Rabu, 29 Agustus 2018

Cara membuat Forum di WordPress dengan bbPress



Forum adalah fasilitas yang berfungsi sebagai tempat diskusi, Forum via Jaringan Internet sudah ada sejak 1995. Fungsi umum Forum adalah tempat diskusi virtual yang memungkinkan kita berdiskusi dengan orang lain tanpa waktu dan tempat. Forum ada yang berupa situs contohnya Kaskus,  ada juga yang merupakan ruang chat atau diskusi pada sebuah Situs Internet seperti Plugin bbPress pada WordPress.

Wordpress ternyata juga bisa membuat Forum, tapi tetap saja fungsi Wordpress adalah Blog Tool. Untuk membuat Forum di Wordpress kita memerlukan Plugin yang bernama bbPress, untungnya adalah bbPress dibuat oleh Wordpress sendiri jadi sudah disesuaikan dengan Flatform Wordpress. bbPress dapat di unduh secara gratis pada Wordpress Plugins.

Tampilan Website Wordpress yang menggunakan bbPress :

Contoh Forum bbPress


Note : bbPress memerlukan Theme yang sudah mendukung Plugin ini, hal ini diperlukan agar hasil dari forum tersebut akan bagus dan rapi. Contoh Theme yang sudah mendukung yaitu Sahifa, Newspaper, Genesis Framework.

Baca juga : Cara optimasi database wordpress.

Jika anda berminat untuk membuat Forum menggunakan bbPress silahkan lihat langkah-langkahnya dibawah ini :

Installasi bbPress


1. Buka Wordpress Admin

2. Lalu buka Plugins -> Add New

3. Tuliskan pada Search Box ''bbPress'' (tanpa tanda kutip).

4. Jika ketemu, tekan tombol Install Now

bbPress - Plugin Install

Setelah anda menginstall dan mengaktifkan Plugin bbPress maka pada Wordpress admin akan muncul ikon baru pada Menu Bar sebelah kiri. Pada ikon-ikon baru tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda juga, Forums berfungsi untuk mengatur dan membuat sebuah forum, Topics berfungsi untuk topik yang ingin di masukkan ke dalam sebuah forums, Replies berfungsi menjawab sebuah topik yang dibuat pada forum (mirip dengan komentar).

bbPress - Ikon-ikon


Membuat Forum dengan bbPress


Sebelum kita mempublikasikan sesuatu pada Forum, kita perlu membuat Forum terlebih dahulu. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pada Menu Bar sebelah kiri tekan Forums

bbPress - Setup


2. Lalu tekan tombol New Forum pada bagian atas

bbPress - Setup2

3. Anda akan diarahkan ke dalam proses pengisian informasi mengenai Forum anda, prosesnya mirip seperti mengisi Artikel di Wordpress. Untuk menghindari kesalahan dalam proses pengisian informasi saya berikan bagian-bagian mana yang harus diisi dan diatur, selengkapnya lihat dibawah ini :

  • Title : Tulis nama Forum anda (ingat yang dimaksud disini adalah kategori atau ruang diskusi)

  • Kotak besar/Forum Editor : Isikan Deskripsi Forum anda

  • Type : Tipe Forum yang anda buat, maksudnya apakah forum atau kategori dari suatu forum

  • Status : Status dari Forum anda, maksudnya apakah terbuka untuk umum atau tertutup

  • Visibility : Perizinan menampilkan Forum, maksudnya apakah forum ini bisa dilihat oleh publik atau tidak

  • Parent : Orang tua dari Forum yang anda buat (Biasanya digunakan untuk memilih forum utama), jika anda membuat 2 forum maka parent akan berisi.

Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

bbPress - Setup3


4. Setelah itu tekan tombol Publish .

5. Untuk melihat hasil dari Forum anda, caranya adalah dengan menuliskan /forums setelah nama domain anda contoh www.example.com/forums. Jika Theme anda mendukung plugin bbPress maka tampilan dari forum anda akan terlihat bagus dan rapi.

Setelah anda membuat Forum maka tugas yang kedua adalah mengisi Topik atau artikel pada Forum tersebut karena apa jadinya forum tanpa Topik. Untuk mengisi topik atau artikel pada Forum anda, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Publikasi topik pada forum bbPress

1. Buka Topics dari Menu Bar sebelah kiri

bbPress - Publishing Topic


2. Lalu tekan tombol New Topic pada bagian atas

bbPress - Publishing Topic2


3. Dalam proses menulis Topik baru di Forum anda tidak jauh berbeda dengan menulis artikel pada wordpress namun hanya ada beberapa pengaturan yang harus diatur pada Topik yang anda buat. Pengaturan berada pada widget atau bagian Topic Attribut, Semuanya akan saya jelaskan pada bagian dibawah ini :

  • Type : Pengaturan munculnya Topic, biasanya digunakan memunculkan topik pada halaman atau bagian paling atas dan utama. Terdapat 3 Pengaturan yaitu Normal, Sticky, dan Super Sticky.

  • Status : Status atau informasi mengenai Topik anda, apakah terbuka dan bisa dilihat atau tidak. Disini kita sebagai admin bisa menandai topik yang dianggap SPAM dengan mengubah topiknya menjadi SPAM.

  • Forum : Lokasi dimana topik akan ditampilkan
Jika semuanya sudah diisi dan diatur maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

bbPress - Publishing Topic3


4. Setelah itu untuk mempublikasikan tekan Publish

Setelah itu jika Forum dan Topik sudah ada maka untuk membuat ruang diskusi yang makin seru adalah ada orang lain yang mengkomentari topik yang sedang dibukanya, untuk mengkomentari sebuah topik anda bisa membuka topik yang sedang dibahas lalu jika anda adalah pengguna terdaftar maka dibawah topik yang sedang dibahas akan kotak untuk menjawab topik tersebut seperti gambar dibawah ini :

bbPress - Contoh Reply


Untuk menambah cantiknya Forum anda, tambahkanlah Widget Forum yang telah disediakan bbPress ke Forum anda. Jika anda merasa ada yang kurang mengenai pembahasan kali ini silahkan anda buka Dokumentasi bbPress di http://codex.bbpress.org.

Baca juga : Cara membuat XML Sitemap di WordPress.

Itulah Cara membuat Forum di WordPress dengan bbPress, agar forum yang anda buat cepat diakses maka anda perlu mengaktifkan plugin W3 Total Cache atau WP Super Cache, baca tutorialnya mengenai Cara setting W3 Total Cache dengan benar 2018 dan Cara setting WP Super Cache dengan benar 2018. Jika menurut anda artikel saya ini bermanfaat silahkan di share ya, sekian dari saya.
Load disqus comments

0 komentar