Senin, 24 Desember 2018

Cara termudah mempercepat Windows 10 dijamin

Cara termudah mempercepat Windows 10 dijamin | Windows 10 adalah Windows terbaru dan terkini yang dikeluarkan oleh Microsoft. Hampir seluruh perangkat yang baru dan lama menggunakan Windows 10 sebagai OS-nya. Windows 10 sendiri merupakan penyempurna Windows 8.1 dan 8 yang dianggap gagal. Saat ini Windows 10 sudah berumur 3 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2015.

Cara termudah mempercepat Windows 10 dijamin - ikon


Windows 10 sendiri merupakan gabungan antara Windows 7 dan Windows 8 sehingga tampilannya terdapat ciri khas dari kedua Windows tersebut. Dari segi performa, sebenarnya Windows 10 ini lebih ringan dan cepat dibanding versi Windows sebelumnya namun karena beberapa fitur dari Windows 10 itu sendiri membuat Windows 10 menjadi lambat, salah satu penyebabnya adalah Windows Update.


Baca juga : Cara membuat DVD Video agar bisa diputar DVD Player

Sebenarnya fitur ini bagus yaitu agar Windows 10 tetap fresh namun terkadang aplikasi ini berjalan ketika kita sedang bekerja, bermain game, dan lain-lain sehingga tenaga komputer disedot oleh aplikasi ini. Selain itu juga, untuk Windows 10 Home ke bawah Windows Update tidak dapat dimatikan lewat pengaturan.

Selain itu juga ada banyak service dari Windows 10 yang bagusnya dinonaktifkan jika tidak perlu, karena jika nonaktifkan service tersebut dapat mempercepat Windows 10. Berikut ini Cara termudah mempercepat Windows 10 dijamin.

Langkah pertama - Menonaktifkan Service(layanan) yang tidak perlu


Windows 10 penuh dengan service yang tidak terlalu diperlukan, terkadang service ini dibuat hanya untuk melacak aktivitas anda agar dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Service dari Windows 10 ini juga yang menyebabkan hardisk selalu berjalan 100% dan membuat hang, selain itu juga membuat RAM penuh walau tidak membuka aplikasi apapun. Untuk menonaktifkan service tersebut, anda harus membuka Control Panel\System and Security\Administrative Tools - Services atau lewat Search ketikkan Services.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 1
.
Setelah itu cari service yang bernama Diagnostic Policy Service, Diagnostic Service Host, Diagnostic System Host.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 2
Klik kanan pada Diagnostic Policy Service lalu klik Properties.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 3

Ubah startup type menjadi Disable.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 4

Lakukan juga hal yang sama pada Service Diagnostic Service Host, Diagnostic System Host, Superfetch, Windows Search, dan Windows Update. Jika anda menggunakan SSD maka Windows Search tidak perlu anda nonaktifkan, menonaktifkan Windows Search dapat mengurangi hardisk yang berjalan 100% terus.

Langkah kedua - Menonaktifkan Startup App yang tidak perlu


Startup App adalah fitur dari aplikasi dimana kita tidak perlu membuka aplikasi tersebut ketika ingin menggunakannya alias aplikasi ini langsung dibuka dan dijalankan ketika Windows masuk Desktop. Disatu sisi fitur ini berguna bagi anda yang ingin langsung menggunakan suatu aplikasi tanpa harus membukanya terlebih dahulu namun disatu sisi fitur ini dapat memperlambat booting Windows dan bahkan membuat Windows hang ketika masuk Desktop.

Baca juga : Cara mengetahui Spesifikasi Komputer dengan lengkap

Oleh karena itu untuk mempercepat Windows 10 maka anda perlu menonaktifkan aplikasi yang bagi anda tidak langsung digunakan ketika menyala kecuali antivirus. Untuk menonaktifkan Startup App pada Windows 10, buka Task manager dan klik tab Startup.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 5

Setelah itu klik pada aplikasi yang menurut anda tidak diperlukan ketika komputer baru menyala setelah itu klik Disable.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 6

Namun jangan anda disable antivirus karena dapat mengancam keselamatan data pada komputer anda.

Langkah ketiga - Mengubah pengaturan pada Power Options


Power Options merupakan pengaturan baterai pada Windows, power options berfungsi untuk mengatur kapan layar harus dimatikan, kapan hardisk harus dimatikan, kapan tenaga maksimal digunakan processor dan vga, dan lain-lain. Fungsi utama Power Options adalah agar baterai laptop lebih awet namun karena power options juga membuat Windows menjadi sedikit lambat karena limit yang diberikan pada setiap hardware. Pada Windows, Power Options tertinggi adalah High Performance.

Baca juga : Cara mudah belajar mengetik 10 Jari

Untuk mempercepat Windows 10 diperlukan Power Options yang dengan pengaturan High Performance dan sedikit kustom. Untuk mengubah Power Options anda dapat membukanya di taskbar pada ikon baterai atau Control Panel\System and Security\Power Options.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 7


Jika sudah terbuka, pilih High Performance jika tersedia. Namun jika tidak tekan Change plan settings pada Power Plan yang tersedia.

Pada Plan Settings, ubah Turn Off Display dan Put the computer to sleep menjadi Never jika menggunakan Desktop, untuk masalah ini disesuaikan dengan pendapat anda. Setelah itu tekan Change Advanced power Settings.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 8

Ubah Turn Off Hard disk after menjadi 0.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 9

Ubah Wireless Adapter Settings menjadi Maximum Performance.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 10

Lalu Processor Power Management, ubah Minimum Processor state menjadi 100%, System Cooling Policy menjadi active, dan Maximum Processor Sate menjadi 100%.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 11

Langkah keempat - Menonaktifkan Background App yang tidak perlu

Windows 10 mempunyai fitur yang hampir sama dengan Android yaitu dimana aplikasi yang dijalankan tidak pernah tertutup alias berjalan pada background. Aplikasi yang berjalan pada background biasanya adalah aplikasi dari Windows Store.

Secara default semua aplikasi yang diinstal dari Windows Store maupun bawaan akan berjalan pada background, namun pada umumnya juga Windows 10 hadir dengan aplikasi bawaan yang sangat banyak dan memberatkan. Untuk mempercepat Windows 10 maka beberapa atau semua aplikasi pada background harus dinonaktifkan.

Untuk menonaktifkan Background Apps pada Windows 10 buka Start lalu Settings lalu Privacy dan pilih Background Apps.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 12

Setelah itu uncheck pada let apps run in the background, atau pilih aplikasi apa yang anda ingin tidak berjalan pada Background. Menurut saya sendiri yang bagusnya tidak dinonaktifkan adalah Windows Store, Groove Music, Movie&TV, dan Microsoft Edge.

Langkah keempat - Nonaktifkan Feedback & Diagnostics

Windows 10 juga disertakan Feedback & Diagnostics, fungsi dari kedua fitur ini adalah untuk menerima saran dari pengguna tentang Windows 10 dan digunakan untuk peningkatan Windows 10 sendiri sedangkan Diagnostics berfungsi untuk mencari solusi pada masalah yang ditemukan pada komputer anda.

Fungsi kedua fitur ini sebenarnya bagus namun kedua fitur ini juga yang membuat penggunaan hardisk dan prosessor menjadi 100%. Selain itu juga ketika kedua fitur ini sedang jalan, umumnya ram akan berkurang dan membuat Windows 10 lambat.

Oleh karena itu untuk mempercepat Windows 10 maka kedua fitur ini harus dinonaktifkan. Untuk menonaktifkan Feedback & Diagnostics buka Start lalu Settings lalu Privacy dan buka Feedback & Diagnostics.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 13

Setelah itu uncheck semua bagian yang ada, pada bagian Diagnostics data ubah menjadi Basic dan Feedback Frequency menjadi Never.

mempercepat Windows 10 dijamin - gambar 14

Kesimpulan

Windows 10 saat ini sudah berumur 3 tahun dan banyak perubahan yang dilakukan oleh Microsoft agar Windows ini semakin baik namun dari peningkatan tersebut banyak impas yang didapatkan salah satunya ya membuat Windows 10 menjadi lambat.

Tutorial ini didukung oleh hardware komputer yang bagus juga ya, jadi misalnya memang komputer anda pada dasarnya lambat dan tidak mampu menggunakan Windows maka tutorial ini tidak terlalu memberi dampak pada kecepatan Windows 10.

Itulah cara yang biasa saya lakukan untuk mempercepat Windows 10, masih ada banyak cara yang bisa membuat Windows 10 semakin ringan dan cepat. Sisa tutorialnya akan saya masukkan lagi ke artikel ini.

Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.
Load disqus comments

0 komentar