Jumat, 28 Juni 2019

Cara mengganti kapasitor AC Indoor LG

Cara mengganti kapasitor AC Indoor LG | AC atau Air Conditioner adalah alat pendingin ruangan. Sesuai namanya, fungsi dari AC adalah untuk mengubah kondisi udara ruangan dari panas ke dingin dan sebaliknya. Sekarang fungsi AC tidak hanya untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk namun juga terdapat fitur-fitur lain seperti pembersihan udara dari bakteri.


Cara mengganti kapasitor AC Indoor LG



Prinsip kerja AC sebenarnya sama dengan kipas angin biasa, yang membedakan adalah terdapat kompresor. Jadi di dalam kompresor itu terdapat cairan pendingin berupa freon dimana kompresor akan membuat cairan tersebut menjadi gas dan diteruskan ke evaporator AC lalu dihembuskan oleh kipas Indoor AC, setelah dihembuskan gas tersebut akan kembali lagi ke kompresor melalu kondeser untuk mengubah gas freon tadi menjadi cair.

Dari penjelasan diatas, sumber udara dingin di dalam ruangan ber-AC adalah Indoor unit. Unit Indoor terdiri dari evaporator, kipas, sensor, filter, dan PCB. Tapi pernahkah anda merasa AC tidak dingin padahal baru dibersihkan beberapa bulan lalu.

Penyebab AC tidak dingin ada banyak, semuanya mudah anda temukan di Google. Disini akan saya bahas salah satu penyebab tersebut yaitu rusaknya kapasitor Fan Indoor AC.

Fungsi dari kipas Indoor AC adalah untuk menghembuskan hawa dingin dari evaporator, dan untuk menjalankan kipas tersebut diperlukan yang namanya kapasitor. Kenapa perlu kapasitor ? Karena kipas angin atau AC dapat di jalankan tanpa kita harus memutar kipasnya.

Tanda-tanda Kapasitor Indoor AC rusak :

- Tidak terdapat hawa dingin dari Unit Indoor
- Kipas Indoor AC tidak menyala
- Kipas Indoor AC berjalan pelan
- Hembusan angin dari AC tidak terasa
- Evaporator membeku

Sebelum anda membeli kapasitor AC Indoor, anda harus tahu dulu ukuran dari kapasitor AC Indoor. Setiap merek dan pk(HP) AC memiliki ukuran kapasitor Indoor unit yang berbeda. Misalnya, AC saya merek LG 1/2pk mempunyai kapasitor berukuran 0.9uF. Bisa saja merek lain untuk ukuran 1/2 pk mempunyai kapasitor berukuran 0.8uF. 

Yang paling penting adalah pastikan ukuran dan voltase dari kapasitor yang anda beli sama persis atau lebih besar sedikit dari kapasitor yang anda punya. Lebih baik anda membeli kapasitor Indoor di Service center merek AC anda karena ukuran kapasitornya pasti sama. 

Jika tidak bisa maka cari ukuran kapasitor yang mendekati atau lebih besar sedikit, misalnya 0.9uF diganti dengan 1uF. Jangan pernah mengganti kapasitor Indoor dengan ukuran yang lebih besar karena dapat menguras tenaga kompresor dan membuat motor kipas cepat rusak. Berikut ini Cara mengganti kapasitor AC Indoor LG.

Tutorial ini bersifat kerjakan sendiri resiko ditanggung sendiri, bagi anda yang belum pernah mengerjakan kelistrikan dan elektronika lebih bagi panggil teknisi demi keamanan. Jangan lupa untuk mematikan listrik sebelum pengerjaan.

Cara membongkar AC Indoor merek LG JetGold :


1. Pertama buka dulu sirip pengarah angin dengan mendorong sedikit pengaitnya. Jika terdapat 4 pengait, buka 2 pengait ditengah. Jika sirip sudah melengkung ke bawah barulah anda lepas perlahan-lahan.

ganti kapasitor indoor ac lg - gambar 1

ganti kapasitor indoor ac lg - gambar 2

2. Buka baut yang ada di dekat sirip pengarah angin tadi, AC saya mempunyai 2 baut.
ganti kapasitor indoor ac lg - gambar 3

ganti kapasitor indoor ac lg - gambar 4

3. Buka Casing AC dengan mengangkat badan bagian bawah dekat baut tadi ke atas secara perlahan, ketika sudah terangkat kira-kira 30 derajat angkat casing AC ke atas, jika anda takut patah pengait casing bagian atas, anda dapat mencongkelnya dengan obeng min dengan hati-hati. 
Metode membuka casing AC ini berbeda-beda tergantung bentuk dari AC dan merek, untuk AC saya seperti itu cara membukanya.
4. Seperti inilah isi dari Indoor Unti AC LG. Silahkan lihat dibawah ini untuk deskripsi bagian.
ganti kapasitor indoor ac lg - gambar 5

  • 1 : Evaporator
  • 2 : Sensor Suhu
  • 3 : Motor Kipas
  • 4 : Modul PCB AC, 3 colokan yang masing-masing terhubung ke sensor suhu, sensor remote/display, dan modul relay.
  • 5 : Sumber listrik
  • 6 : Sumber listrik untuk Outdoor unit
  • 7 : Motor sirip pengarah kipas
  • 8 : Kabel sensor remote
  • 9 : Penampungan air evaporator

Cara mengganti kapasitor fan Indoor AC LG


5. Letak kapasitor fan Indoor LG berada didalam casing modul PCB(lingkaran no 4). Jadi kita harus mengeluarkan casing modul PCB baru bisa mengakses kapasitor.
ganti kapasitor indoor ac lg - gambar 6

6. Untuk melepaskan casing modul PCB, pertama buka baut yang berada di modul tersebut. Setelah itu geser casing ke kanan hingga pengait casing lepas lalu dorong kebawah dan tarik pelan-pelan.
ganti kapasitor indoor ac lg - gambar 7

7. Jika sudah lepas, perhatikan 2 kabel kecil yang terhubung ke badan casing. Kedua kabel tersebut terhubung ke kapasitor. Angkat pengait kapasitor secara perlahan lalu keluarkan kapasitor. Untuk AC merek lainnya, lokasi kapasitor fan Indoor biasanya menyatu dengan modul PCB AC. sehingga anda harus membongkar lagi modul PCB-nya untuk mengganti kapasitor.
ganti kapasitor indoor ac lg - gambar 8

8. Cabut kabel penghubung dengan tang jepit agar lebih mudah. Lalu ganti kapasitor yang lama dengan yang baru, pasang kembali kabel penghubung dan masukkan kembali kapasitor ke dalam casing.

ganti kapasitor indoor ac lg - gambar 9
9. Pasang kembali semua komponen dan casing AC seperti semula.
10. Silahkan tes AC anda dan bandingkan hasilnya.



Biasanya setelah mengganti kapasitor fan indoor AC LG sudah dapat membuat ruangan anda menjadi lebih dingin dengan catatan kondisi kompresor beserta cairan pendingin masih bagus. Jika setelah mengganti kapasitor AC dan ruangan masih saja panas maka terdapat kerusakan lain dari AC anda. Tutorial kali ini hanya membahas masalah AC dari segi hembusan angin tidak ada

Itulah Cara mengganti kapasitor AC Indoor LG. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.
Load disqus comments

0 komentar