Selasa, 06 November 2018

Cara membuat DVD Video agar bisa diputar DVD Player

Cara membuat DVD Video agar bisa diputar DVD Player | DVD/CD Player adalah alat untuk memutar musik dan video yang berasal dari kaset CD atau DVD. DVD Player yang mampu menguatkan Speaker atau mempunyai Speaker bawaan dinamakan Home Theater. Kebanyakan orang mempunyai DVD Player, entah itu untuk menonton film atau memutar lagu.

Cara membuat DVD Video agar bisa diputar DVD Player


Tapi apakah anda pernah ingin memutar film yang anda buat sendiri di DVD Player ? Apa hasilnya jika anda langsung burning film tersebut langsung ke DVD dan menyetelnya ke DVD Player. Pasti hasilnya no disc atau bahkan dvd tersebut ditolak. Kenapa demikian ?

Biasakan baca artikel (dimana pun itu) dengan teliti dan lengkap.

DVD/CD Player di desain hanya mampu membaca format file yang ditentukan dari pabrik. Untuk kategori video, format file video tersebut harus dalam bentuk .vob atau DVD Video, jika terdapat format file selain itu maka DVD Player tidak dapat membaca. Kecuali untuk kategori audio, seluruh file audio seperti mp3, wav, dan lain-lain dapat langsung di burning ke dvd dan langsung bisa di baca DVD Player.

Bluray/DVD Player


Bagaimana membuat DVD Video dari video atau film yang kita miliki ? Jawabannya kita harus meng-convert video yang kita miliki menjadi format .vob atau DVD Video. Untuk membuat DVD Video kita perlu menggunakan software converter. Dari pengamatan saya sendiri banyak yang menyarankan untuk menggunakan Nero Burning atau Nero Video, tapi menurut saya sendiri software ini ada kelemahannya terutama masalah output video dimana terdapat penurunan kualitas Video, selain itu software Nero sendiri berbayar dan dapat error jika menggunakan versi bajakan.

Baca juga : Jenis - jenis Speaker Driver dan fungsinya.

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan Cara membuat DVD Video agar bisa diputar DVD Player dengan software AVStoDVD. Kelebihan software ini adalah gratis jadi tidak ada namanya crack, kedua output audio video sama dengan file, ketiga dapat membuat menu sendiri. Kekurangan yang saya rasakan adalah lama proses mengubah dan lebih banyak menggunakan resource CPU dibanding GPU.

Berikut ini langkah-langkah Cara membuat DVD Video agar bisa diputar DVD Player :
1. Dowload K-Lite Codec Pack disini. (skip jika sudah diinstal/didownload)
2. Download AVstoDVD disini.
3. Download ImgBurn disini.
4. Instal K-Lite Codec Pack terlebih dahulu, setelah itu AVStoDVD dan ImgBurn.
5. Jika ketiga software diatas sudah diinstal, buka AVStoDVD.
membuat dvd video - pic1

6. Tekan tambah pada bagian kanan untuk memasukkan video, setelah itu pilih video yang ingin anda masukkan.
membuat dvd video - pic2
7. Setelah itu tekan output pada bagian atas dan pilih ISO UDF Image. Fungsinya adalah hasil dari proses pembuatan DVD Video akan otomatis dalam format ISO sehingga memudahkan untuk di burning.
membuat dvd video - pic3

8. Untuk membuat DVD Menu tekan DVD Menu pada bagian atas lalu klik Run Editor. Disini anda bisa membuat DVD Menu sendiri. Pada contoh saya hanya membuat dua opsi, satu play all dan satunya video select.

membuat dvd video - pic4


Pada Menu Editor, ubah mode menjadi edit. Pilih objek yang mau diubah pada Menu item, misalnya saya mengubah judul menu DVD, caranya tekan Menu Title lalu pada box label isi dengan judul yang diinginkan. Jika proses editing sudah selesai tekan x lalu yes.

membuat dvd video - pic5

9. Jika semua dirasa sudah siap, tekan Start lalu Ok untuk memulai proses. Pada default, lokasi hasil pembuatan DVD Video terdapat pada folder C:/Users/Video. Fungsi software ImgBurn adalah untuk membuat file ISO UDF, jika software ini belum anda instal pada langkah ke 4 maka hasil yang didapatkan adalah folder Video_TS dan Audio_ TS yang harus diubah lagi menjadi ISO dan baru bisa di burning.
membuat dvd video - pic6

membuat dvd video - pic7

10. Proses selesai. File siap untuk di burning.
membuat dvd video - pic8

Software ini juga dapat memasukkan subtitle pada video yang diinginkan, jika sebelumnya video tersebut telah terdapat subtitle maka hasil yang didapatkan pada juga sama. Tidak seperti Nero Video dimana video yang sudah ada subtitle beserta video track-nya jadi hilang. 

Kualitas Video juga ditentukan seberapa banyak kapasitas yang dipakai video, misalnya anda memasukkan 4 video berukuran 2gb Full HD maka kualitas yang didapatkan akan setara dengan 480p, jadi masukkan video sesuai kebutuhan dan ukuran DVD.

Itulah Cara membuat DVD Video agar bisa diputar DVD Player. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.
Load disqus comments

0 komentar