Saturday, January 18, 2020

Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya

Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya | Kayu adalah bahan bangunan yang diambil dari pohon hutan yang berbatang lurus. Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang mudah di olah dan dibentuk. Kayu biasanya digunakan untuk membangun rumah, membuat mebel, dan barang-barang berbahan dasar kayu.


Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya


Dibandingkan dengan bahan bangunan yang lain, kayu mempunyai sifat yang khas yaitu kekuatannya
besar, kenyal, ulet, keras, dan mudah dikerjakan. Selain itu kayu mudah terbakar, tidak tahan lembab, mudah lapuk, dan dapat berubah bentuknya. Pemakaian kayu sebagai bahan bangunan didasarkan pada tingkat keawetan dan kekuatannya. Karena kayu merupakan bahan bangunan alam, maka dari pohonnya kayu dapat dibentuk berbagai macam ukuran yang berupa balok, dan papan.

Di pasaran, ukuran kayu pada umumnya sudah ditentukan antara lain :
- 6x6cm, 7x7cm, 8x8cm, 8x12cm, 10x10cm, 12x12cm. Ukuran kayu ini disebut kayu balok, biasanya digunakan sebagai tiang pondasi bangunan.
- 2x15cm, 2x20cm, 3x25cm, 3x30cm, 4x40cm. Ukuran kayu ini disebut kayu papan, biasanya digunakan sebagai lantai rumah panggung atau dinding rumah kayu.
- 4x6cm, 4x8cm, 5x7cm, 5x10cm. Ukuran kayu ini disebut kayu kaso atau usuk, biasanya digunakan sebagai pondasi kuda-kuda, pondasi atap, gording.
- 2x3cm, 3x4cm. Ukuran kayu ini dsebut kayu reng, biasanya digunakan sebagai pondasi untuk memaku atau memasang atap seng.

Dari seluruh ukuran kayu diatas, kayu biasanya dijual dalam ukuran panjang 3 meter hingga 4 meter. Jika dibutuhkan kayu yang lebih panjang dari kayu yang dijual maka diperlukan sambungan kayu. Sambungan kayu adalah dua batang kayu atau lebih yang saling disambungkan satu sama lain sehingga menjadi satu batang kayu yang panjang. 

Sambungan kayu terbagi menjadi 3 kategori berdasarkan letak kayu, yaitu :
1. Sambungan kayu ke arah memanjang.
2. Sambungan kayu ke arah melebar. 
3. Sambungan kayu ke arah menyudut 

Pada artikel kali ini, saya akan membahas sambungan kayu dan fungsinya untuk sambungan berjenis ke arah memanjang dan menyudut. Simak artikel dibawah ini.

Sambungan kayu ke arah memanjang


Sambungan kayu ke arah memanjang merupakan sambungan yang dibuat untuk menambah panjang kayu. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kayu yang beredar di pasaran pada umumnya mempunyai panjang 3 meter hingga 4 meter sehingga ketika diperlukan panjang kayu yang melebihi 4 meter maka diperlukan sambungan kayu. Ada banyak sambungan kayu ke arah memanjang, pada artikel kali ini saya hanya membahas 3 sambungan kayu ke arah memanjang.

Sambungan bibir lurus dan sambungan bibir lurus berkait


Sambungan ini merupakan sambungan kayu yang paling sederhana karena dalam pembuatannya, kayu hanya dipotong setengah dengan panjang tertentu pada kedua kayu yang mau disambung lalu dipaku. Karena merupakan sambungan yang sangat sederhana, kekuatan dari sambungan kayu ini juga sangat kecil. Terdapat 2 jenis sambungan bibir lurus yaitu sambungan bibir lurus dan sambungan bibir lurus berkait.

Perbedaan sambungan bibir lurus dengan bibir lurus berkait adalah gaya yang timbul pada kayu. Pada sambungan bibir lurus berkait terdapat gaya menarik pada kayu sehingga untuk menahan gaya ini, kayu dibuat seperti kait pada sambungannya.

Fungsi dari sambungan bibir lurus dan bibir lurus berkait biasanya digunakan untuk menyambung balok kayu dinding rumah dimana beban kayu telah ditahan oleh dinding dibawahnya. Untuk memperkuat sambungan ini, dipasang paku atau baut pada bagian atas sambungan.

Untuk rumus membuat sambungan bibir lurus dan bentuknya silahkan lihat gambar dibawah ini : Pada contoh dibawah ini saya membuat sambungan kayu dengan ukuran 7x7cm.

Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - sambungan bibir lurus

Untuk rumus membuat sambungan bibir lurus berkait dan bentuknya silahkan lihat gambar dibawah ini :


Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - sambungan bibir lurus berkait



Sambungan bibir miring dan sambungan bibir miring berkait



Yang kedua adalah sambungan bibir miring. Sambungan bibir miring merupakan sambungan kayu yang paling banyak dijumpai. Jika dibandingkan dengan sambungan bibir lurus, sambungan bibir miring merupakan sambungan kayu yang lebih kuat. 

Bentuk dari sambungan bibir miring tidak jauh berbeda dengan sambungan bibir lurus hanya bedanya terletak pada bentuk sambungan kayu dimana jika sambungan bibir lurus, kayu yang di sambung dibagi menjadi 2 dan berbentuk lurus sedangkan sambung bibir miring, sambungan kayu dipotong miring.

Sama seperti sambungan bibir lurus, sambungan bibir miring juga mempunyai 2 jenis yaitu sambungan bibir miring dan sambungan bibir miring berkait. Bedanya adalah sambungan bibir miring mempunyai bagian yang seperti kait dimana fungsinya dari kait ini adalah menarik kayu pada sambungan apabila terdapat gaya tarik pada kayu.

Fungsi dari sambungan bibir miring dan sambungan bibir miring berkati adalah untuk menambah panjang kayu balok dan kaso. Aplikasi dari sambungan kayu ini yang paling sering dijumpai adalah kayu kuda-kuda atap, gording atap, kayu balok lantai, kayu balok keep. Untuk memperkuat sambungan ini, dipasang paku atau baut pada bagian atas sambungan.

Untuk rumus membuat sambungan bibir miring dan bentuknya silahkan lihat gambar dibawah ini :

Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - sambungan bibir miring

Untuk rumus membuat sambungan bibir miring berkait dan bentuknya silahkan lihat gambar dibawah ini :

Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - sambungan bibir miring berkait

Sambungan Takikan Lurus


Yang ketiga adalah sambungan takikan lurus. Sambungan Takikan lurus adalah sambungan kayu yang digunakan untuk menambah panjang kayu namun posisi kayu ditegakkan atau vertikal. Sambungan Takikan lurus paling banyak digunakan untuk menambah panjang tiang pondasi rumah.

Bentuk dari sambungan takikan lurus mirip dengan sambungan bibir lurus. Kayu yang mau disambung dipotong pada panjang tertentu lalu dibelah sebagian. Kemudian sambungan dipasang dan dikuatkan dengan paku atau baut. Pada sambungan takikan lurus biasanya ditambahkan kayu didepan sambungan dan diperkuat dengan baut, hal ini dimaksudkan untuk mencegah kayu bergeser dari sambungan.

Fungsi dari sambungan takikan lurus adalah untuk menambah panjang kayu arah vertikal seperti kayu balok pondasi. Untuk rumus membuat sambungan takikan lurus dan bentuknya silahkan lihat gambar dibawah ini :

Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - sambungan takikan lurus


Sambungan kayu menyudut


Sambungan kayu menyudut adalah sambungan kayu yang dibuat untuk menghubungkan kayu dengan kemiringan 90 derajat atau derajat lainnya. Pada umumnya, sambungan kayu menyudut ditemukan pada pondasi rumah terutama rumah panggung atau rumah kayu. Selain itu juga, sambungan kayu menyudut juga ada pada mebel seperti meja, kursi, lemari, dan lain-lain. Ada banyak sambungan kayu menyudut, pada artikel kali ini saya hanya membahas 2 sambungan kayu menyudut.

Sambungan takikan lurus


Sambungan takikan lurus merupakan sambungan kayu yang sama dengan sambungan kayu ke arah memanjang. Bedanya adalah pada sambungan kayu menyudut posisi kayu yang mau disambung diletakkan ke arah vertikal, sehingga terdapat 1 kayu yang berdiri tegak dan 1 kayu posisi horizontal.

Sambungan takikan lurus biasanya dijumpai pada pondasi tiang pagar kayu dan balok lantai. Pada balok lantai, sambungan ini digunakan untuk mengikat tiang-tiang antar lantai agar tidak bergerak. Kekuatan dari sambungan takikan lurus juga lemah, sama seperti sambungan takikan lurus untuk menambah panjang kayu. Untuk memperkuat sambungan ini, digunakan baut untuk menguatkan sambungan dibanding menggunakan paku.

Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - sambungan takikan lurus menyudut


Sambungan purus dan lobang


Sambungan purus dan lobang adalah sambungan yang paling banyak digunakan untuk membangun rumah, membuat pintu atau kusen jendela, dan lain-lain. Sambungan ini terkenal kuat dan mudah dibuat. Sambungan purus dan lobang terdiri dari 2 kayu dimana 1 kayu memiliki lubang yang purus atau pen dan 1 kayu dimana dibentuk seperti pen atau purus.

Untuk memperkuat sambungan purus dan lobang, biasanya digunakan dowel kayu atau kayu bulat yang dibentuk seperti paku. Terkadang juga digunakan baut untuk memperkuat sambungan ini. Memakai paku juga tidak masalah asalkan gaya tarik yang ditahan kayu ini tidak terlalu besar. Sambungan purus dan lobang biasanya digunakan untuk pengunci antar tiang-tiang rumah, balok lantai, pengunci kayu pintu dan jendela.

Pada artikel kali ini saya membahas 2 jenis sambungan purus dan lobang yaitu sambungan purus dan lobang terbuka, sambungan purus dan lobang tertutup. Untuk membuat sambungan purus dan lobang silahkan lihat gambar dibawah ini :

Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - sambungan purus dan lubang terbuka pada ujung kayu
Sambungan purus dan lubang terbuka pada ujung kayu


Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - sambungan purus dan lubang terbuka pada tengah kayu
Sambungan purus dan lubang terbuka pada tengah kayu


Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - sambungan purus dan lubang tertutup pada tengah kayu
Sambungan purus dan lubang tertutup pada tengah kayu

Sebenarnya masih banyak sambungan kayu di dunia, tapi pada artikel ini saya hanya bahas 5 saja karena sambungan kayu tersebut paling sering digunakan di Indonesia terutama rumah adat. Untuk visualisasi 3D dari sambung kayu diatas, silahkan lihat gambar dibawah ini :

Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya - aplikasi


Itulah Jenis-jenis sambungan kayu dan fungsinya. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

0 komentar

Post a Comment

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami