Tuesday, October 8, 2019

Review Subwoofer murah dan mantap Legacy LG-1077

Review Subwoofer murah dan mantap Legacy LG-1077 | Subwoofer adalah speaker yang mampu menghasilkan bass lebih dalam dan besar dibanding dengan Woofer. Speaker pasaran umumnya tidak menggunakan Subwoofer karena harganya yang lebih mahal dan power yang dibutuhkan juga lebih besar. Untuk paket Home Theater, Subwoofer sudah termasuk dalam satu set Speakernya.

Ceritanya Home Theater saya merek LG punya Subwoofer bawaan dan bass-nya agak jelek, apalagi kalau nonton film yang bass ditahan lama-lama, kanan-kiri Subwoofer terasa bergetar tapi suara bass-nya tidak terasa. Selain itu juga, bass yang dihasilkan juga terkadang seperti suara tumbuk lesung, zong-zong.

Penyebabnya dari kesalahan pemakaian juga sih, dulunya Home Theater ini digunakan untuk acara khataman dan pas sesi hiburan/putar musik volume diatur sebesar mungkin, ditambah lagi musiknya diputar dari pagi hingga sore, sudah pasti ada salah satu Speaker yang tidak kuat lagi. Setelah acara tersebut barulah Subwoofer Home Theater saya mulai memunculkan suara yang tidak enak di dengar.

Baca juga : Penyebab Power Amplifier suara kecil.

Karena suara bass yang jelek itu, saya berusaha mencari penggantinya. Awalnya saya mau beli Subwoofer sekelas Yamaha, Klipsch, atau Subwoofer Home Theater lainnya. Tapi pas cek di internet harganya selangit semua, belum lagi daya keluarannya yang bagi saya masih tergolong kecil. Jadi saya cari Subwoofer yang hanya Speaker-nya saja.

Review Subwoofer murah dan mantap Legacy LG-1077 - Subwoofer yamaha


Pas cari-cari di internet, banyak saya temukan Subwoofer dengan daya besar dan ukuran yang beraneka ragam. Selain itu harganya murah-murah pula, jadinya saya ragu mau beli Subwoofer karena takut tidak kenal mereknya dan dayanya tidak sesuai.

Setelah cari-cari dan belum ketemu, akhirnya saya buka saja salah satu merek Speaker lokal yaitu ACR, menurut saya ACR itu salah satu merek Speaker lokal yang kualitasnya cukup bagus. Pas di cek, ACR hanya punya Subwoofer dari ukuran 15 inch hingga 21 inch keatas. Mana mungkin penggunaan ruangan 5x3 pakai Speaker 15 inch, yang ada dindingnya jebol. Setelah cek-cek lagi ternyata ada merek lain tapi satu pabrik dengan ACR yaitu Legacy, akhirnya saya menemukan Subwoofer yang pas untuk saya yaitu Legacy LG-1077.

Baca juga : Tips agar bass pada Speaker lebih mantap.

Legacy LG-1077 adalah Speaker Subwoofer 10 inch dengan daya max 250 Watt, mendukung dual voice coil, dan impedansi 2/4/8 Ohm. Subwoofer ini saya beli online di tokopedia dengan harga yang cukup murah yaitu 400 ribu. Walau harganya 400 ribu, Subwoofer ini cukup memuaskan hati saya.

Review Subwoofer Legacy LG-1077 - gambar 1


Bentuk Subwoofer ini sama dengan Speaker pada umumnya, magnet Speaker dilapisi casing besi(menurut saya), terdapat lubang diantara magnet untuk sirkulasi udara. Untuk inputnya, terdapat 2 input yang fungsinya untuk mengubah impedansi Subwoofer. 

Jika ingin impedansinya 4 Ohm maka hubungkan 1 kabel Speaker ke salah satu input, jika ingin 2 Ohm paralelkan kabel Speaker atau tambahkan 1 kabel Speaker dan hubungkan dari 1 input Subwoofer ke input Subwoofer lainnya. Berat Speaker ini berdasarkan manual book-nya adalah 1,04 kg (hanya magnet).

Review Subwoofer Legacy LG-1077 - gambar 2


Pas beli Subwoofer Legacy LG-1077 penjualnya bilang kalau Subwoofer ini agak berat tarikkannya jadi harus diberi Power yang seimbang atau besar sedikit. Awalnya saya kira nggak mungkin karena max power-nya saja hanya 250 Watt, masa berat tarikkannya. Pas di coba dengan Ampli Polytron Big Band suara yang dihasilkan jadi kecil (ada benarnya juga kata seller, kiranya hoax😂). 

Namun itu bukan Ampli yang saya gunakan untuk Subwoofer ini, Amplifier yang saya gunakan adalah Power Amplifier rakitan dengan kit BGR CX-600P dan trafo 10A.

Pendapat saya mengenai Subwoofer ini adalah mempunyai bass yang halus, nendang di dada, responsif, bisa untuk musik yang iramanya cepat. Karena judulnya Subwoofer maka suara vokal kurang terdengar jelas jika keluar dari Speaker ini. Berdasarkan manual book, frekuensi Subwoofer Legacy LG-1077 dimulai dari 30Hz hingga 5Khz.

Walaupun bisa bekerja pada frekuensi 30Hz, menurut saya Subwoofer Legacy LG-1077 kurang efektif bekerja pada frekuensi tersebut. Jika dibandingkan dengan frekuensi 60Hz, suara yang dihasilkan lebih nyaring di 60Hz ketimbang 30Hz, tapi bisa juga karena faktor lain seperti ukuran box subwoofer.

Baca juga : Jenis-jenis Speaker Driver dan fungsinya.

Kualitas Bass dari Subwoofer ini ditentukan oleh ukuran box yang digunakan, saya menggunakan box dengan ukuran 51x35x38cm.

Untuk tes sound dari Subwoofer Legacy LG-1077, silahkan tonton video berikut ini : (Gunakan headphone untuk mendengar bass yang jelas dari video). Pada saat pengujian, saya tidak menggunakan Crossover sehingga semua nada masuk ke dalam Subwoofer.


Gimana menurut anda suara subwoofer legacy lg-1077 dari video tersebut ? Kualitas dari Subwoofer ini bisa ditingkatkan lagi dengan mengubah box sesuai kebutuhan dan amplifier yang berkualitas. Saya jamin suaranya mungkin mendekati dengan Subwoofer Home Theater seperti Klipsch.

Sekian Review dari  Subwoofer murah dan mantap Legacy LG-1077. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

1 comment

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami
EmoticonEmoticon