Tuesday, August 20, 2019

Jenis-jenis paku bangunan dan fungsinya

Jenis-jenis paku bangunan dan fungsinyaPaku bangunan adalah bahan bangunan yang terbuat dari besi. Bentuknya lancip pada ujungnya dan datar pada bagian atasnya. Fungsi paku ada banyak, tapi fungsi utama paku adalah untuk mengikat atau mengunci suatu bahan bangunan dengan bahan bangunan lainnya. Paku merupakan salah satu bahan bangunan yang paling sering digunakan karena fungsinya yang banyak.


Jenis-jenis paku bangunan dan fungsinya


Walaupun fungsi paku ada banyak tapi setiap paku itu mempunyai jenis-jenis yang berbeda. Perbedaan jenis paku ini ditujukan agar paku dapat berfungsi optimal pada bahan bangunan yang berbeda juga. Contohnya tidak mungkin kita memasang paku pada tembok dengan paku kayu, yang ada pakunya bengkok. 

Baca juga : Cara memasang paku di kayu keras dengan mudah

Berikut ini Jenis-jenis paku dan fungsinya :


Paku standar/kayu


Merupakan paku yang biasa kita beli untuk memasang kayu, membuat lubang pada kayu,atau sekedar membuat tempat menggantung barang pada bahan bangunan berjenis kayu. Paku standar biasanya mempunyai ukuran minimal 1 inci dan paling besar kalau tidak salah 6 inci. Bahan yang dipakai untuk membuat paku standar saat ini menurut saya adalah besi campuran karena mudah bengkok jika bertemu kayu keras.

Jenis-jenis paku bangunan dan fungsinya - paku standar/kayu


Dari segi harga, paku standar tergolong murah dan itu juga sebabnya paku standar merupakan salah satu bahan bangunan yang paling banyak dibeli. Warna dari paku standar biasanya silver dan abu-abu.

Paku beton


Paku beton merupakan paku yang umumnya kita beli jika kita ingin memasang foto atau hiasan dinding pada dinding berbahan beton atau semen. Kekuatan paku beton jauh lebih kuat dibanding paku standar. Paku beton juga merupakan satu-satunya paku yang dapat menembus kayu ulin atau kayu besi. Ukuran paku beton kurang lebih sama dengan paku standar, paku beton mempunyai ukuran minimal 1 inci dan maksimal 6 inci.

Aplikasi utama dari paku beton adalah tembok semen, kayu ulin atau kayu keras lainnya. Warna dari paku beton biasanya silver kebiruan, atau dominan biru muda. Jika dibandingkan dengan paku standar, paku beton mempunyai bentuk yang lebih besar dibanding paku standar. Dari segi harga, paku beton agak sedikit lebih mahal dibanding paku standar karena bahan pembuatnya lebih banyak besi asli.

Paku Seng/payung


Sesuai namanya, paku seng merupakan paku yang digunakan untuk memasang seng gelombang. Bentuk dari paku ini seperti paku biasa namun memiliki bagian yang seperti payung. Fungsi dari bentuk payung ini adalah agar air hujan tidak masuk ke dalam paku sehingga dapat menyebabkan bocor. Selain itu juga, ujung paku ini lebih lancip dan tajam dibanding paku biasa agar bisa menembus seng dengan mudah.

Jenis-jenis paku bangunan dan fungsinya - paku seng/payung


Ukuran dari paku ini sekitar 2 inci, warna dari paku ini biasanya silver dan biru muda. Dari segi harga, paku ini cukup murah.

Paku Triplek


Sesuai namanya, paku triplek merupakan paku yang digunakan untuk memasang papan triplek. Papan triplek yang dimaksud disini adalah papan triplek untuk plafon rumah. Bentuk paku ini sama seperti paku standar namun sangat kecil. Di buat kecil agar pemasang triplek tidak sulit dan rapi. Dari segi harga, paku ini sangat murah. Warnanya juga sama dengan paku standar yaitu silver.

Jenis-jenis paku bangunan dan fungsinya - paku triplek


Paku GRC


Paku GRC merupakan paku yang dikhususkan untuk memasang papan GRC. Bentuk paku GRC agak sedikit lebih besar dari paku triplek. Jika kita memasang papan GRC dengan paku triplek maka paku tersebut tidak dapat menembus GRC karena papan GRC agak sedikit tebal dibanding papan triplek. 
Sama seperti paku triplek, paku GRC didesain untuk digunakan pada bahan GRC agar pemasangan tidak sulit dan rapi. Dari segi harga, paku ini juga murah. Warna dari paku ini juga sama dengan paku standar yaitu silver.

Itulah Jenis-jenis paku bangunan dan fungsinya. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

0 komentar

Post a Comment

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami