Jumat, 17 Agustus 2018

Cara Backup Aktivasi Windows dan Office

Cara Backup Aktivasi Windows dan Office | Sejak dulu Microsoft selalu membuat Produknya dengan Product Key atau Lisensi untuk menggunakan Produknya, jadi sejak itu juga sudah ada pembajakan Microsoft Software.

Cara Backup Aktivasi Microsoft Windows dan Office


Ketika anda pergi ke toko Komputer dan meminta tukang service untuk menginstall-kan Komputer anda suatu Sistem Operasi atau Aplikasi dari Microsoft, maka kemungkinan besar anda tidak mengetahui Product Key yang dimasukkan ke dalam Komputer anda. Maka peran Backup Aktivasi sangatlah penting, karena untuk berjaga-jaga jika Komputer anda di Install ulang dan memerlukan Aktivasi. Untuk itu saya akan berikan cara untuk Backup Aktivasi Windows dan Office.

Backup dari Aktivasi ini bisa digunakan terus-menerus ketika anda menginstall ulang produk dari Microsoft, tapi ada beberapa syarat ketika menggunakan Backup dari Aktivasi Windows atau Office yaitu :

1. Hardware dari Komputer belum diubah. Maksudnya anda belum melakukan Upgrade maupun Downgrade pada Komputer anda.

2. Merupakan Produk asli. Maksudnya, jika anda menggunakan Windows atau Office palsu yang diaktivasi oleh Patch maka Backup Aktivasi tidak bisa digunakan.

3. Bukan Product Key OEM dari Pabrik . Maksudnya, jika anda membeli Komputer yang sudah Pre-Installed OS-nya maka Product Key tersebut juga mengikat pada Hardware dan Software, jadi kalau anda mengupdate Driver pada Komputer yang aktivasinya merupakan Backup Aktivasi dari Product Key OEM maka anda akan diminta ulang untuk aktivasi.

4. Aktivasi bukan dari KMS Service.

Jika sudah siap, Langkah-langkahnya akan dibagi menjadi dua versi. Pertama Manual dan kedua lewat aplikasi.

Versi Manual :
1. Buka Control Panel -> Appearance and Personalization -> Folder Options .  Pada jendela yang muncul, pindah ke Tab View dan tandai pada tulisan Show Hidden Files, Folders, and Drives .

Backup_MS_Activation v.1 - 1


2. Pergi ke C:Windows\System32\spp lalu Copy Folder yang ada disana ke Folder Backup anda seperti Flashdisk, Hardisk Eksternal, dll.

Backup_MS_Activation v.1 - 2


3. Pastikan juga File yang anda copy ke Backup Device, pada Folder Store - > 2.0 terdapat 1 file bernama data.dat yang tersembunyi, 1 file bernama tokens.dat yang terlihat, 1 folder dengan nama cache yang berisi file bernama cache.dat .

Backup_MS_Activation v.1 - 3


4. Untuk menggunakan Backup Aktivasi, ikuti langkah dibawah ini :

a. Buka CMD dalam Mode Administrator dan ketikan slmgr -upk , maka Windows anda akan berubah status menjadi Unlicensed

b. Restart Komputer anda dalam mode Safe boot.

c. Buka CMD (Command Prompt) dalam mode Administrator dan ketikan net stop sppsvc

d. Pergi ke C:\Windows\System32\spp lalu Pindahkan File yang anda Backup tadi (Di dalam Backup Device yang terdiri dari  data.dat, tokens.dat, cache.dat di folder cache ) ke Folder tersebut (C:\Window\System32\spp).

5. Aktivasi Windows berhasil di Backup.

Pada Cara Manual tadi, Aktivasi Microsoft Office tidak bisa dilaksanakan karena cara tersebut hanya bisa dilakukan untuk Mem-Backup Aktivasi Windows. Tapi Cara kedua yaitu lewat aplikasi, Backup Aktivasi dari Windows dan Office bisa dilakukan secara bersama-sama.

Versi backup lewat aplikasi :
1. Download Microsoft Toolkit 2.4.9 disini.

2. Setelah itu Ekstrak ke dalam Folder baru, dan jalankan Microsoft Toolkit 2.4.9 dalam Mode Administrator

3. Pada Microsoft Toolkit 2.4.9 , tekan logo Windows pada bagian kanan bawah.

Backup_MS_Activation v.2 - 1


4. Lalu tekan Tab License Backup pada Jendela Microsoft Toolkit 2.4.9

Backup_MS_Activation v.2 - 2


5. Ikuti Langkah Backup dibawah ini :

a. Tuliskan nama Backup pada kotak Backup name , lalu tekan tombol Backup dan biarkan Proses berjalan

Backup_MS_Activation v.2 - 3


b. Nanti akan muncul Jendela baru yang meminta Product Key yang urutan belakangnya disebutkan, seperti contoh gambar dibawah ini :

Backup_MS_Activation v.2 - 4


c. Isikan saja Product Key yang urutan belakangnya sama dengan yang disebutkan oleh Microsoft Toolkit, jika anda tidak tahu product key-nya download aplikasi bernama CPP-ProductKey Finder disini untuk melihat product key Microsoft Office atau Windows, kalau sudah tekan tombol Enter dan biarkan proses berjalan. Jendela ini akan muncul terus sebanyak Produk Microsoft yang terinstall pada Komputer anda.

d. Jika sudah kotak Informasi dibawah akan menunjukan Proses telah berhasil

6. Nanti akan terbentuk Folder Backup di dalam Folder yang terdapat Microsoft Toolkit 2.4.9 . Salinlah Folder hasil Ekstrak tadi yang berisi Microsoft Toolkit 2.4.9 dan Folder Backup tersebut ke dalam Backup Device seperti Flashdisk, HDD Eksternal, dan Cloud Storage.

7. Ikuti petunjuk dibawah ini untuk Restore Aktivasi :

a. Jalankan Microsoft Toolkit 2.4.9 dalam mode Administrator

b. Pada Microsoft Toolkit 2.4.9 , tekan logo Windows pada bagian kanan bawah. Lalu tekan Tab License Backup pada Jendela Microsoft Toolkit 2.4.9 .

c. Pilihlah File Backup yang sudah anda buat pada Backup name , lalu Disconnect Internet dan tekan tombol Restore

Backup_MS_Activation v.2 - 5


d. Biarkan Proses berjalan

8. Proses Backup dan Restore Aktivasi Windows dan Office berhasil dilakukan.

Fungsi dari Backup Aktivasi Windows dan Office adalah memudahkan anda mengaktivasi Produk Microsoft tanpa harus terkoneksi ke Internet, dan memudahkan anda mengaktivasi Produk Microsoft yang kita tidak ketahui apa Product Key-nya.

Itulah Cara Backup aktivasi Windows dan Office, jika ada bagian-bagian yang tidak anda mengerti silahkan tanya lewat komentar dan jika bagi anda bermanfaat tolong di share, sekian dari saya.
Load disqus comments

0 komentar