Tuesday, October 29, 2019

Skema Box Speaker 3 Way standar

Skema Box Speaker 3 Way standar | Pada artikel saya yang berjudul Jenis-jenis Speaker Driver dan fungsinya, pernah saya jelaskan beberapa Speaker berdasarkan frekuensi kerjanya dan salah satu Speaker-speaker tersebut termasuk dalam sistem Speaker 3 Way atau Speaker dengan 3 Speaker driver.

Skema Box Speaker 3 Way standar


Speaker 3 way biasanya ditemukan pada Speaker untuk penggunaan rumahan terutama amplifier jadul yang sudah termasuk Speakernya. Contoh amplifier yang dapat Speaker 3 way langsung adalah Polytron Big Band.

Umumnya bentuk box Speaker 3 Way adalah tower atau persegi panjang yang didirikan, selain itu juga ada yang berbentuk persegi panjang yang dibaringkan. Biasanya box Speaker 3 way yang dibentuk seperti persegi panjang yang dibaringkan digunakan untuk karoke atau digantung di dinding/plafon.

Baca juga : Penyebab Power Amplifier suara kecil.

Ukuran box Speaker 3 way juga bervariasi, ada yang standar, ada yang seperti tower, dan ada juga yang bentuknya seperti Speaker BMB. Box Speaker 3 way yang standar biasanya terdapat 1 tweeter, 1 midrange, dan 1 woofer ukuran 10 inch. Sedangkan box Speaker 3 way yang seperti tower biasanya ukuran woofernya agar lebih kecil atau sama seperti midrange namun ada banyak.

Agar 3 jenis Speaker pada Speaker 3 way dapat berjalan optimal maka diperlukan box Speaker yang tepat. Ukuran box Speaker biasanya akan anda dapatkan ketika membeli Speaker, biasanya ada kertas yang berisi spesifikasi speaker beserta ukuran box speaker yang optimal.

Pada artikel kali ini saya akan membahas Skema Box Speaker 3 Way standar yang biasa ada dipasaran namun kualitasnya memuaskan. Bagi anda yang merupakan tukang kayu dan ingin membuat box Speaker 3 way sendiri namun tidak tahu ukuran dan bentuk dari box Speaker tersebut, berikut ini Skema Box Speaker 3 Way standar.

Speaker yang bisa dipasang :
- 1 Tweeter 2,5 inch
- 1 Midrange 5 inch
- 1 Woofer 10 inch

Skema Box Speaker 3 way : 


Skema Box Speaker 3 Way standar- gambar 3

Skema Box Speaker 3 Way standar- gambar 4


Deskripsi :
- Ukuran lubang Tweeter : 81mm
- Ukuran lubang Midrange : 126mm
- Ukuran lubang Woofer : 246mm
- Ukuran ventilasi udara : 50mm

Ukuran dari Speaker 3 diatas pada umumnya sama dengan box Speaker yang biasa dijual dipasaran namun bedanya adalah ukuran ketebalan papan triplek. Biasanya dipasaran ukuran papan triplek yang digunakan sangatlah tipis dan mudah rusak.

Baca juga : Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak.

Umumnya digunakan papan triplek dengan tebal 12mm. Jika anda yang membuat box Speaker sendiri maka anda dapat menentukan ketebalan triplek yang mau dipakai. Semakin tebal papan triplek maka semakin kuat box speaker yang dibuat. Untuk kualitas suara yang lebih baik gunakan papan mdf atau particle board. Tapi jika digunakan untuk luar ruangan maka gunakan papan triplek jenis multiplek.

Itulah Skema Box Speaker 3 Way standar. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

2 comments

  1. antara Woofer dn yg lain apa perlu d beri pembatas / skat bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk versi yang saya buat ini tidak perlu sekat antar speakernya agar volume udara buat woofer jadi banyak

      Delete

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami
EmoticonEmoticon