Wednesday, November 13, 2019

Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala

Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala | Pada artikel saya sebelumnya yang berjudul "Penyebab Power Amplifier suara kecil", Power Amplifier adalah amplifier yang berfungsi mengubah sinyal audio menjadi suara pada Speaker. Power Amplifier biasanya digunakan untuk mengeluarkan suara pada Speaker yang Watt-nya besar. Tapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk Speaker yang watt-nya kecil.

Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala


Power Amplifier atau Amplifier Terintegrasi merupakan alat elektronik yang berhubungan dengan sound system atau speaker. Yang namanya alat elektronik pasti punya kendala, salah satu kendala yang biasa dijumpai pada Power Amplifier adalah power ampli tidak menyala atau mati total.

Ada banyak penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala, salah satunya adalah pasokan listrik yang kurang. Jika anda hendak menyalakan Power Amplifier 1000 Watt keatas pada rumah dengan listrik 450W maka sudah pasti Power Amplifier tersebut tidak bisa menyala, yang ada MCB PLN turun.

Baca juga : Skema Box Speaker 3 Way standar

Selain daya listrik rumah yang tidak cukup, ada beberapa penyebab power amplifier tidak bisa menyala.  Berikut ini Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala :

Kabel Power kurang bagus atau putus


Penyebab pertama adalah kabel power yang kurang bagus atau putus. Sebelum menduga yang lebih jauh ketika power amplifier tidak bisa menyala, ada bagusnya anda mengecek dulu kabel power  yang digunakan amplifier. Apakah masih bagus atau tidak. Jika tidak, coba ganti kabel power dengan yang lebih bagus atau beli yang baru.

Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala - gambar 1


Masalah ini pernah saya alami ketika memperbaiki power amplifier punya teman, kendala yang dia bilang tidak bisa hidup. Ketika saya periksa, komponen didalamnya masih bagus namun ketika dicek kabel power yang digunakan ternyata konslet. Pas diganti, power amplinya hidup kembali.

Socket Power rusak


Yang kedua masih berkaitan dengan diatas yaitu Socket Power rusak. Biasanya jika kabel power rusak atau konslet, maka komponen yang terkena dampak pertama kali adalah socket power. Bisa saja socket power anda meleleh, terbakar atau putus sehingga memutuskan arus listrik dari luar ke trafo ampli. Jadi silahkan cek socket power anda, apakah masih bagus atau sudah gosong.

Fuse putus


Yang ketiga adalah fuse putus. Sebelum listrik PLN masuk ke trafo amplifier, listrik akan lewat ke sekering atau fuse. Bentuk dari fuse adalah pipa kecil transparan yang didalamnya ada kawat yang dapat putus jika melebihi batas arus dari kawat tersebut. Penyebab fuse putus ada 2, yang pertama karena listrik PLN yang naik tiba-tiba, dan yang kedua adalah ada masalah pada komponen power amplifier.

Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala - gambar 2


Jika penyebab fuse putus adalah karena listrik tidak stabil, anda dapat menggantinya langsung. Namun jika penyebab fuse putus bukan karena listrik yang tidak stabil, ada bagusnya anda mengecek komponen elektronik pada power amplifier anda, apakah ada konslet atau tidak. Jika ada, maka harus diperbaiki dulu baru mengganti fuse. Jika tidak, fuse akan putus kembali dan power amplifier tidak bisa menyala.

Trafo rusak atau jebol


Yang keempat adalah trafo rusak. Trafo atau transformator adalah komponen elektronika yang fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan tegangan. Pada power amplifier, trafo yang digunakan adalah stepdown atau trafo penurun tegangan.

Baca juga : Skema Crossover Pasif untuk Speaker indoor dan outdoor

Penyebab trafo ampli rusak ada banyak, yang pertama adalah terlalu banyak menggunakan transistor final, yang kedua adalah impedansi speaker terlalu kecil, yang ketiga adalah daya yang tidak sesuai dengan kebutuhan Speaker. Selain ketiga penyebab diatas, ada juga penyebab trafo amplifier rusak yaitu karena faktor umur.

Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala - gambar 3


Penyebab pertama biasanya terjadi karena anda ingin output watt dari amplifier semakin besar sehingga menambahkan transistor final namun tidak diimbangi dengan supply listrik yang besar juga, penyebab yang kedua biasanya terjadi karena anda memasang Speaker terlalu banyak di paralel sehingga impedansinya semakin kecil, dan yang terakhir biasanya terjadi akibat menghidupkan Speaker 1000 watt dengan amplifier 100 watt.

Jika trafo sudah rusak, sudah pasti power amplifier tidak bisa menyala. Solusinya adalah ganti dengan trafo baru. Untuk mengecek trafo yang masih bagus atau tidak, anda dapat mencari tutorialnya di google.

Rangkaian Penyearah arus rusak


Rangkaian penyearah atau full bridge rectifier adalah rangkaian yang berfungsi mengubah listrik AC menjadi DC. Kenapa harus diubah menjadi listrik DC ? Karena komponen elektronika hanya dapat bekerja pada listrik DC. Rangkaian penyearah arus terdiri dari kapasitor dan dioda bridge.

Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala - gambar 4


Dioda bridge berfungsi untuk mengubah arus listrik AC menjadi DC, sedangkan kapasitor berfungsi untuk menjaga arus hasil konversi AC menjadi DC menjadi lebih stabil dan halus sehingga aman bagi seluruh komponen pada power amplifier.

Apabila salah satu atau kedua komponen ini rusak maka sudah pasti power amplifier tidak bisa menyala. Untuk ciri-ciri kapasitor rangkaian penyearah arus yang rusak adalah badan dari kapasitor yang sedikit mengembung atau melebar. Untuk dioda bridge, pengecekkan apakah masih bagus atau tidak dapat dilakukan menggunakan multimeter.

Beberapa komponen ada yang putus atau konslet


Umumnya, ada beberapa power amplifier bermerek mempunyai fitur perlindungan sehingga apabila ada komponen pada power amplifier yang konslet maka power ampli akan mati suri. Maksud mati suri disini adalah lampu indikator power ampli hidup namun ampli tidak bisa digunakan.

Baca juga : Cara membuat DVD Video agar bisa diputar DVD Player

Untuk power amplifier rakitan, kerusakan power amplifier tidak bisa menyala karena ada komponen pada kit power yang sudah rusak atau konslet. Jadi, apabila anda sudah mengecek power supply dan hasilnya bagus saja maka anda harus mengecek seluruh komponen yang ada pada kit power Bisa saja adalah salah satu komponen yang putus sehingga membuat power amplifier tidak bisa menyala.

Transistor Final rusak


Dan yang terakhir adalah transistor final rusak. Kerusakan pada transistor final tidak hanya dapat membuat power amplifier tidak bisa menyala tapi dapat juga membuat suara power amplifier serak. Ciri-ciri transistor final rusak adalah tidak menghasilkan panas sama sekali dan suhu yang dihasilkan tidak normal walau speaker belum dipasang.

Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala - gambar 5


Itulah Penyebab Power Amplifier tidak bisa menyala. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

32 comments

  1. Bang mau nanya,power saya knpa di sambung listrik langsung dari aki kok gak mau nyala ya,jalur kabel bagus semua,cuman power nya lama gak kepake pas mau di pake malah gak ada listrik masuk,sebelum di simpan normal aja gak ada kerusakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin rangkaian power supply ny ada masalah, coba cek dulu arus yg masuk dri aki

      Delete
    2. Mau nanya nih bang , ...saya baru beli power pas.saya coba gk mau nyala,
      .setelah sy cek tegangan psu setris yernyata ada kejanggalan yg aitu bagian yg negatif nilai vdc lebih besar 10 vdc dari tegangan yg positif,..apakah ini yg menyebabkan power ampli saya gak bisa hidup ? Tapi knp bisa di cek dco dan biasnya yah ?

      Delete
    3. Klo powerny udh d rakit dri toko mending komplen aja mas kok jual power berkendala. Ya kalau tegangan + sama - beda sprtiny sih msih bisa hidup tpi gk seimbang nntiny atau malah bisa rusak komponen lainnya krn over tegangan, coba d benerin dulu psu ny agar seimbang tegangan input + - ny. Klo bisa cek dco atau biasnya krn kn power udh d kasi tegangan maka bisa d cek, klo gk d kasi tegangan mna bisa.

      Delete
  2. Bg ampli saya tiba2 mati, penyebabnya listrik padam , selang 5 detik hidup lagi listrik nya, terus mau saya hidupkan tidak bisa, mohon solusi nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek fuse ny dulu, lalu cek blok psu nya terutama trafonya

      Delete
  3. bang ampli saya tiba2 mati pas lg nyetel music. terus saya cabut kabel nya.. pas saya colokin lg mcb nya malah turun. listrik nya mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yg konslet d amplinya, cb cek psu, tr final, dn komponen lainnya

      Delete
  4. Kenapa amplifier saya tiba2 mati dan selepas 1 minit auto hidup dan berterusan

    ReplyDelete
  5. Amplfier saya ga nyala tolong minta sarannya

    ReplyDelete
  6. Saya punya ampli 1000 wat awalnya baik baik saja waktu saya coba hidup kan tiba2 kabel dari kit power menuju proyektor kendor hingga membuat suara kontak2 setelah saya sider tiba2 begitu saya nyaman speaker saya malah terbakar lalu saya priksa tr finalnya aman kira2 apa lagi penyebabnya mas tlng solusiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada arus DC yg msuk ke Speaker, biasany klo gk krn komponen yg short, ada pengkabelan yg short jg. Protektor speakerny jg d periksa, soalny klo ada konslet dri kit power hrusny protektor mutus arus dri power k speaker.

      Delete
  7. Mau tanya om, saya pakai trafo 5a murni ct32, 2×elco 10000uf 50v, power socl 504, tr final 8set, itu seimbang gak om? Apa ada yg harus di tambah/dikurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. TR ny tipe apa dulu? Klo menurut saya sih tr finalny kebanyakan, klo mau pakai segitu mau trafo yg ampernya agak lebih besar sedikit.

      Delete
  8. Bang power amplifier saya hanya bunyi terrrrrrt tip 31 32 panas apanya ya yg short

    ReplyDelete
  9. Mau tanya ampli saya kalo di colok ke listrik pln nyala tapi kalau di colok ke aki gak nyala sama sekali penyebab apa gan?

    ReplyDelete
  10. mas, mohon bantuannya nih, saya punya spekaer harman, nah tiba2 twiternya itu panas bgt dan bau gosong, trs ga lama speaker mati, dan tak cek dalam nya ampli nya gada tanda2 gosong sih, cuma twiternya yang meleleh, lah waktu tak hidupkan lamu indikato psu nya cuma nge dimm, alias ketika di tekan on lampu indikator mati, tapi ketika tidak di tekan hidup lampunya, itu knp ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ampliny lgi mode Protek agar speaker ndk makin rusak, coba cek dulu keluaran k speaker ada arus DC gk, klo ada cb cek pcb ny mungkin ada yg konslet jalurnya, cek juga komponen yg kira2 short sprti pd artikel saya

      Delete
  11. Mau tanya amplifier Sy out speker SM ground nyambung bang klo di kesih tegangan Sy pake 10 Amper CT 45 tr vinal 4 set per cannal 🙏 terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, ada short itu, nggk ada salah pasang input tegangan kn ? Klo nggk ada coba cek TR finalny

      Delete
  12. Bang saya mau nanya kenapa power sanken 400 watt stereo kalau volume di besarkan R 330 dan dioda terbakar dan speakernya jebol...minta solusinya dong makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. TR Finalny jg jebol ndk ? Hrusny sih iy klo bikin speaker jebol, cb cek dulu artikel saya yg judulny Cara memperbaiki Transistor Final Amplifier terbakar terus, distu ad saya kasi komponen yg mau d cek. Menurut sy sih ad komponen yg konslet dn nyambar k komponen lain.

      Delete
  13. Mau ty bang...sy pk ashey pa 1.8...dl normal normal aja tp beberp hr ini kl sulit hidup....indikator power g nyala..kabel listrik g masalah ...jd kadang bisa nyala tp sulit jg nyala...gmn solusiny

    ReplyDelete
  14. Mau ty bang...sy pk ashey pa 1.8...dl normal normal aja tp beberp hr ini kl sulit hidup....indikator power g nyala..kabel listrik g masalah ...jd kadang bisa nyala tp sulit jg nyala...gmn solusiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek PSU ny, cek tegangan yg d keluarkn, stabil ndk ? Kalau awal2ny stabil lalu turun, mngkn dioda bridge atau kapasitorny udh ndk bagus

      Delete
  15. Tp ini indikator power g ad yg nyala...di saklar g ad tanda2 kehidupan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mau d bongkar dulu amplinya, cek listrik ac k trafo masuk k ndk lalu cek keluar tegangan ndk d output rangkaian psunya. cek fuse jg

      Delete
  16. Bosku..final power rusak terus mati ...teeafo jadi panas mengengeluarkan pada trafo ya ...apa bisa di gunakan lagi trafonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba d cabut dulu trafony lalu d ukur teganganny masih sama tidak dgn yg tertera, cara cek trafo bisa liat d google

      Delete

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami
EmoticonEmoticon