Tuesday, September 24, 2019

Penyebab AC tidak dingin dan solusinya

Penyebab Air Conditioner(AC) tidak dingin dan solusinya | AC atau Air Conditioner adalah alat pendingin ruangan. Hampir disetiap perumahan, kantor, dan tempat lainnya mempunyai AC. Di Indonesia yang iklimnya tropis, menyalakan AC adalah hal sangat wajar apalagi ketika datang musim kemarau. Walau sudah menyalakan AC, terkadang suhu ruangan yang diinginkan tidak sesuai.

Penyebab Air Conditioner(AC) tidak dingin dan solusinya


Ada banyak Penyebab AC tidak dingin, salah satu penyebab utama AC tidak dingin adalah AC yang sudah kotor. AC sendiri sama seperti kipas angin dimana debu dapat menumpuk pada baling-baling kipas. Jika debu yang menumpuk sudah banyak, bagaimana AC dapat menghembuskan udara dingin.

Terlebih lagi AC mempunyai penyaring udara sehingga jika debu yang menumpuk pada penyaring udara terlalu banyak maka udara yang akan masuk ke evaporator untuk di dinginkan tidak maksimal. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat AC tidak dingin.

Berikut ini penyebab AC tidak dingin


1. Ukuran ruangan tidak sesuai dengan kemampuan AC


Masalah pertama penyebab AC tidak dingin adalah ukuran ruangan tidak sesuai dengan kemampuan AC. Kita tahu bahwa AC mempunyai ukuran pendinginan yang biasa disebut pk. Semakin besar pk suatu AC maka semakin kuat pula kemampuan pendinginan AC. Untuk ruangan yang tidak terlalu besar seperti kamar tidur ukuran 3x3m, saya rasa AC 1/2pk sudah dapat membuat penghuni kedinginan.

Namun apa jadinya jika AC 1/2pk disuruh mendinginkan ruangan ukuran 6x6m atau 10x10m, yang ada buang-buang listrik saja. Oleh karena itu, sebelum membeli AC anda harus pastikan ruangan mana yang mau di dinginkan, apakah ruangannya besar atau kecil, dan apakah ruangannya ada kemungkinan sering buka tutup pintu.

Jika anda mau mendinginkan ruangan ukuran 4x4m maka gunakan AC minimal 3/4pk, jika ukuran ruangan 5x5m maka gunakan AC minimal 1pk, dan jika ruangan ukuran 6x6m dan sering buka tutup pintu maka gunakan AC minimal 2 pk.

2. AC yang sudah kotor


Masalah kedua penyebab AC tidak dingin adalah AC yang sudah kotor. Pada bagian atas tadi sudah saya singgung masalah ini. Prinsip kerja AC itu tidak jauh dari kipas angin dimana udara diruangan akan disedot oleh AC lalu dihembuskan kembali. Bedanya dengan kipas angin biasa adalah AC mempunyai kompresor dan cairan pendingin.

Seiring waktu baling-baling kipas akan terkumpul debu sehingga mengurangi hembusan angin dari unit indoor, evaporator yang kotor dapat membuat udara dalam ruangan ber-AC menjadi apek dan bau, lumut yang bertumpuk dalam talang air evaporator dapat membuat unit Indoor AC menetes air, dan yang paling utama adalah jika unit outdoor sudah bertumpuk debu yang sangat banyak maka kompresor AC dapat kepanasan dan membuat AC hidup mati.

Oleh karena itu biasakan bersihkan AC minimal 3 bulan sekali, untuk penyaring udara unit indoor bagusnya bersihkan tiap 2 minggu sekali. Saya biasanya cuci AC sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sekali karena saya tinggal diperumahan sehingga AC saya jarang kotor. Jika anda tinggal dipinggir jalan, bagusnya sih tiap 3 bulan sekali cuci AC terutama untuk unit Outdoornya.

3. Freon bocor atau habis


Freon adalah gas pendingin yang digunakan pada AC dan kulkas. Dinginnya ruangan dan kulkas merupakan hasil kerja dari kompresor dan Freon. Jika salah satu dari komponen pendingin ini rusak maka AC dan kulkas tidak akan dingin. Pada umumnya, gas Freon sudah diisi dengan takaran yang tepat oleh produsen AC. Namun seiring waktu, pipa-pipa gas dalam AC dapat mengalami karat sehingga membolehkan Freon keluar.

Freon bocor biasanya ditemukan pada AC yang sudah berumur 10 tahun atau lebih, AC yang outdoor unitnya terkena hujan terus, pemasangan pipa gas yang tidak benar, dan AC yang cacat pabrik.

Selain dari beberapa penyebab diatas, ada juga salah satu penyebab freon bocor yaitu tukang cuci AC yang nakal. Biasanya mereka mengendorkan salah satu baut pengencang pipa sehingga membolehkan gas Freon keluar. Maklum juga sih karena jasa isi freon biasanya dihargai 200rb.

Jadi jika anda sudah cuci AC namun AC masih belum dingin ada baiknya anda mengecek tekanan gas Freon, apakah masih banyak atau kurang. Jika kurang, selidiki dulu penyebab gas Freon berkurang. Jika karena umur maka anda bisa meminta teknisi AC untuk mengelas bagian yang menyebabkan gas Freon bocor atau mengganti AC baru. Namun jika gas Freon habis karena anda bertemu teknisi AC yang nakal, ada bagusnya anda hapus nomornya dan ganti teknisi lain.

4. Kapasitor AC sudah lemah


Penyebab keempat adalah kapasitor AC yang sudah lemah. Kapasitor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan tegangan sementara. Pada AC, fungsi kapasitor adalah untuk menstart atau menjalankan kipas angin indoor dan outdoor. Kapasitor AC yang sudah lemah juga dapat membuat AC tidak dingin, kenapa ?

Penyebab AC tidak dingin dan solusinya - kapasitor ac indoor


Pertama jika kapasitor AC sudah lemah, angin yang dihembuskan dari unit indoor akan menjadi lambat bahkan tidak berputar sama sekali. Biasanya masalah seperti ini ditemukan pada AC yang sudah berumur 5 hingga 10 tahun. Jika kipas angin unit indoor tidak berputar, AC tidak akan dingin, selain itu juga dapat membuat evaporator membeku.

Baca juga : Cara mengganti kapasitor AC Indoor LG

Kedua, jika kapasitor AC sudah lemah terutama pada unit Outdoor, selain membuat AC tidak dingin. AC dapat hidup mati sendiri karena kompresor kepanasan.

Jadi selalu pantau kecepatan putaran dari kipas angin AC yang indoor dan outdoor. Untuk yang indoor dapat kita rasakan perbedaan jika kapasitor indoor AC sudah lemah atau tidak, namun untuk unit Outdoor dapat kita lihat putaran dari kipasnya, apakah lancar atau putus-putus.

5. Tegangan listrik yang tidak stabil


Penyebab yang kelima adalah tegangan listrik yang tidak stabil. Penyebab yang kelima ini pernah saya alami ketika daerah saya sedang ada perbaikan listrik sehingga menyebabkan listrik tidak stabil. Umumnya ada beberapa jenis AC yang kompresornya tidak mau berjalan sebelum listrik normal. Contohnya adalah AC merek LG.

AC LG dirumah saya itu jika listrik tidak stabil maka AC nya akan masuk kondisi safe dimana kipas indoor dan outdoor nyala namun kompresor mati sehingga ruangan terasa panas sebentar. Biasanya dalam 5 menit AC akan normal kembali. Namun untuk AC merek lain saya tidak tahu apakah ada fitur seperti ini.

6. Modul AC yang error atau rusak


Sebagai barang elektronik yang punya teknologi otomatis, AC mempunyai PCB atau Modul AC. Modul AC berisi mikroprosesor untuk mengontrol semua perangkat dari AC mulai dari swing udara hingga kompresor. Pengaturan yang ada di remote AC juga akan tersimpan pada modul AC. Kerja yang paling utama dari Modul AC adalah mengatur kapan kompresor hidup dan mati.

Penyebab AC tidak dingin dan solusinya - modul ac


Jika Modul AC rusak atau error maka AC tidak dapat disetel lewat remote, suka hidup mati sendiri, kompresor suka hidup mati sendiri, dan tidak bisa hidup. Tapi apa hubungannya dengan AC tidak dingin ? Hubungannya adalah bagaimana AC mengontrol seluruh komponennya jika induk pengontrol rusak, misalnya kita meminta AC untuk mendinginkan ruangan namun yang dikerjakan AC adalah menghangatkan ruangan.

Jadi jika anda merasakan gejala-gejala error pada AC maka boleh diperiksa modul AC tersebut apakah ada hewan yang membuat konslet atau hal lainnya. Namun untuk kasus modul AC error biasanya jarang terjadi, dan umumnya terjadi karena cacat pabrik.

7. Kompresor rusak


Dan yang terakhir dari penyebab AC tidak dingin adalah kompresor yang rusak. Kompresor adalah alat utama untuk mendinginkan ruangan. Walaupun AC anda sangat bersih dan freonnya banyak namun jika kompresor rusak maka bagaimana AC bisa dingin. Umumnya kerusakan kompresor disebabkan umur dari kompresor itu sendiri, selain itu ada juga cacat pabrik.

Selain itu juga, penyebab kompresor cepat rusak adalah AC dinyalakan nonstop dan tegangan listrik sangat tidak stabil. Jadi jika dari beberapa penyebab ac tidak dingin diatas dan sudah anda perbaiki namun ac masih tidak dingin makan sudah dapat dipastikan kompresor ac rusak.

Menurut saya, selain ac tidak dingin, ada juga ciri-ciri kompresor ac sudah mulai rusak contohnya adalah tingkat kebisingan ac. Pada umumnya jika kompresor ac bekerja dengan normal maka suara mesinnya harusnya nyaring dan membuat getaran yang kuat karena kerja dari piston di dalam kompresor, namun jika kompresor yang rusak biasanya suaranya agak lebih kecil atau mungkin juga lebih nyaring dari biasanya, selain itu getaran yang dihasilkan sangat kurang atau sangat kuat.

Itulah Penyebab Air Conditioner(AC) tidak dingin dan solusinya. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

0 komentar

Post a Comment

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami