Sunday, October 13, 2019

Cara memperbaiki kipas VGA yang macet

Cara memperbaiki kipas VGA yang macet | VGA adalah perangkat keras komputer yang kerjanya sama seperti Prosessor yaitu memproses gambar dan dari hasil proses kerja itu menghasilkan panas. Panas dari VGA atau GPU di dinginkan dengan alat yang namanya heatsink dan kipas, jadi panas dari VGA dialirkan dulu ke Heatsink lalu didinginkan dengan kipas.

Cara memperbaiki kipas VGA yang macet


VGA juga mempunyai 3 model pendinginan, yaitu pasif, blower, dan fan/standar. Pasif biasanya ditemukan pada VGA low end dimana panas yang dihasilkan tidak terlalu tinggi, model pendinginan ini hanya memanfaatkan Heatsink yang akan melepaskan panas dan tanpa kipas.

Model Blower biasanya ditemukan pada VGA tipe reference atau bawaan pabrik vendornya(AMD/NVIDIA), cara kerja dari pendinginan ini adalah menyedot panas/udara dari dalam komputer lalu dihembuskan keluar lewat belakang VGA(bagian Port layar), pendinginan ini biasanya mempunyai tingkat kebisingan yang tinggi.

Cara memperbaiki kipas VGA yang macet - gambar1
Kipas VGA model blower


Model Fan/standar adalah model pendinginan yang digunakan seluruh VGA, cara kerjanya adalah menyedot panas dari Heatsink lalu membuangnya langsung ke depan VGA, model pendinginan ini biasanya ditemukan pada VGA seri bawaan pabrik seperti Asus, Msi, dll, dan juga VGA ini tergolong dingin karena biasanya juga ditemukan dengan 2-3 kipas.

Cara memperbaiki kipas VGA yang macet - gambar2
Kipas VGA model standar


Seiring waktu, pelumas di dalam kipas VGA dapat kering dan membuat kipas berjalan pelan. Selain itu juga, kipas VGA yang pelumasnya kering total dapat membuat suara berisik ketika dipaksa berjalan.

Penyebab pelumas kipas VGA yang kering ada banyak, salah satunya adalah panas dari komponen komputer yang tidak terbuang keluar casing komputer dan menyetel kecepatan kipas VGA secara maksimum selama beberapa bulan. Berikut ini Cara memperbaiki kipas VGA yang macet.

Tutorial ini bersifat kerjakan sendiri resiko ditanggung sendiri, admin hanya berbagi pengalaman memperbaiki kipas VGA yang macet. Jika anda ragu maka sebaiknya jangan.

Bahan-bahan yang diperlukan :


- Minyak mesin/WD-40/minyak jelantah
- tisu

Memperbaiki kipas VGA yang macet dengan minyak mesin



Cara pertama kita akan menggunakan minyak mesin karena tergolong murah dan tidak terlalu kental. Pertama, masukkan minyak mesin ke poros kipas, ingat juga beberapa merek mempunyai bentuk dan desain kipas VGA sendiri sehingga ada yang mudah dibuka dan ada juga yang sulit dibuka contohnya punya saya(Zotac).

minyak mesin jahit
Minyak mesin. Sumber : google



Setelah itu coba putar kipas VGA, jika masih macet beri lagi minyak mesin hingga kipas VGA lancar kembali. Gunakan tisu untuk membersihkan minyak yang tumpah. Untuk cara pertama ini disarankan membiarkan minyak meresap ke seluruh poros kipas dan tidak langsung digunakan karena bisa membuat minyak cepat kering. Menurut pengalaman saya menggunakan minyak mesin cukup membuat VGA saya lancar beberapa bulan sebelum akhirnya mulai macet lagi tapi karena penggunaanya yang mudah membuat saya tidak keberatan memberi minyak ini setiap 3 bulan sekali.

Memperbaiki kipas VGA yang macet dengan WD-40


Cara kedua menggunakan WD-40. Pertama, semprotkan WD-40 ke bagian poros kipas, putar kipas hingga kipas berputar lancar jika belum beri lagi WD-40 ke poros kipas hingga kipas VGA lancar kembali. Menurut saya sendiri penggunaan WD-40 masih kurang efektif membuat kipas VGA lancar kembali karena WD-40 merupakan pelumas untuk melancarkan roda atau piringan yang sulit bergerak untuk sementara agar dapat diperbaiki, sehingga kipas VGA hanya akan lancar beberapa saat jika menggunakan WD-40.

Memperbaiki kipas VGA yang macet dengan minyak jelantah


Cara yang ketiga ini bisa dibilang cara gratis dan penuh nekat karena menggunakan minyak jelantah atau minyak bekas goreng makanan. Langkah-langkahnya, pertama ambil sedikit minyak lalu masukkan ke poros kipas VGA, jika terlalu sulit siapkan sedotan lalu ambil sedikit minyak jelantah dan masukkan ke poros kipas VGA. Ulangi hingga kipas VGA terasa lancar diputar. Menurut pengalaman saya ini merupakan metode paling gila namun paling lama juga bertahannya karena minyak makan tahan terhadap panas sehingga sampai sekarang kipas VGA saya lancar-lancar saja walau sirkulasi casing kadang buruk.

Solusi terakhir


Jika beberapa cara diatas tidak dapat memperbaiki kipas VGA yang macet maka solusi terakhir adalah membawa ke tempat service. Jika VGA anda masih ada garansi maka saran saya langsung saja bawa ke service centernya asalkan tidak ada kerusakan sedikitpun termasuk kipas yang patah.

Saran saya agar kipas VGA tidak cepat macet adalah pastikan sirkulasi casing benar-benar bagus, hawa panas dari VGA dan komponen lainnya pastikan dapat terbuang dengan baik sehingga tidak menumpuk dan membuat pelumas pada kipas cepat habis. Selain itu jangan atur kecepatan kipas secara maksimum walaupun kerja VGA tidak berat.

Itulah Cara memperbaiki kipas VGA yang macet. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

0 komentar

Post a Comment

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami