Wednesday, May 29, 2019

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak | Power Amplifier adalah amplifier yang berfungsi mengubah sinyal audio menjadi suara pada Speaker. Power Amplifier biasanya digunakan untuk mengeluarkan suara pada Speaker yang Watt-nya besar. Tapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk Speaker yang watt-nya kecil.



Terdapat 2 jenis Power Amplifier yang tersedia dipasaran, pertama Power Amplifier built-up dan Power Amplifier rakitan. Perbedaan dari keduanya adalah dari segi produsen dan harga. Power Amplifier built-up merupakan Power Amplifier bermerek seperti Ashley, Peavey, Yamaha, dan lain-lain. Sedangkan Power Amplifier rakitan merupakan Power Amplifier yang kita rakit sendiri, entah itu beli kit yang langsung pasang atau rakit dari nol.


Baca juga : Jenis-jenis Speaker Driver dan fungsinya.

Dari segi harga, Power Amplifier built-up jelas lebih mahal apalagi yang bermerek kelas atas. Sedangkan Power Amplifier rakitan lebih murah dibanding built-up, kata murah disini juga relatif tergantung harga kit dan komponen lain ditempat anda.

Power Amplifier rakitan yang sering dirakit adalah Power Amplifier OCL-150 Watt. Selain itu ada juga Bell CX-1000, dan kit lainnya. Terkadang setelah dirakit, suara yang dihasilkan tidak sesuai keinginan. Salah satu contoh suara yang dihasilkan tidak sesuai keinginan adalah suara Power Amplifier serak.

Saya sendiri pernah mengalami merakit Power Amplifier suaranya serak, saya cari informasi dimana-mana dan banyak penyebab Power Amplifier rakitan suaranya serak. Salah satu penyebab utama Power Amplifier suaranya serak adalah Transistor Final yang sudah jebol atau rusak.

Berikut ini penyebab Power Amplifier rakitan suaranya serak :


1. Kabel RCA/Jack RCA yang jelek


Sebelum menduga Transistor final yang rusak, lebih baik kita menelusuri dulu sumber audio dari inputnya. Karena Input audio menuju Power Amplifier lewat kabel RCA dan Jack RCA, maka lebih baik kita periksa dulu 2 komponen ini. Coba anda ganti kabel RCA yang lama dengan yang masih bagus/baru, jika masih belum juga coba bersihkan Jack RCA dari kotoran dan karat.

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak - gambar 2
Kabel RCA to 3.5mm


Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak - gambar 3
Jack RCA pada Ampli

Biasanya dengan mengganti kabel RCA/Jack RCA suara Power Amplifier kembali normal. Kasus ini pernah saya alami, waktu itu saya memutar lagu menggunakan Power Amplifier saya dan suaranya normal seperti biasanya namun keesokan harinya ketika mau dipakai suaranya serak. Saya pikir rusak Transistornya, tapi sebelum dibongkar saya ganti kabel RCA lama dengan yang baru, alhasil suaranya normal kembali.

2. Kabel Audio dari Jack RCA yang jelek


Setelah input masuk dari DVD/HP lewat kabel RCA dan Jack RCA, maka sinyal input diteruskan lewat kabel audio dari Jack RCA menuju PCB Amplifier. Penyebab suara Power Amplifier serak juga bisa terjadi karena kabel audio dari Jack RCA ke PCB Amplifier/Tone Control yang rusak atau jelek.

Coba anda ganti kabel Audio tersebut dan tes kembali Power Amplifier anda. Biasanya ada kabel audio yang putus halus sehingga suara yang dihasilkan menjadi serak.

Baca juga : Tips agar Bass pada Speaker lebih mantap.

Kasus ini juga pernah saya alami ketika pertama kali merakit Power Amplifier. Saya punya 2 Kit Power dan masih baru, ketika dirakit salah satu kit mengeluarkan suara serak. Dari input DVD, sudah saya pastikan tidak ada kerusakan namun setelah saya lanjutkan pengecekan ke input dari Jack RCA ke Kit Ampli ternyata ada salah satu kabel yang putus halus, setelah saya ganti suaranya menjadi normal.

3. Tone Control yang rusak


Jika Power Amplifier anda menggunakan Tone Control, maka setelah sinyal input masuk melewati kabel Audio dari Jack RCA, sinyal input akan masuk ke Tone Control. Tone Control disini bisa Volume Control, Bass/Treble Control, Bass Booster, Subwoofer Filter, dan lain-lain. Kualitas Tone Control yang kurang bagus juga dapat menjadi penyebab suara Power Amplifier serak.

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak - gambar 4
Kit Tone Control parametrix

Coba anda lepaskan Tone Control tersebut dan langsung menghubungkan input ke PCB Amplifier. Jika suara menjadi normal maka sudah dipastikan kit Tone Control tersebut rusak.

Kasus ini juga pernah saya alami ketika memperbaiki Amplifier teman yang suaranya serak. Setelah saya cek input dan kabel audionya ternyata tidak ada masalah, namun setelah saya cabut Volume Controlnya suara Power Amplifier menjadi normal.

4. Power Supply atau Trafo yang kurang


Suara Power Amplifier juga tergantung dari besarnya Supply tegangan yang diberikan. Jika anda mempunyai Kit Bell CX-1000 dan ingin mengangkat Speaker 15-18 inch namun menggunakan trafo 3A maka suara yang dihasilkan pasti serak apalagi pas nada rendah.

Untuk Power Amplifier yang ingin digunakan pada Speaker berdaya 500 Watt keatas ada bagusnya menggunakan Trafo minimal 10A yang murni dan mempunyai tegangan output AC 32 Volt ke atas agar terdapat sisa daya yang dapat digunakan jika diperlukan. Jika pas-pasan atau kurang maka suara yang dihasilkan juga kurang bahkan jelek.

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak - gambar 5
Trafo, Dioda Bridge, dan Kapasitor Supply


Jika anda sudah menggunakan Trafo yang sesuai dengan Speaker namun suara masih serak maka silahkan anda cek Dioda Bridge dan Kapasitor Supply. Pastikan menggunakan Dioda Bridge yang Amperenya lebih besar daripada trafo, misalnya trafo 10A maka gunakan dioda bridge 15A. Hal ini dilakukan agar terdapat ruang lebih bagi dioda untuk bekerja.

Baca juga : Apa itu Crossover dan fungsinya pada Speaker.

Setelah anda cek Dioda bridge, cek juga kapasitor(elco) Supply. Fungsi dari Kapasitor ini adalah agar tegangan DC yang dikeluarkan lebih stabil. Biasanya untuk ukuran Power Amplifier, digunakan kapasitor berukuran 10.000uF/50V sebanyak 2-4 buah dan dirangkai paralel untuk memperbesar kapasitansinya. Semakin besar daya yang dibutuhkan Power Amplifier maka semakin besar juga kapasitor yang dibutuhkan.

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak - gambar 6
Kapasitor Supply yang dipasang paralel


Dan ingat, selalu lebihkan tegangan kapasitor untuk memberi ruang kapasitor bekerja. Misalnya Ouput dari Trafo adalah 45 Volt AC, ketika sudah dikonversi menjadi DC maka tegangannya 60 Volt DC, untuk ukuran kapasitor yang digunakan adalah 10.000uF/100V keatas.

5. Kapasitor Input yang rusak


Jika beberapa langkah diatas masih membuat Power Amplifier anda serak maka sudah dipastikan harus mengecek komponen pada Kit Power Amplifier. Dalam Kit Power Amplifier terdapat 3 bagian yaitu filter nada, pre-amp, dan penguat akhir. Filter nada menggunakan komponen kapasitor mika 100nf dan terletak dekat input audio.

Fungsi filter nada ini adalah mencegah nada tinggi masuk berlebihan. Dalam Power Amplifier, semakin tinggi nada yang dikeluarkan maka semakin besar daya yang diperlukan. Untuk mencegah rusaknya Power Amplifier karena nada tinggi yang berlebihan ini maka dipasanglah filter nada.

Karena terhubung langsung dengan sumber input, jika kapasitor ini rusak sedikit saja maka keseluruhan suara akan jelek. Jadi jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dan masih tidak bekerja maka coba anda cabut filter nada ini. Jika suara normal maka sudah pasti kapasitor tersebut rusak dan harus diganti.

6. Rangkaian Pre-Amp yang rusak


Jika sudah mengganti kapasitor filter nada dan suara masih belum baik juga, maka pengecekan selanjutnya adalah rangkaian Pre-Amp. Rangkaian Pre-Amp ditandai dengan terdapatnya Transistor atau IC OP-AMP, untuk transistor biasanya digunakan Transistor A733 dan C945, sedangkan IC biasanya digunakan IC OP-AMP 4558D.

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak - IC OP AMP 4558D


Silahkan anda cari di google mengenai cara mengecek transistor dan IC tersebut, jika short maka coba diganti dan bandingkan hasilnya. Dari beberapa sumber, transistor a733 dan c945 yang paling sering short.

7. Beberapa komponen ada yang putus


Jika semua langkah diatas masih belum juga membuat Power Amplifier anda menjadi normal maka langkah selanjutnya adalah mengecek seluruh komponen pendukung pada kit Power Amplifier seperti resistor kapur 0,22 Ohm atau 0,5 Ohm, resistor biasa 10K, dioda zener, dan komponen-komponen lainnya.

Untuk resistor kapur 0,22 atau 0,5 Ohm dan resistor biasa 10K terletak pada kaki-kaki Transistor Final, fungsi resistor ini adalah untuk menyeimbangkan tegangan antara transistor final. Jika salah satu resistor ini ada yang putus maka kinerja dari Transistor Final dapat terganggu dan membuat suara Power menjadi serak.

Selain itu juga cek komponen lain di sekitar Transistor Final dan Pre-Amp seperti resistor, kapasitor, dan dioda zener. Jika ada yang putus maka silahkan anda ganti.

8. Transistor Final rusak


Dan jika semua langkah diatas tidak dapat memperbaiki Power Ampli anda maka sudah dipastikan bahwa Transistor Final anda ada yang rusak. Biasanya Kit Power Ampli menggunakan Transistor Final Sanken 2sa1216 dan 2sc2922, Toshiba 2SA1943 dan 2SC5200, Transistor jengkol 2N3055 dan MJE2955.

Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak - gambar 7
Sumber : google.com


Untuk cara mengecek Transistor Final, tutorialnya dapat anda cari di google dan ketika pengukuran ada bagusnya Transistor dilepas dulu dari Kit Power Ampli agar hasil pengecekan maksimal.

Biasanya penyebab Transistor Final rusak adalah karena kekurangan daya namun dipaksa untuk mencukupi kebutuhan Speaker, komponen pendukung seperti resistor kapur dan 10K putus, overheat, kelebihan tegangan, kelebihan beban dan impedansi dari Speaker, dan lain-lain.

Selain beberapa penyebab diatas, ada juga penyebab lain Power Amplifier suara serak yaitu sumber suara seperti DVD/HP yang memang jelek atau mungkin suara anda yang jelek ketika pakai Mic dan dihubungkan ke Power Ampli :v . Kualitas Speaker juga harus di cek, jika sudah perbaiki Power Ampli namun Speakernya jelek ya mau ampli sekelas Yamaha sekalipun suaranya tetap jelek.

Itulah Penyebab Power Amplifier rakitan suara serak. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.

46 comments

  1. Mau tanya kalau transistor TIP 2955 dan 3055 itu voltase minimal berapa vol arus AC dari trafo ...?agar transistor tersebut bisa bekerja secara normal...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya pakek kit power 400 wat.
      Trafo 3a tapi kog stengah volume. Kog serak.

      Delete
  2. Power safari 400 watt.suaranya serak kalau volume setengah.trs TR finalnya itu panas.trs kalau suara speker tak ada sinyak dengung tapi kecil banget.trimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau volume stgh dh serak biasany psu kurang atau spekerny kegedean, tr final klo panasny normal y aman, klo dengung biasany groundny msih krg atau salah pasang.

      Delete
  3. Power safari 400 watt.suaranya serak kalau volume setengah.trs TR finalnya itu panas.trs kalau suara speker tak ada sinyak dengung tapi kecil banget.trimakasi

    ReplyDelete
  4. Power safari 400 watt.suaranya serak kalau volume setengah.trs TR finalnya itu panas.trs kalau suara speker tak ada sinyak dengung tapi kecil banget.trimakasi

    ReplyDelete
  5. Power amplifier 400watt saya suaranya serak pada saat volume kecil tapi ketika volume di besarkan suara sersknya menghilang & akhirnya hilang itu masalahnya apa ya?

    ReplyDelete
  6. Power ocl 506 saya kalo nada basnya di naikan suaranya serak/ngorok. Gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang daya biasanya, spek speaker juga pengaruh

      Delete
  7. Mau tanya.. spk aktif saya merk yamaha buit up kl baru nyala sampek 3-5 lagu masih normal setelah itu suara mengecil lalu hilang.. diam sebentar kadang normal lagi.. mohon pencerahan.. tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek TR Finalny dulu. Tapi pas hilang suaranya itu speakerny msih nyala atau tidak y ?

      Delete
  8. G ada suara.. tp spektrumnya nyala..

    ReplyDelete
  9. Mohon pencerahannya master, speaker aktif model bazoke, bassnya mantap tapi vocalnya kurang terdengar alias kecil. apa kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gk slh speaker aktifnya yg mcm tabung kn ? Klo iy, ndk salah saya suara vokalny agak krg krn speakerny sprti tipe subwoofer yg vokalny kecil

      Delete
  10. Gan sy punya power bostrap tef
    Klo pke spker 6 in 2x suara normal..klo gnti psker 15 suara nya ada bunyi drudud durudud drudud trus

    Padahal trafo kpe 15 a ct 45

    Kira2 apa ya gan

    ReplyDelete
  11. Gan sy punya power bostrap tef
    Klo pke spker 6 in 2x suara normal..klo gnti psker 15in suara nya ada bunyi drudud durudud drudud trus

    Padahal trafo kpe 15 a ct 45

    Kira2 apa ya gan

    Powernya pke bostrap jnda yg tenga pke tr A1941
    Tr bufer pke c945 dn c1815 dan mj340
    Tr vas pke mje 340
    Driver c2073
    Trus ditef lgi tr c1598tosiba x2
    Trus tr tef pke c5200 tosiba


    Minta sarnyanya gn kira2 apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ni y krn kendalany gk bsa ane liat langsung jdi ane kira2 aja, klo awalnya pke speaker yg 6in 2x smpe 10in 2x aman2 aja berarti power supply kurang. Coba gnti jdi 20a ct 45 atau 15a ct 45 tpi trafo donat.

      Dri pengalam sy sih power klo suaranya serak d speaker tertentu itu krn krg daya, kecuali d semua speaker serak berarti ad masalah sama powernya

      Delete
  12. Trafo 15a ct 45 ..setelah sy coba pke power yirosi spkr 15 in jln norml..tpi klo pke bostrap tef ttp suara ada bunyi drududnya mas ...gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf jg ni, bunyi druddrud ini sprti bunyi ground/degung atau gmn y ? Mngkin ad TR yg gk kuat buat ngangkat speakerny

      Delete
    2. Kok sama dengan power saya, 15A 45v, saat pakai socl aman aman saja, begitu ganti bostrap di speaker terdengar drudut drudut..bingung apa sebabnya

      Delete
    3. Mungkin Kit ny yg emng gk bagus, kdng kit d pasar itu ada komponenny yg krg baik makany ada2 aja mslh d buatny

      Delete
  13. Selamat malam gan... Ijin menanyakan saya merakit ampli dengan power 400watt dan jika dioperasikan terlalu lama ( sekitar 3 jam ) suara langsung serak dan suara akan kemabli normal setelah di istirahatkan/dimatikan dengan waktu yg lama kira² apa penyebabnya y gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertiny amplinya kepanasan, coba cek heatsinkny udh bnr blm, ada pke kipas gk

      Delete
  14. Agan saya beli socl 506 tr toshiba sc5200 dan a1943 trafo 5 amper pertama saya pasang ,2 pasang hasilnya suara input kecil dan speaker bergetar, saya cabut satu pasang ,hasil sama, input vcc 18 volt ct 18 volt, diukur dg multimeter 24 volt, setelah masuk dioda dan elco diukur 28 vdc, kira kira apa pebyebabnya gan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy krg tau kit mana yg agan pakai jadi saya kira2 aja y, klo sy cek d internet umumny kit socl 506 dgn tr sc5200 itu perlu tegangan min 24v (trafo) dn klo udh lwt dioda/elco jdiny 32vdc. Boleh d cek jg output speakerny ada tegangan DC tidak, klo ad cb set Bias dan DCO dulu.

      Delete
  15. Kang punya saya socl 506 travo 5 A Tr Sanken 1 set 20vac kok serak buat angkat 8 inch padahal pas di cek normal semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. D out speaker dri socl ny ada tegangan DC ndk ? Klo ndk ada cb cek kabel2 dulu, cek ground jg apakah bagus ato ndk

      Delete
  16. Master mau tanya saya mau rakeit power 400 watt maunya pake trafo 10a kecil,diode 35a, 2 elco 10uf80volt kira2 berapa kasi tegangan dr trafonya dan amankah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 24v udh aman kok trgantung dri kitny mnta brp VDC, krn 24v dri trafo klo udh lwt dioda+elco jdiny 32vdc. Klo mau aman lgi sih elcony hrus 4 buah

      Delete
  17. Master mau tanya, saya punya speaker 15" inch RMS 200 watt mau di bikin speaker aktif pakai kit socl 506 tef mono. kira² Saya pakai Trafo brp Amp, dioda brp amp, elco brp biji ( ukurannya) dan berapa tr final yg di perlukan rencana mau pakai tr thosiba. Mau belajar merakit (pemula). Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih 15inc hny 200 watt ? Klo iy, trafo pke 10a/32v, dioda 25a, elco 10Kuf/50v x 4, tr final 1 set aja yg A1837 atau A1943-C5200, input trafony kasi 24v aja

      Delete
  18. Kenapa ya speaker 10 in wofer 250 Watt sama 6in 80wat kox gk bisa kencng. Sya pinjam tetangga 12 in wofer 300wat aku kasih 10in 250watt sama 6in 80watt suara kencang. Tpi aku kasih lg 2 speaker10 in 250watt sama 6in 80watt tpi gk bisa angkat. Kira" apa nya ya boss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pke ampli brp watt dulu ? Dri pengalaman saya sih itu kekny ampliny kebesaran dayany jdi nggk bisa nghentak suarany, bisa d akalkn dgn atur impendansi atau kasi speaker yg bnyk. Klo ampliny cukup tpi msih gitu jg mngkn ad yg salah sma speakerny

      Delete
  19. Maag Master rakitan blazer 800 wat saya suara yang keluar brebet gak beraih apa.penyebabnya tr final saya cek bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel2 bagus ndk ? Potensio volume, pokok yg saya sampaikan d atas ada masuk ndk ?

      Delete
  20. Kang mau nanya power ampli sy ko bru puter 3laguan suara serak dan meghilang itu apanya ya

    ReplyDelete
  21. Saya punya ampli ocl tr final sanken..kendala saat memakai trafo 10a 32v ct...suara lumayan enak...tapi pas sya ganti psu nya dengan psu switching berdaya 20a,dan 32v ct...ko suara nya jadi ngeprak ngeprak gitu...mohon admin memberi saran nya...trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo tidak salah smps atau psu switching itu gk cocok memang untuk ampli, mungkin tegangan keluarny kurang bersih atau gmn begitu. Kalau udh bagus di 10a/32v y jgn d coba2 dgn yg lainlh, tinggal ada dana nnti beli trafo 20a saja langsung.

      Delete
  22. Mas tanya,,power 1200w..stereo di pcb kit tertulis 32v ..trafo 5a ac 25v dc sekitar 32 ...trnya 4set sanken kw..volume kecil suara serak volume setengah dan full bagus..itu kenapanya mas..jika ac trafo dinaikan 32v bisa tidak..atau akan jebol trnya..

    ReplyDelete
  23. Om power saya kick hp420,power suply talled 33ampere,preamp skeleton semua baru,awal suara normal tapi 1,5 jam kemudian suara kecil putus putus.kondisi semua nyala tapi dicoba lagi tetep begitu.kenapa ya om.makaaih

    ReplyDelete
  24. Met tengah malem Mas. Sy beli amplifier rakitan TDA2003 stereo 100 watt dengan tegangan in 12 volt..sy pakai speaker 6 inc 4ohm 40 watt.kalo sy pasang 1 kanal ( kanan atau kiri ) suara oke tapi kalo sy pasang 2 kanal suara jadi serak parah..sy pakai power suplay 5 ampere...NAH KENAPA YA MAS ?

    ReplyDelete

Peraturan berkomentar di Alqisyan Blog :
1. Tidak boleh SPAM, segala link aktif atau tindakan promosi situs dan lainnya akan dianggap SPAM.
2. Tidak boleh menyebarkan SARA dan Pornografi.
3. Menggunakan kata-kata yang sopan dan sesuai tata bahasa indonesia yang baik dan benar agar mudah dibaca oleh admin dan komentator lainnya.
4. Komentar harus sesuai dengan isi post, jika tidak sesuai akan dianggap SARA dan SPAM.

Untuk jadwal respon bisa dilihat di halaman kontak kami
EmoticonEmoticon