Senin, 29 April 2019

Cara mudah mengatasi CMOS Battery failure

Cara mengatasi CMOS Battery failure | BIOS atau Basic input output system adalah perangkat lunak yang dapat Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST), Memuat dan menjalankan sistem operasi, Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer), serta Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services. (Wikipedia)

Sebelum komputer menyala, komputer akan melewati proses booting. Proses booting ini dilakukan oleh BIOS selaku program untuk menjalankan seluruh perangkat keras dari komputer. Program BIOS ditaruh dalam memori non-volatile dimana data tidak akan hilang jika tidak ada listrik.

mengatasi CMOS Battery failure


Walaupun disimpan dalam memori non-volatile, seluruh konfigurasi dari BIOS memerlukan sumber listrik agar dapat disimpan. Sumber listrik ini adalah baterai yang menempel pada motherboard, baterai ini disebut baterai CMOS.

Baca juga : Cara mengetahui spesifikasi komputer dengan lengkap.

Bentuk dari baterai CMOS sendiri mirip dengan baterai remote, jam tangan, yaitu bulat gepeng. Biasanya mempunyai voltase 3 volt. Jika voltase ini kurang atau bahkan tidak ada maka konfigurasi yang dilakukan di BIOS tidak akan tersimpan di memori. Error yang akan muncul jika baterai CMOS habis adalah CMOS Battery failure.

mengatasi CMOS Battery failure


Salah satu contoh baterai CMOS yang sudah rusak atau habis adalah tidak dapat menyetel jam/tanggal, jam/tanggal berubah sendiri, dan pastinya ketika booting akan diminta untuk memilih hardisk mana yang akan di boot.

Penyebab CMOS Battery failure


Penyebab dari muncul CMOS battery failure ada 2, tapi yang paling umum adalah karena usia dari baterai CMOS itu sendiri. Jika anda mempunyai komputer yang berumur 5-10 tahun maka sudah wajar jika baterai CMOS telah habis.

Baca juga : Cara melihat Windows Experience Index di Windows 10.

Penyebab kedua adalah komputer lama tidak dihidupkan. Misalnya anda tidak menyalakan komputer/laptop selama 1 tahun dan tidak dalam kondisi terhubung ke listrik atau baterai laptop dicopot maka ada kemungkinan baterai CMOS mulai lemah. Karena baterai CMOS akan tetap bekerja walaupun komputer tidak dinyalakan, terutama untuk waktu dimana tanggal dan jam akan tetap berjalan sesuai konfigurasi awalnya.

Bagaimana mengatasi CMOS Battery failure ?


Jawabannya sederhana yaitu ganti baterai. Baterai CMOS sendiri tidaklah mahal, hanya sekitar 15 rb. Selain itu juga baterai cmos banyak dijual ditoko komputer dan toko elektronik tapi lebih rekomendasi ke toko komputer karena takut voltasenya berbeda.

Jika motherboard komputer atau laptop anda masih garansi maka error CMOS battery failure juga termasuk ke dalam garansi. Silahkan anda klaim garansi sesuai merek dari komputer anda.

Selain mengganti baterai CMOS, ada 1 solusi yang pernah saya coba dan berhasil yaitu membiarkan komputer terhubung ke listrik atau tidak dicabut dari stop kontak/terminal. Cara ini memerlukan waktu karena kondisi seperti ini ibarat mengecas baterai CMOS yang sudah mulai lemah.

Baca juga : Cara memperbaiki d3dcompiler_43.dll is missing

Itulah Cara mudah mengatasi CMOS Battery failure. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.
Load disqus comments

0 komentar