Minggu, 03 Desember 2017

Panduan memulai Mining Bitcoin bagi pemula

Tutorial memulai Mining Bitcoin bagi pemula | Bitcoin, mata uang digital ini memang sangat menarik. Wajar saja, dalam tahun 2017 yang sudah menjelang akhir ini harga bitcoin sudah meroket menjadi 157.799.800 (3/12). Karena harga yang tinggi ini juga yang membuat banyak orang makin semangat untuk memulai Mining Bitcoin.

Tapi kebanyakkan orang menganggap Mining Bitcoin itu harus mempunyai banyak Hardware atau Mining Rig seperti yang banyak beredar di Internet. Sebenarnya tidak harus juga menggunakan Hardware khusus Mining Bitcoin seperti Antminer S7 atau menggunakan PC dengan VGA yang hingga 10 buah. Sebenarnya Mining Bitcoin(Altcoin-Bitcoin) hanya perlu Hardware secukupnya dan kalau ada modal lebih, bagusnya digunakan untuk membeli Hardware baru yang akan hadir dimasa depannya.

Biasakan Baca artikel atau apapun itu dengan teliti,seksama, dan menyeluruh 😁.

Saya sendiri saat ini Mining masih menggunakan Hardware yang kalau pengunjung blog ini konsultasi ke saya mengatakan "Apa tidak lama menghasilkan Bitcoin dengan Hardware seperti itu ?". Saat ini saya Mining dengan Spek komputer Intel Core i5 2320 3Ghz, 10GB Ram, dan GTX960 2GB. Lalu saya katakan saja "Intinya dalam Mining Bitcoin itu kita dapatkan dulu koinnya, mau banyak atau sedikit setelah itu tunggu harga Bitcoin naik baru ditukarkan menjadi rupiah."

Untuk memulai Mining Bitcoin, anda harus memilih yang mana lebih cocok dengan anda dan tidak menghasilkan kerugian kedepannya. Sebenarnya artikel ini harus ada sebelum artikel mengenai Cara Mining Bitcoin tapi tidak apalah, Berikut ini Panduan memulai Mining Bitcoin bagi pemula.

Pilih Metode Mining

Dalam dunia Mining Bitcoin ada dua cara untuk memulai Mining Bitcoin, pertama lewat Cloud Mining dan kedua yaitu Local Mining/Mining sendiri. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Kelebihan Cloud Mining adalah tidak perlu menyiapkan segala alat namun kekurangannya adalah ada biaya perawatan, keamanan akun, scam, dan masa aktif Mining. 

Sedangkan kelebihan Local Mining/Mining sendiri adalah pasti terjamin hasilnya, tidak ada biaya perawatan, Mining selama yang anda mau. Namun kekurangan Local Mining adalah anda harus menyiapkan Hardware, listrik, pendingin ruangan, keamanan, dan harus memantau terus Miningnya. Untuk informasi mengenai Cloud Mining bisa anda lihat disini.

Hashflare Cloud Mining - Panduan memulai Mining Bitcoin bagi pemula
Contoh Cloud Mining


Kalau saya sendiri memihak 50:50 mengenai Platform Mining, saya sendiri memiliki 0,5TH di Cloud Mining dan juga Mining sendiri. Menurut saya lebih baik 50% Mining di Cloud Mining dan 50% di Local Mining karena jika kita stop Local Mining kita maka Cloud Mining yang akan menjaga Bitcoin tetap masuk ke Wallet kita. 

Pilih Platform Mining


Setelah anda memilih Metode Mining dan memilih Local Mining maka selanjutnya anda harus memilih Platform untuk menjalankan Mining. Didalam dunia Mining ada 2 alat untuk memulai Mining pertama menggunakan Console Miner/Mining dengan kode-kode dan GUI Miner/Miner yang mempunyai tampilan/menu. Contoh dari Console Miner adalah Ethminer, Claymore Zcash, dan lain-lain. Contoh dari GUI Miner adalah NiceHash Miner, Minergate, dan lain-lain.

Kedua Miner ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan Console Miner adalah lebih advanced untuk Mining, banyak opsi yang tersedia, efisien, jarang crash(kecuali software error). Sedangkan kekurangannya adalah tidak ada opsi auto start mining(bisa diatasi dengan mengoprek Windows), sulit bagi pemula karena menggunakan cmd, dan pastinya tidak ada tampilan. 

Kelebihan GUI Miner adalah mempunyai tampilan dan menu, ada fungsi auto start, mudah digunakan, ada fitur live price. Sedangkan kekurangan GUI Miner adalah tidak efisien(ada yang efisien namun tidak semua), kadang crash kalau Hash yang dihasilkan tidak sesuai dengan Miner.

Minergate - Panduan memulai Mining Bitcoin bagi pemula
Contoh GUI Miner


Saya sendiri menggunakan keduanya namun lebih cenderung ke GUI Miner karena kemudahannya, lagian saya juga tidak punya hardware kelas atas seperti RX580 atau GTX1080 jadi crash itu jarang terjadi. Untuk software saya gunakan ada dua yaitu Minergate dan Nicehash.

Pilih Hardware


Hardware untuk Mining Bitcoin hanya ada satu, salah satunya yang paling dikenal adalah Antminer. Harga Antminer sendiri luar biasa mahalnya, setahu saya harga Antminer S7 adalah 13 juta dengan daya listrik 1300 Watt. Untuk pengoperasiannya, anda hanya perlu memasukkan alamat pool dan wallet bitcoin anda, dan Bitcoin akan mengalir ke akun anda.

Antminer L3+ - Panduan memulai Mining Bitcoin bagi pemula
Contoh Miner khusus Scrypt(Litecoin)


Tapi bukan berarti harus menggunakan Hardware seperti itu untuk mendapatkan Bitcoin, bagi anda yang memilih Miner NiceHash maka anda akan otomatis mendapatkan uang dalam bentuk Bitcoin. Maksud saya disini adalah Mining Coin lain seperti Zcash, Ethereum, dan lain-lain yang lalu ditukarkan menjadi Bitcoin. 

Kenapa demikian ? Karena Pool Difficult yang sudah sangat tinggi dimana kita tidak bisa lagi Mining Bitcoin langsung dengan Hardware Komputer kecuali dengan Hardware khusus. Sehingga untuk mendapatkan Bitcoin maka kita harus Mining Coin lain yang ditukarkan menjadi Bitcoin.

Hardware yang dapat digunakan untuk Mining adalah PC Desktop/Komputer atau Laptop. Komputer yang optimal untuk Mining adalah Komputer dengan VGA tambahan misalnya Radeon RX580 atau Geforce GTX1080. Mining dengan Laptop tidak disarankan karena kemungkinan untuk rusak karena overheat tinggi, selain itu juga hasil mining tidak sebanding dengan resiko yang akan didapat. Untuk contoh Spesifikasinya dapat anda lihat disini.

Pilih Vendor

Komputer yang akan digunakan untuk Mining mempunyai dua komponen yang akan berpengaruh ke hasil Mining. Pertama Prosessor dan kedua yaitu VGA Card. Tapi yang paling utama untuk menghasilkan Coin yang banyak adalah VGA Card. Didunai ini ada 2 vendor VGA yang terkenal yaitu AMD Radeon dan Nvidia Geforce. Untuk Mining, kedua vendor ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan AMD Radeon adalah banyak koin yang dapat di Mining, harga VGA yang murah, paling mudah untuk di OC, Hash yang didapatkan tinggi. Kekurangan AMD Radeon adalah boros listrik(untuk seri R9 dan RX Vega), suhu yang dihasilkan tinggi.

Radeon vs Geforce - Panduan memulai Mining Bitcoin bagi pemula


Kelebihan Nvidia Geforce adalah hemat listrik(untuk seri GTX900,GTX10 Series), tidak panas, Hash yang didapatkan tinggi. Kekurangan Nvidia Geforce adalah harga yang mahal untuk Hash tinggi.

Saya sendiri menggunakan Geforce GTX karena pada awalnya tidak didedikasikan untuk Mining namun akhirnya menjadi hardware mining. Pengalaman menggunakan Geforce untuk Mining adalah hemat listrik namun kurangnya adalah Hash yang didapatkan kecil (tergantung seri juga). Menurut saya AMD perlu optimasi VGAnya dibagian listrik, tapi saya sendiri tidak memihak AMD dan Nvidia, bagi saya keduanya sama-sama hebat(dibagian game sih). Untuk referensi VGA bisa anda lihat disini.

Setelah anda memilih semua langkah-langkah diatas maka selanjutnya anda harus menyiapkan Motherboard Mining yang dapat anda lihat referensinya disini. Untuk Ram, saya sarankan untuk menggunakan ukuran 16GB karena Mining dapat menggunakan banyak Ram. Selain itu juga masalah PSU, PSU yang akan anda gunakan untuk Mining haruslah PSU dengan Efisiensi minimal 80+Gold dan sesuai dengan VGA yang dipasang, jika anda berniat memasang 4-6 VGA RX580 maka saya sarankan untuk menggunakan PSU dengan daya 1000 Watt dan 80+Gold.

Lalu dilanjutkan dengan membuat Wallet untuk menyimpan koin. Pemilihan Wallet juga harus diperhatikan karena tidak semua Wallet bisa menyimpan koin selain Bitcoin. 

Dan untuk masalah hasil jangan langsung anda pikirkan karena seperti kata saya diatas "Intinya dalam Mining Bitcoin itu kita dapatkan dulu koinnya, mau banyak atau sedikit setelah itu tunggu harga Bitcoin naik baru ditukarkan menjadi rupiah." Jadi dapatkan koinnya dulu baru dijadikan rupiah, lagian harga Bitcoin bakal naik terus. 

Walaupun begitu jangan bernafsu untuk membeli banyak Hardware/Mining Rig karena belum tentu harga Bitcoin akan terus naik, bisa saja turun jadi sabar-sabar saja dan nikmati hasil hari ini dan gunakan separuhnya untuk mengupgrade Hardware sesuai kondisi.

Nicehash Miner - Panduan memulai Mining Bitcoin bagi pemula

Itulah Panduan memulai Mining Bitcoin bagi pemula, jika anda memiliki pertanyaan dan saran silahkan komentar atau hubungi saya dikontak kami. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share. Sekian dari saya.

loading...
Load disqus comments

0 komentar