Rabu, 07 Maret 2018

Cara Mining Cryptocurrency walau harga VGA mahal

Cara Mining Cryptocurrency walau harga VGA mahal


Cara Mining Cryptocurrency walau harga VGA mahal | Demam Mining Cryptocurrency masih terasa hingga saat ini walau sudah pergantian tahun. Salah satu efek dari demam Mining Cryptocurrency yang kita ketahui adalah langkahnya stok VGA. Dari sekelas GTX1080Ti/RX 580 hingga kelas bawah sekali seperti GTX1050Ti/RX 560 semuanya outstock alias kosong. Kalaupun ada harganya tidak masuk akal, sejak kapan RX580 harganya 8 juta dan GTX1080Ti 20 juta ?. Stok kosong dari VGA ini juga yang membuat harga Bitcoin/Cryptocurrency lainnya masih tetap. Tapi apakah masih ada cara untuk tetap Mining Cryptocurrency walau harga VGA mahal.


harga gtx 1080ti di google


Tentunya masih ada cara tapi cara ini tidak akan mengganggu ekosistem dari stok VGA. Salah satunya adalah dengan membeli Hashpower di penyedia Cloud Mining. Di Cloud Mining, anda dapat membeli Hashpower sepuas hati tanpa harus khawatir tidak mendapatkan stok karena Cloud Mining menggunakan Hardware khusus sehingga jarang outstock(walaupun ada juga).

Berikut ini Cara Mining Cryptocurrency walau harga VGA mahal :

- Membeli Hashpower di Cloud Mining

Seperti penjelasan saya sebelumnya diatas, membeli Hashpower di Cloud Mining adalah saat yang tepat karena harga Bitcoin belum mendadak naik seperti tahun lalu dan juga karena stok Hashpower di Cloud Mining yang masih tergolong mudah didapatkan. Contohnya anda bisa mendapatkan 10GH/s untuk Mining Bitcoin dengan harga $1.8. Untuk informasi mengenai Cloud Mining dapat anda lihat pada post ini.

Hashpower - Hashflare

- Membeli PC Desktop/Komputer Pre-Build/OEM

Cara kedua adalah dengan membeli komputer yang sudah dirakit oleh pabrik seperti Asus, Dell, HP, dll. Dengan harga 18 juta anda bisa mendapatkan komputer dengan spek Ryzen R7 1700x RX580/GTX1060 dan pastinya sudah mendukung Mining. Kita juga tahu kalau R7 1700X merupakan prosessor yang bagus untuk Mining, jadi dapat 2 sumber Hashpower untuk Mining yaitu VGA(GTX1060/RX580) dan CPU(R7 1700X/1800X).

PC AMD Ryzen pre-build


Namun ada kekurangan juga dari membeli Komputer Pre-Build/OEM yang ditujukan untuk Mining yaitu harganya yang mahal untuk sekelas GTX1060/RX580 dan juga kualitas pendingin dari Komputer tersebut yang kurang mantap(untuk versi OEM).

- Merakit Komputer dengan Prosessor Ryzen R7 1700X/1800X atau Ryzen Threadripper Series

Kita tahu bahwa Prosessor merupakan hardware Mining terburuk karena memberikan Hashpower yang kecil namun menggunakan listrik yang banyak namun itu semua berubah ketika Ryzen R7 dan Threadripper lahir. Dari beberapa sumber yang saya temukan, Prosessor Ryzen merupakan hardware Mining yang boleh dikatakan performanya hampir sama dengan RX Vega 56 terutama seri Threadripper. Kenapa ? karena Hashpower untuk Mining XMR(Monero) Ryzen Threadripper adalah 1KH+, kurang lebih sama dengan RX Vega 56. Untuk R7 1700X/1800X memiliki Hashpower yang agak lebih kecil yaitu sekitar 600H hingga 800H.



Walaupun hasil yang didapatkan tidak sebesar Mining dengan VGA, Mining dengan kedua seri dari Prosessor AMD Ryzen ini cukup untuk mendapatkan 600 ribu sebulan (belum dikurangi harga listrik, harga bitcoin 130 juta). Ya paling tidak ada mengumpulkan koin sampai menunggu stok VGA kembali normal. Namun ada juga kekurangan dari Mining dengan Prosessor AMD Ryzen R7/Threadripper Series ini yaitu harga Prosessor dan Mainboardnya(untuk Ryzen Threadripper) yang mahal.

- Membeli VGA lawas (jika dapat 😁)

Cara yang keempat adalah membeli VGA lawas. Pada artikel yang ini, pernah saya sebutkan bahwa VGA seri GTX900 dan R9 Series bagus untuk Mining. Nah saat ini adalah waktu yang tepat bagi anda untuk berburu VGA lawas ini, mau yang masih baru maupun bekas. Selain itu juga harga VGA lawas tergolong murah bahkan sudah separuh dari harga aslinya.

AMD Radeon HD 7990


Apalagi VGA bekas, sudah pasti murah namun perlu diingat pula bahwa anda harus memastikan VGA bekas ini apakah bekas Mining atau Gaming, soalnya banyak juga ex-Miner yang jual VGAnya dan bilang ini VGA bekas main game, jadi telitilah sebelum membeli. 

VGA lawas yang masih cocok untuk Mining saat ini adalah GTX970/980/980Ti dan R9 380/380X/390/Fury X. Untuk Fury X dan R9 390 ini hanya untuk referensi karena kita juga tahu VGA ini sangatlah boros tapi tidak menutup kemungkinan anda dapat mengubahnya menjadi irit.

- Membeli ASIC Miner/Miner khusus Cryptocurrency

Dan cara yang terakhir adalah dengan membeli Miner khusus Cryptocurrency itu sendiri seperti Antminer S7 untuk Mining Bitcoin. Kalau cara ini semua orang sudah pasti tahulah 😁. Tapi itu memang kenyataan, jika VGA masih belum in-stock maka tidak ada cara lain selain stop Mining atau beli Miner khususnya langsung (walau trading Bitcoin juga bisa sih😂).

Antminer L3+


Itulah Cara Mining Cryptocurrency walau harga VGA mahal. Jika anda mempunyai pertanyaan atau saran silahkan tanya dikomentar atau kontak kami. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong dishare, ya hitung-hitung pahala juga. Sekian dari saya.
loading...
Load disqus comments

0 komentar