Sabtu, 27 Januari 2018

Cara merekam kaset Tape menjadi file MP3

Cara merekam kaset Tape menjadi file MP3


Cara merekam kaset Tape menjadi File MP3 | Siapa yang tidak kenal dengan kaset Tape ? Tape adalah kaset yang menggunakan pita magnetik untuk menyimpan data. Tape mulai ada pada tahun 1935, pertama kali dikembangkan oleh Philips. Tape mempunyai banyak jenis kapasitas, kapasitas standar adalah 30 dan 45 yang biasa ditulis C30/C45 pada tape. Kelebihan Tape yang paling kita ketahui adalah jika pitanya putus dapat disambung lagi. Kekurangannya dari Tape adalah jika pita kusut maka suara yang dikeluarkan jelek selain itu juga untuk skip musik maka kita harus tunggu sampai pita tersebut memuat musik yang kita maksud. Kejayaan Tape berakhir ketika ditemukan CD atau Compact Disk.

Dirumah saya sendiri banyak sekali kaset Tape ini, semuanya ya pasti punya orang tua. Beberapa dari kaset Tape yang orang tua saya simpan rata-rata musik yang sulit dicari karena musik tersebut tidak dilakukan re-recording atau direkam kembali ke file yang berbeda(digital). Walaupun ada banyak musik yang sudah direkam ulang oleh perilisnya tapi bagi saya suara yang dihasilkan dari data analog dengan digital agak sedikit berbeda(ya pasti karena file digital kualitasnya lebih bagus), suara dari media penyimpanan analog lebih mempunyai ciri khas tersendiri karena musik langsung dimasukkan ke Tape jadi lebih kelihatan real. Suara khas ini juga didapat dari kaset piringan hitam.

Sony Walkman
Pemutar Kaset Tape Portable - Sony Walkman
Sumber : Wikipedia

Mengingat yang namanya barang pasti ada kala usang dan rusak, maka waktu itu saya berencana menyimpan semua musik dari kaset Tape menjadi file mp3 atau digital tapi ya karena Tape hanya bisa diputar menggunakan Tape player, jadi saya cari ide bagaimana merekam musik dari Tape dengan kualitas yang bagus tanpa harus memegang Mic di depan Speaker. Pengalaman tersebut akan saya bahas pada artikel ini dengan judul Cara merekam kaset Tape menjadi File MP3, ya paling tidak blog ini tidak membahas Bitcoin Mining terus :v .

Bahan

  1. Kabel RCA(Merah-putih)-3.5mm Jack (biasanya digunakan untuk memutar musik dari hp ke amplifier).
    Kabel RCA to 3.5mm Jack
    Kabel RCA to 3.5mm Jack
  2. Komputer atau Laptop(khusus Laptop, pastikan mempunyai Jack Mic).
  3. Tape Player.
  4. Kaset Tape itu sendiri.
Kualitas suara dari tutorial ini ditentukan dengan bagusnya Head pembaca Tape, jika sudah kotor atau rusak maka suara yang dihasilkan dan direkam juga buruk maka pastikan Head pembaca Tape masih bersih atau bagus.

Langkah 

1. Pertama Download Software rekam Audacity disini dan Lame disini.
2. Setelah itu install kedua software tersebut.
3. Siapkan Tape Player, disini saya menggunakan Tape Player+Stereo Receiver Polytron. Masukkan kaset Tape ke Tape Deck.
Tape Player+Stereo Ampilfier
Tape Player+Stereo Ampilfier

Kaset Tape yang akan direkam
Kaset Tape yang akan direkam


4. Hubungkan kabel RCA-3.5mm Jack(yang merah putih) ke Output/Line Out dari Tape Player/Amplifier. Saya sarankan gunakan Output dari Amplifier/Tape Player yang sifatnya Bypass atau lewat dari proses Amplifing karena jika sudah masuk ke Proses Amplifing suara yang direkam akan terdengar sangat nyaring dan terkadang hilang beberapa nadanya(jika ada Equalizer pada Ampli maka suara yang direkam juga berubah gara-gara Equalizer tersebut).
Line Out pada Ampli
Port Line Out Ampli saya

5. Hubungkan kabel RCA-3.5mm Jack(yang 3.5mm Jack) ke input Line In(untuk PC) atau Mic(untuk Laptop).
Port Mic pada laptop
Kabel 3.5mm yang terhubung ke port Mic di Laptop

6. Buka Audacity. Pada bagian Recording Device pilih Line In(untuk PC) atau Microphone(untuk Laptop), atur Recording Volume menjadi 0.5 supaya hasil rekaman tidak terlalu nyaring.
Audacitiy - Volume dan Input Source

7. Tekan Record pada Audacity(yang ikonnya bulat warna merah). Lalu pada Tape Player, tekan Play.
8. Jika pada Audacity ada gambar grafik gelombang suara berwarna biru berarti rekaman berhasil masuk ke dalam komputer anda.
Audacitiy - Perekaman berjalan

Proses perekaman - bagian alat
Proses ketika perekaman berjalan


9. Tunggu sampai musik dari Tape Player selesai diputar. Jika sudah selesai, pada Audacity tekan stop(yang ikonnya kotak hitam).
10. Setelah itu Save dengan cara klik File lalu Save. Jika ada menu tekan saja yes. Lalu Save Project dengan nama yang anda inginkan.
Audacitiy - Save Project

11. Setelah Project telah disimpan, maka langkah selanjutnya adalah mengexport hasil rekaman tadi menjadi File MP3. Caranya klik File lalu Export lalu Export as MP3. Setelah itu tulis nama rekaman yang anda inginkan lalu tekan Save.
Audacitiy - Export as MP3

12. Nanti akan muncul error seperti ini.
Audacitiy - Lame

Jika pada langkah kedua anda telah menginstal Lame maka yang perlu dilakukan adalah memberitahu Audacity dimana Lame tersebut berada. Caranya tekan browse lalu arahkan ke direktori C:/Program Files(x86)/Lame For Audacity lalu tekan file yang tertera lalu Open.
Audacitiy - Lame2
13. Pada error sebelumnya(langkah ke-12) langsung saja tekan Oke. Akan muncul Form pengisian Informasi File rekaman/MP3.
Audacitiy - MP3 Information

Silahkan saja isi sesuai data yang ada pada kaset Tape. Misalnya saya merekam kaset Tape Best Disco 96 maka saya mengisi Form Informasi File MP3 akan seperti gambar dibawah ini.
Audacitiy - MP3 Information2

Jika pun anda tidak ingin memberikan Informasi apapun maka langsung saja tekan Oke dan proses Export akan bekerja.
14. Hasil rekaman berhasil dijadikan File MP3. Lokasi File tersebut secara default berada di Documents/Audacity.
Audacitiy - File Location


Software Audacitiy juga dapat mengedit musik/lagu yang sudah ada, misalnya anda mempunyai musik yang terdapat bagian yang jelek dan anda ingin menghapusnya maka anda dapat menggunakan Software Audacitiy untuk menghapusnya.

Tutorial ini dapat juga digunakan untuk merekam musik yang berasal dari piringan hitam karena langkah-langkah yang digunakan sama. Menurut saya sendiri ketika proses perekaman lebih cocok menggunakan Komputer karena terdapat port Line In. Line In sendiri berfungsi untuk Input suara tanpa Amplifier, kualitas suara yang dihasilkan juga lebih bagus daripada menggunakan port Mic.

Itulah Cara merekam kaset Tape menjadi file MP3. Jika ada yang ingin anda tanyakan mengenai artikel ini atau sekedar saran silahkan tanya di komentar atau Kontak kami. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share, hitung-hitung pahala juga membantu orang lain. Sekian dari saya.
loading...
Load disqus comments

0 komentar