Jumat, 02 Maret 2018

Download soal SBMPTN Saintek tahun 2017

logo SBMPTN


Download soal SBMPTN Saintek tahun 2017 | SBMPTN adalah salah satu jalur untuk masuk ke perguruan tinggi di Indonesia dengan mengikuti serangkaian tes yang terdiri dari TKD(Tes Kemampuan Dasar) dan TKPA(Tes Kemampuan Potensi Akademik. SBMPTN sendiri merupakan jalan kedua untuk masuk ke PTN setelah tidak lolos SNMPTN. SNMPTN atau seleksi nilai masuk perguruan tinggi nasional merupakan jalur masuk PTN versi undangan atau menggunakan prestasi/nilai sekolah.

Pengalaman saya sendiri ketika mengikuti SBMPTN ya bimbang dan takut tidak lulus (itu pasti), ditambah lagi materi dari soal SBMPTN itu rata-rata diambil dari SMA sedangkan saya sendiri SMK jadi ditambah bingung lagi karena materi IPA di SMK itu sedikit banget. Belum lagi soal dari SBMPTN itu banyak dan waktu ujiannya yang cukup sebentar, untuk TKD ada 60 soal dengan waktu kurang lebih 105 menit dan TKPA ada 90 soal dengan waktu ujian 1 jam 45 menit.



Tapi ternyata usaha selalu membuahkan hasil, saya sendiri lolos masuk PTN lewat SBMPTN walau materi soalnya banyak dari SMA tapi kalau dipaksa belajar ya pasti bisa. Saat ini saya kuliah di Universitas terbaik di daerah saya yaitu Universitas Tanjungpura.



Menurut saya sendiri kunci sukses lulus masuk PTN lewat SBMPTN bukanlah mengerjakan soal seluruhnya dengan benar melainkan bagaimana cara kita mengisi soal. Soalnya kawan saya yang mengisi semua soal SBMPTN tidak lulus SBMPTN sedangkan saya tidak menjawab semuanya lulus, jadi mirip mengisi soal dengan strategi. Bukan cerita lagi kalau SBMPTN mempunyai cara penilaian benar diberi poin 4, salah dikurangi 1 poin dan tidak isi diberi poin 0. 

Selain itu juga logika dan kemampuan berpikir cepat anda akan diuji pada sesi ujian TKPA, bayangkan saja ada 90 soal dan harus dikerjakan secepatnya selama 1 jam 45 menit. Di sesi ujian ini logika anda akan lebih banyak digunakan karena semua soalnya pasti menghasilkan jawaban yang sama-sama benar alias abcd itu benar semua tapi jika menggunakan logika maka akan ada 1 jawaban yang paling benar. Sayangnya soal TKPA tidak boleh dibawa pulang jadi tidak bisa dipelajari ulang.

Sebagai rasa syukur saya yang dulu ikut SBMPTN dan lulus, saya akan membagikan soal SBMPTN yang pernah saya kerjakan dulu. Paling tidak soal yang saya bagikan ini sebagai sarana untuk melatih diri anda mengerjakan soal SBMPTN yang sesungguhnya.

Berikut ini soal SBMPTN tahun 2017 :


Untuk mendownload silahkan klik disini.

Mohon untuk tidak membuat link download versi mirror, hargailah kerja admin yang capek-capek men-scan soal ini.

Sekedar Informasi soal ini merupakan soal SBMPTN jenis ujian TKD(Tes Kemampuan Dasar) Saintek dengan paket 125, berisi 60 soal yang terdiri dari Matematika minat(IPA), Fisika, Kimia, dan Biologi. Silahkan dipelajari dan dikerjakan soal SBMPTN yang saya bagikan dan semoga anda lulus SBMPTN dan masuk ke PTN yang anda inginkan.

Hak Cipta Soal SBMPTN ini milik Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2017.

loading...
Load disqus comments

0 komentar