Tuesday, August 27, 2019

Penyebab Power Amplifier suara kecil

Penyebab Power Amplifier suara kecilPower Amplifier adalah amplifier yang berfungsi mengubah sinyal audio menjadi suara pada Speaker. Power Amplifier biasanya digunakan untuk mengeluarkan suara pada Speaker yang Watt-nya besar. Tapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk Speaker yang watt-nya kecil.

Penyebab Power Amplifier suara kecil
Pada artikel saya yang berjudul Penyebab Power Amplifier suara serak, sudah saya jelaskan beberapa penyebab amplifier suara serak. Selain suara serak, ada juga salah satu kerusakan dari power amplifier yang mengganggu yaitu power amplifier suara kecil.

Sesuai namanya, Power Amplifier harusnya mempunyai volume suara yang besar dibanding amplifier kecil lainnya. Masa Power Amplifier suaranya kecil, kan aneh. Ada banyak penyebab power amplifier suara kecil, salah satunya adalah potensiometer yang sudah rusak sehingga tidak dapat mengontrol volume suara.

Baca juga : Jenis-jenis Speaker Driver dan fungsinya.

Kerusakan potensiometer tidak hanya ditemukan pada power amplifier rakitan namun juga pada power amplifier built up. Selain kerusakan potensiometer, ada juga penyebab-penyebab lain power amplifier suara kecil. Berikut ini Penyebab Power Amplifier suara kecil :

1. Input Audio terlalu kecil


Power Amplifier biasanya tidak terdapat penguat suara tambahan, jadi jika input suara memiliki penguatan yang kecil seperti input dari handphone maka suara yang dihasilkan Speaker akan menjadi kecil pula. Namun jika dihubungkan dengan DVD Player, suara akan menjadi normal.

Penyebab Power Amplifier suara kecil - mixer audio


Oleh karena itu, sebelum menduga Power Amplifier yang mempunyai kerusakan ada bagusnya anda mengecek kondisi input audio. Jika anda menggunakan handphone sebagai input audio, coba gunakan Mixer Audio untuk membantu menaikkan volume suara dari handphone.

2. Kabel RCA yang jelek


Jika sudah menggunakan Mixer Audio atau Input suara dari DVD Player namun suara masih kecil juga, coba anda cek kabel RCA anda. Kabel RCA yang jelek dapat juga membuat suara yang dikeluarkan amplifier menjadi kecil, serak, atau hilang-hilang.

Penyebab Power Amplifier suara kecil - kabel rca


3. Kabel Audio dari Jack RCA yang jelek


Selain kabel rca yang jelek, kabel audio yang menghubungkan Jack RCA dengan Kit Power Amplifier juga dapat mempengaruhi kualitas suara dari Power Amplifier. Jika kabel audio ada yang terkelupas, putus halus, atau bahkan tersambung sedikit dapat membuat suara power amplifier kecil.

Baca juga : Tips agar Bass pada Speaker lebih mantap.

Coba anda cek kembali kabel audio pada Power Amplifier rakitan anda dan pastikan tidak ada putus halus atau kabel yang tidak tersambung dengan optimal.

4. Volume Control yang tidak berfungsi


Volume Control berfungsi untuk mengatur volume suara yang dihasilkan Power Amplifier. Volume Control biasanya menggunakan komponen elektronika berupa potensiometer tipe putar. Seiring waktu, potensiometer dapat berkarat dan berdebu sehingga mengurangi kualitas suara. Biasanya ciri-ciri volume control yang sudah rusak adalah ketika diputar volume suara tidak akan meningkat.

Pernah juga saya temukan kondisi dimana Volume Control yang sudah rusak dapat membuat suara dari Power Amplifier besar sebelah (jika volume control stereo), suara serak, suara kecil, dan suara besar sendiri.

Penyebab Power Amplifier suara kecil - potensiometer putar


Jadi coba anda ganti potensiometer dari volume control dan bandingkan dengan potensio yang lama, biasanya dengan mengganti potensiometer sudah dapat membuat suara Power Amplifier menjadi normal dan tidak kecil lagi.

5. Pre Amp atau IC 4558D yang rusak


Jika Power Amplifier anda menggunakan Pre Amp berupa IC 4558D, ada bagusnya anda mengecek kondisi dari IC tersebut. Karena IC 4558D berperan penting dalam menghantarkan suara dari input ke dalam Kit Power Amplifier. Jika kondisi dari IC ini sudah jelek atau rusak, maka suara dari Power Amplifier juga kecil atau bahkan tidak keluar sama sekali. Lokasi IC 4558D biasanya terdapat di Kit Volume Control atau Tone Control.

Penyebab Power Amplifier suara kecil - ic 4558d


6. Power Supply yang bermasalah


Sama seperti isi artikel saya yang berjudul Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak, Suara Power Amplifier juga tergantung dari besarnya Supply tegangan yang diberikan. Jadi jika tegangan yang diberikan Power Supply kurang maka suara Power Amplifier menjadi kecil atau serak.

Jika anda menggunakan Power Amplifier built up, coba anda cek kapasitor supply dan dioda bridge, apakah masih bagus atau tidak. Karena jika Supply tegangan kurang, Transistor Final dan IC Pre Amp tidak dapat bekerja optimal.

Baca juga : Apa itu Crossover dan fungsinya pada Speaker.

7. Kabel Speaker terlalu panjang


Selain beberapa penyebab diatas, panjang kabel speaker juga dapat berpengaruh pada suara yang dihasilkan oleh Power Amplifier. Hal ini pernah saya alami ketika menghubungkan Speaker dengan Power Amplifier mini 80 Watt. Waktu itu saya menghubungkan Power Amplifier dengan panjang kabel Speaker sekitar 10 meter dan suara yang dihasilkan menjadi sangat kecil. Ketika saya potong kabelnya menjadi 2 meter, suara yang dihasilkan menjadi normal kembali.

Masalah ini hanya saya temukan pada Power Amplifier berdaya kecil seperti 30 watt dan 80 watt. Untuk Power Amplifier berdaya besar belum pernah saya temukan power amplifier suara kecil akibat kabel speaker yang kepanjangan. Tapi bisa saja juga terjadi apabila memasang speaker ke amplifier dengan panjang kabel 50 meter lebih. Oleh karena itu, apabila beberapa penyebab diatas tidak ditemukan pada power amplifier anda maka ada bagusnya anda mencoba untuk mengubah panjang kabel speaker.

Itulah Penyebab Power Amplifier suara kecil. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

22 comments

  1. Kenapa powerku ko suaranya ga bisa galak. Kalo potensionya di putar arah puul baru bisa kenceng. Apa yg harus di tambahkan biar suaranya bisa keras.

    ReplyDelete
  2. Volume sudah mentok tapi kaya di jam9 ajah

    ReplyDelete
  3. Travo 10 amper sanken 4 set tapi suara tetep lemah gemulai minta solusinya .input masuk potensio lalu driver

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba inputnya langsung ke driver, klo jdi nyaring maka perlu premap setelah potensionya atau beli aja kit volume master

      Delete
  4. tanpa tone control divolume hp separo aja sudah kenceng .. stelah dipasang preamp volume hp full dan potensio volume control full juga baru kluar suaranya .. kira" gmn cara me menaikan kerasnya pream

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sblm d pasang preamp udh bagus dn kenceng suaranya y jgn d kasi preamp lgi, kasi volume control aja yg hny pke trimpot gk pke preamp. Klo d kasi preamp kecil suaranya biasanya preamp rusak atau gk hidup, mungkin salah rangkai

      Delete
  5. Kalo suara mic dipasang gede, sedangkan masukkan ke media jdi kecil, itu kenapa ya min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tipe ampliny yg ad port mic dn media, rusakny biasany d preamp 4558d atau tr dkt input, nggk itu y potensio vol mediany

      Delete
  6. Power socl 506 input kadang masuk kadang engga, sekali masuk suara kecil bgt. Itu apa nya bang

    ReplyDelete
  7. Tone contor pada nada low trible dan volume bagus,untuk sub nya gak ada nada kira2 apa gejalanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tone controlny tipe apa ya gan ? Biasanya klo untuk sub itu hny sekedar preamp dn outny msih prlu ampli lain.

      Delete
  8. Master aq pemula ..kenapa power rakitan aq suara musik keras,, tapi setelah di hidupkan digital echo ya suara musik jadi kecil..apa penyebab nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Digital echo disini fungsiny buat apa ya ? Mngkn krn fungsi dri digital echo sendiir yg buat suaranya kecil

      Delete
  9. Kemaren volume ampli diputar abis sampai speaker jebol.
    Skrng suaranya gak kuat kayak sebelumnya walaupun udah ganti speaker.

    Ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu output speakerny, ada tegangan dc tidak pas d max kn volumeny. oh iy jg ini daya amplinya sama dgn speakerny juga kn ? krn kli beban speaker kelebihan maka ampliny bakal jebol jg

      Delete
  10. sya punya tun digital echo mixing dms 700x,suara uotput nya kecil,jadi driver power ny suaranya ikut kecil,padahal klo gak pake tun suaranya besar,gmna gan solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya coba cek dulu lh tune digital mixingny, mngkn potensio vol pd tune ny krg bgs, atau pas ngerangkai tuneny ada yg krg maka out audiony jdi kecil

      Delete
  11. Mas...kalau speaker pake media bluetot ke hp . Suaranya kecil, padahal kontrol volume sudah mentok alias full.
    Kira2 apa yg rusak mas.

    ReplyDelete
  12. Suhu mohon petunjuk....power 2 Chanel sub pake toroid 10a driver 506 aman suara bersih tidak dengung meskipun volume pelan dan full..tapi middle pake travo 5 kecil driver 400wat mono dengun tapi suara dengung kecil tapi saya risih dengan suara dengung meskipun kecil karena waktu di di putar pelan suara dengung mengganggu tp klo di volume full ga begitu mengganggu...mohon bantuannya guru saya pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Groundny kurang bagus, cek pemasangan groundny bnr tidak, mungkin jg penempatan trafo yg dekat dgn kit power

      Delete

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami
EmoticonEmoticon