Thursday, August 8, 2019

Cara memasang paku di kayu keras dengan mudah

Cara memasang paku bangunan di kayu keras dengan mudah | Kayu adalah bahan bangunan yang diambil dari pohon hutan yang berbatang lurus. Kayu merupakan bahan bangunan yang paling banyak digunakan, bisa menjadi pondasi bangunan, mebel, hiasan, dan lain-lain. Di Indonesia, kayu masih mudah didapatkan dan harganya tergantung jenis dari kayu tersebut. Semakin keras dan kuat kayu tersebut maka semakin mahal pula harganya.

Cara memasang paku di kayu keras dengan mudah



Untuk memasang kayu, diperlukan paku bangunan. Paku bangunan adalah bahan bangunan yang terbuat dari besi. Bentuknya lancip pada ujungnya dan datar pada bagian atasnya. Dan untuk memasang paku pada kayu diperlukan palu. Tingkat kemudahan memasang paku pada kayu juga tergantung dari tingkat kekerasan kayu, semakin keras kayu maka semakin sulit memasang paku pada kayu. Contoh kayu yang sulit dipasang paku adalah kayu ulin.

Cara memasang paku di kayu keras dengan mudah - gambar 1


Terkadang memasang paku pada kayu keras selalu membuat kita jengkel, karena baru 1-2 ketukan sudah membuat paku kita bengkok. Belum lagi paku yang sudah setengah masuk namun ujungnya bengkok, jadi sia-sia usaha yang kita buat.

Baca juga : Jenis-jenis paku dan fungsinya

Belum lagi kualitas dari paku zaman sekarang yang kurang baik. Jika dibandingkan paku zaman dahulu (era 2010 ke bawah), paku baru bisa bengkok jika ketemu kayu yang benar-benar keras, sekarang baru ketemu kayu yang agak sedikit keras saja sudah mulai membuat paku menjadi bengkok. Mungkin saja komposisi paku sekarang lebih banyak bahan campuran dibanding besi.

Ada beberapa cara yang saya temui untuk memasang paku di kayu keras. Cara-cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, semua dari cara ini bisa dipakai untuk memasang paku pada kayu keras.

Cara pertama - Menggunakan kantong plastik


Cara ini tergolong mudah dan sama dengan memasang paku pada umumnya namun bedanya adalah ketika mau menancapkan paku pada kayu, ujung paku dialaskan kantong plastik. Sisanya sama seperti memasang paku pada umumnya. Cara pertama ini cocok untuk membuat lubang paku pada kayu jika bor listrik susah ditemukan.

Kelebihan dari cara memasang paku di kayu keras dengan kantong plastik adalah mudah menemukan bahan dan cepat karena tinggal meletakkan kantong plastik pada ujung paku lalu dipasang seperti biasa.

Namun kekurangan dari cara pertama ini yaitu kekuatan paku mengikat ke kayu berkurang karena terdapat kantong plastik dan resiko paku terlepas dari kayu menjadi tinggi sehingga sangat tidak dianjurkan untuk paku yang berada di sambungan kayu, kuda-kuda, dan pondasi-pondasi rumah.

Cara kedua - Menggunakan Bor listrik/tangan


Cara ini tergolong mudah namun lama karena setiap tempat paku yang mau ditancapkan harus dibor dulu. Cara kedua ini cocok untuk memasang paku pada kayu kuda-kuda atap, sambungan kayu, tiang rumah, dan struktur bangunan lainnya. Berikut ini cara memasang paku di kayu keras menggunakan Bor listrik/tangan :

1. Siapkan bor dan mata bor berukuran diameter 2-3mm tergantung dari besar paku.
2. Pasang mata bor.
3. Bor pada bagian kayu keras yang mau dipasang paku.
4. Masukkan paku sesuai ukuran lubang hasil bor tadi.
5. Pasang paku seperti biasa.

Cara memasang paku di kayu keras dengan bor listrik atau tangan


Kelebihan dari cara memasang paku di kayu keras dengan bor listrik atau tangan adalah kayu tidak retak atau pecah ketika dipaku kecuali lubang hasil bor tidak sesuai dengan ukuran paku, kekuatan paku mengikat ke kayu tidak berkurang. Dan kekurangan dari cara kedua ini adalah lama dalam pengerjaan karena setiap tempat paku harus dibor

Cara ketiga - Menggunakan Palu beton


Cara ini tergolong mudah dan cepat karena tidak ada perbedaan dengan memasang paku pada kayu, hanya bedanya adalah  alat pemasang paku yang diganti. Jika biasanya kita menggunakan palu biasa untuk memasang paku, maka pada kayu keras digunakan palu yang agak lebih besar seperti palu beton agar paku dapat menembus paku. 

Cara ketiga ini cocok untuk memasang kayu pada kayu ulin atau kayu keras yang tidak terlalu tebal, selain itu bisa juga untuk memasukkan paku yang sudah setengah masuk namun sulit. Berikut ini cara memasang paku di kayu keras menggunakan Palu beton :

1. Siapkan palu biasa, palu beton 2kg, dan paku bangunan.
2. Pasang paku bangunan pada kayu keras dengan palu biasa.
3. Pukul-pukul paku tersebut sampai masuk sedikit ke dalam kayu.
4. Setelah itu pukul paku tadi dengan palu beton hingga masuk ke dalam kayu dan tembus.

Kelebihan : Cepat, proses pemasangan sama

Kekurangan : Kayu dapat retak dan pecah

Dari ketiga cara diatas, masih banyak cara yang dimiliki para tukang bangunan untuk memasang paku di kayu keras. Untuk saat ini yang saya ketahui hanya tiga jadi saya share hanya tiga cara ini saja.

Baca juga : Jenis-jenis bor listrik dan perbedaannya.

Tapi sekeras apapun kayu itu jika paku yang dipakai tidak bagus maka 3 cara diatas masih dapat membuat paku bengkok juga. Saran saya jika anda mau memasang paku di kayu keras, gunakanlah paku beton karena kekuatan paku beton lebih kuat dibanding paku biasa.

Itulah Cara memasang paku di kayu keras dengan mudah. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

0 komentar

Post a Comment

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami