyalurkan arus listrik pln ke power supply, jadi apabila kabel ini rusak maka bagaimana komputer bisa menyala.

Kabel power rusak - Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup


Solusi untuk penyebab yang pertama ini adalah coba anda tukar kabel power punya anda dengan kabel power yang masih bagus, apabila bisa menyala maka kabel power anda sudah rusak.

Baterai CMOS yang rusak


Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup yang kedua adalah baterai cmos yang rusak. Baterai CMOS adalah baterai kecil seperti baterai jam tangan yang fungsinya untuk memberikan daya kepada motherboard agar motherboard dapat menyimpan semua pengaturan. Selain membantu motherboard untuk menyimpan pengaturan, baterai cmos juga membantu motherboard mengenali hardware yang terpasang padanya. 

Baterai CMOS rusak - Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup


Apabila baterai cmos rusak maka motherboard akan kehilangan semua pengaturan yang disimpan seperti yang telah saya jelaskan pada artikel yang berjudul "Cara mudah mengatasi battery cmos failure". Namun pernah saya alami ketika baterai cmos yang telah habis isinya komputer tidak dapat berjalan dengan benar, seperti menyala sebentar lalu mati lagi dan seterusnya.

Jadi untuk solusi penyebab yang kedua ini adalah coba anda ukur tegangan baterai cmos apakah sama dengan yang tertulis di casing baterai, jika sama maka silahkan anda lanjut baca penyebab dibawah ini. Namun jika kurang maka silahkan anda ganti baterai cmos tersebut, biasanya komputer akan langsung berjalan normal.

Power Supply yang rusak atau lemah


Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup yang ketiga adalah Power Supply yang rusak atau lemah. Power Supply atau PSU adalah salah satu komponen internal komputer desktop atau pc yang berfungsi untuk mengubah arus ac menjadi dc untuk menyuplai daya pada hardware komputer lainnya. Kalau penjelasan mudahnya, power supply ini merupakan sumber daya untuk komputer.

PSU rusak - Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup


Apabila komputer tidak bisa hidup maka salah satu penyebabnya adalah power supply yang rusak. Ciri-ciri power supply yang mulai rusak adalah ketika komputer berhasil menyala beberapa hardware menjadi tidak dapat digunakan atau tidak terdeteksi, selain itu juga ketika komputer dinyalakan komputer akan restart dan menyala lagi lalu restart lagi dan seterusnya, dan terakhir komputer tidak dapat hidup.

Solusi untuk masalah ini adalah anda meminjam power supply punya teman atau keluarga untuk mengecek hardware lain, jika sudah ganti PSU komputer bisa menyala maka sudah pasti PSU komputer anda sudah rusak. Namun jika tidak maka silahkan baca penyebab selanjutnya dibawah ini.

Power Supply kekurangan daya


Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup yang keempat adalah Power Supply kekurangan daya. Maksud kekurangan daya disini adalah kebutuhan daya untuk hardware komputer melebih daya yang diberikan Power Supply. Ciri-ciri power supply yang kekurangan daya adalah ketika komputer berhasil dinyalakan hardware komputer lainnya tidak ditemukan, komputer berjalan lambat, komputer restart terus, dan komputer tidak bisa menyala. Solusi untuk masalah ini hampir sama dengan dengan diatas yaitu meminjam PSU punya teman yang memiliki daya output lebih besar dari punya anda.

RAM yang kotor


Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup yang kelima adalah RAM yang kotor. RAM adalah salah satu komponen utama komputer selain CPU dan i/o. Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data sebelum di proses oleh CPU. Apabila komputer tidak terdapat RAM maka bagaimana komputer bisa startup atau menyala. Ciri-ciri RAM yang kotor adalah ketika komputer bisa menyala maka salah satu RAM tidak terdeteksi (jika menggunakan 2 RAM), komputer tidak bisa hidup, komputer menyala lalu restart dan seterusnya.

Ram kotor - Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup


Solusi untuk masalah ini adalah cabut RAM lalu bersihkan kuningannya dengan penghapus lalu bersihkan juga slot RAM dengan kuas dan pasang kembali RAM dengan benar. Biasanya komputer langsung menyala normal. Jika masih tidak dapat menyala silahkan baca penyebab selanjutnya dibawah ini.

Kabel 24 Pin dan 4 Pin kendor


Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup yang keenam adalah Kabel 24 Pin dan 4 Pin kendor. Kasus ini biasanya jarang terjadi namun mungkin ditemukan pada komputer jadul yang komponennya sudah mulai usang. Kabel 24 Pin dan 4 Pin berfungsi untuk menyuplai daya dari power supply ke motherboard yang akan disebar ke seluruh hardware pada motherboard. 

Apabila salah satu dari kabel ini kendor maka daya yang diterima motherboard akan kurang dan menyebabkan komputer tidak bisa hidup. Solusi untuk masalah ini adalah cabut kabel 24 pin dan 4 pin lalu pasang kembali dengan benar, jika port kotor maka bersihkan dengan kuas. Jika masih tidak dapat menyala silahkan baca penyebab selanjutnya dibawah ini.

Motherboard rusak


Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup yang ketujuh adalah Motherboard rusak. Motherboard adalah hardware komputer dimana seluruh hardware lainnya terhubung, pada motherboard terdapat socket cpu, ram, sata, dan lain-lain. Jika tidak ada motherboard maka tidak ada komputer.

Motherboard rusak - Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup


Adapun ciri-ciri motherboard rusak yaitu komputer menyala namun tidak dapat menampilkan gambar walau menggunakan vga eksternal, komputer restart terus-menerus, dan komputer tidak bisa hidup. Solusi untuk masalah ini adalah anda meminjam motherboard yang serupa dengan teman atau keluarga untuk mengecek apakah komputer dapat menyala. 

Jika komputer bisa menyala maka sudah dipastikan motherboard anda rusak dan harus ganti baru atau klaim garansi jika masih ada. Jika masih tidak dapat menyala silahkan baca penyebab selanjutnya dibawah ini.

Prosessor rusak


Dan yang terakhir dari Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup adalah Prosessor atau CPU rusak. Prosessor adalah salah satu komponen utama dalam komputer selain main memory dan i/o. Jika tidak terdapat prosessor pada komputer maka mustahil komputer bisa menyala atau bahkan bisa dikatakan bukan komputer. Fungsi prosessor adalah memproses data yang telah diantri pada main memory.

Prosessor rusak - Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup


Jika dari beberapa solusi diatas masih juga tidak dapat membuat komputer anda menyala maka silahkan anda pinjam prosessor yang serupa dengan teman atau keluarga lalu coba pasang apakah komputer bisa menyala atau tidak. Kerusakan prosessor biasanya jarang terjadi sekalipun anda menyalakan komputer setiap hari kecuali anda melakukan overclock yang berlebihan sehingga merusak prosessor.

Itulah Penyebab Komputer Desktop tidak bisa hidup. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

0 komentar

Post a Comment

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami