Jumat, 22 Juni 2018

Tips agar bass pada speaker lebih mantap

Tips agar bass pada speaker lebih mantap - Alqisyan Blog


Bass atau nada rendah adalah frekuensi suara yang berada pada rentang 32Hz sampai 512Hz. Nada rendah ini apabila dimasukkan ke dalam lagu dapat membuat kita semangat, apalagi lagunya yang dapat mengajak kita bergoyang seperti dangdut. Pada Speaker, nada rendah atau bass ini dikeluarkan oleh Speaker Woofer, Subwoofer, dan Full range. Walaupun sudah dikeluarkan oleh Speaker yang sesuai, apakah anda merasa bass yang dikeluarkan oleh Speaker kurang mantap.

Ada banyak sebab bass pada Speaker kurang mantap, salah satunya adalah daya keluaran Speaker yang kecil. Speaker Woofer/Subwoofer yang mempunyai daya keluaran 1000 Watt dapat membuat dada anda sesak dibanding dengan Woofer/Subwoofer yang mempunyai daya 100 Watt.

Baca juga : Jenis - jenis Speaker Driver dan fungsinya.

Selain itu juga penyebab bass kurang mantap adalah karena salah penggunaan Amplifier. Amplifier 1000 Watt haruslah digunakan pada Speaker dengan daya keluaran 1000 Watt juga, jika menggunakan Amplifier 300 Watt pada Speaker 1000 Watt maka suara yang dihasilkan(termasuk bass) akan berkurang. Jika kedua diatas sudah dilaksanakan tapi Bass pada Speaker masih kurang, berikut ini Tips agar bass pada speaker lebih mantap.

Biasakan baca artikel (dimana pun itu) dengan teliti dan lengkap.

Ganti Speaker Woofer/Subwoofer dengan daya yang lebih besar


Seperti pada pembicaraan sebelumnya, Bass yang dihasilkan Speaker dengan daya keluaran 1000 Watt akan sangat terasa dengan Speaker 100 Watt. Jadi solusi untuk mendapatkan Bass yang lebih mantap dan nendang adalah mengganti Speaker Woofer/Subwoofer dengan daya yang lebih besar.



Misalnya sebelumnya anda mempunyai Woofer 10 inch dengan daya 100 Watt maka ganti Woofer tersebut dengan Woofer yang daya keluaran misalnya 300 Watt. Perbedaan 200 Watt ini sudah dapat membuat Bass jauh lebih mantap.

Gunakan Amplifier yang sesuai dengan Speaker


Bass pada Speaker juga bergantung pada Amplifier yang digunakan, jika Amplifier yang digunakan tidak dapat atau kurang mengangkat Speaker maka Bass yang dihasilkan juga akan berkurang. Namun penggunaan Amplifier yang terlalu besar daripada kemampuan Speaker dapat membuat Speaker meledak dan tidak dapat digunakan.

Power Amplifier - Sumber : crutchfield

Oleh karena itu solusi agar mendapatkan Bass yang mantap pada Speaker, gunakan Amplifier yang sesuai dengan Speaker atau yang daya keluarannya hampir sama dengan daya keluaran Speaker.

Pasang Tone Control pada Amplifier


Jika kedua tips diatas telah dilakukan tapi Bass masih juga kurang maka solusi selanjutnya adalah memasang Tone Control pada Amplifier. Tone Control berfungsi untuk menguatkan dan mengurangi frekuensi yang diinginkan. Tone Control terdapat 2 versi, versi pertama hanya untuk mengontrol Bass dan Treble sedangkan versi kedua dapat mengontrol Bass, Vokal, dan Treble.

Tone Control bawaan Amplifier

Biasanya Amplifier yang dijual dipasaran sudah terdapat Tone Control, namun jika Amplifier milik anda tidak terdapat Tone Control maka anda dapat membuatnya atau membeli kitnya.

Gunakan Equalizer


Tips keempat ini tidak jauh berbeda dengan yang ketiga yaitu menggunakan Equalizer. Perbedaan Equalizer dengan Tone Control adalah nada yang dapat dikontrol. Tone Control umumnya hanya dapat mengontrol Bass, Vokal, dan Treble sedangkan Equalizer dapat mengontrol nada dari 30Hz sampai 20KHz.

equalizer dbx
Equalizer Dual Channel 15 Band - Sumber: dbx 

Equalizer biasanya terdapat pada Amplifier namun lebih dominan Tone Control. Harga Equalizer bervariasi tergantung Frekuensi nada yang dapat dikontrol. Umumnya 10 hingga 20 Band Equalizer dihargai 500 ribu hingga 3 jutaan tergantung merek dan fiturnya.

Jika menurut anda Equalizer itu mahal maka anda dapat membeli kit Equalizer dan merakitnya. Untuk alternatif, anda dapat menggunakan Equalizer bawaan pada hp atau komputer.

Memodifikasi Tone Control


Jika anda mempunyai Amplifier dengan Tone Control namun Bass juga masih kurang terasa, mungkin anda perlu memodifikasi Tone Control tersebut. Umumnya Tone Control menguatkan Bass namun pada frekuensi 80Hz yang mana Bass pada frekuensi tersebut kurang nendang dibanding dengan frekuensi 60Hz.

Contoh Rangkaian Tone Control

Menurut saya pada rangkaian Tone Control ini yang perlu diubah adalah resistor dan kapasitor yang menuju ke potensiometer karena kedua komponen tersebut berperan untuk memotong dan menguatkan frekuensi yang diinginkan. Untuk tutorial modifikasi Tone Control dapat anda cari di Google.

Merubah Box Speaker


Kinerja Speaker Woofer atau Bass tergantung oleh box Speaker yang digunakan. Karena Speaker Woofer/Subwoofer memerlukan volume udara yang cukup untuk membuat bass. Jika volume udara pada Speaker lebih besar atau lebih kecil daripada kemampuan Speaker maka bass yang dihasilkan akan kurang bertenaga. 

Untuk merubah volume udara pada Box Speaker anda hanya perlu menambahkan 1 papan kayu namun jika volume udara yang dibutuhkan kurang maka tidak ada cara lain selain mengganti box Speaker ke box Speaker yang sesuai.

Volume udara yang dibutuhkan Speaker Woofer/Subwoofer dapat anda lihat pada kertas manual yang tersedia pada Box penjualan Speaker.

Merubah ukuran dan panjang ventilasi/lubang Box Speaker


Lubang/ventilasi Box Speaker adalah pipa yang memungkinkan udara diluar Speaker dapat keluar masuk ke dalam Box Speaker. Dalam bahasa inggris, Speaker jenis ini disebut Ported-Speaker. Kelebihan Speaker yang menggunakan lubang/ventilasi adalah Bass yang dihasilkan lebih nyaring dan nendang dibanding dengan Speaker tanpa ventilasi/Sealed-Speaker.

Umumnya Speaker Woofer memerlukan lubang/ventilasi dengan ukuran 3,5 Inch sedangkan untuk Subwoofer 4 inch ke atas. Ukuran lubang/ventilasi ini ditentukan dengan kemampuan Speaker juga, karena untuk Speaker dengan ukuran 10 Inch ke atas diperlukan udara yang cukup banyak untuk menghasilkan Bass.

Contoh Spesifikasi dan penggunaan Speaker
Contoh Spesifikasi dan penggunaan Speaker


Untuk memperkuat suara Bass, anda dapat mencoba untuk merubah panjang lubang/ventilasi Speaker. Semakin panjang pipa ventilasi Speaker maka semakin besar Bass yang dihasilkan, namun jika terlalu panjang dapat menghilangkan Bass. 

Kebutuhan ukuran dan panjang lubang/ventilasi Box Speaker sudah diberikan produsen lewat kertas manual yang sepaket dengan Speaker.

Kesimpulan


Menurut saya, faktor yang dapat mempengaruhi kualitas bass pada Speaker adalah daya keluaran Speaker, tone control/equalizer, dan box Speaker. Karena berdasarkan pengalaman, Speaker yang punya daya keluaran besar dan lubang/ventilasi yang lebih besar/panjang mempunyai Bass yang mantap. 

Tone Control atau Equalizer hanya menguatkan nada yang diinginkan jika input suara kurang mempunyai bass atau treble. Selain itu juga, Crossover berperan terhadap kualitas Bass yang dihasilkan Speaker, baca mengenai Apa itu Crossover dan fungsinya pada Speaker.

Itulah Tips agar bass pada speaker lebih mantap. Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini atau koreksi silahkan tanya di kontak kami atau di komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung jadi amal. Sekian dari saya.
Load disqus comments

0 komentar