Kamis, 14 Desember 2017

Cara Mining Zcash dengan VGA Nvidia

Cara Mining Zcash dengan VGA Nvidia | Zcash adalah salah satu mata uang virtual seperti Bitcoin dan Litecoin. Zcash merupakan mata uang digital baru yang diluncurkan pada Maret 2017. Saat ini Zcash merupakan salah satu mata uang digital yang terkenal dan mempunyai harga jual yang bagus selain Ethereum. Dan yang pastinya Difficult untuk Mining koin ini tidaklah tinggi.

Zcash logo



Sebenarnya postingan ini saya luncurkan sebelum artikel mengenai Nicehash Miner tapi setelah mendapat kabar bahwa Nicehash Miner telah dihack sehingga seluruh Bitcoin yang ada dari pembeli dan penjual hilang. Dari berita ini juga dapat kita simpulkan bahwa Mining Cryptocurrency itu sangatlah beresiko terutama resiko koin yang kita miliki dapat dihack dan dicuri.

Menurut saya sendiri dengan berhentinya Nicehash Miner saat ini bukan berarti Mining Cryptocurrency akan berhenti (bagi neubie sih, yang pro nggk mungkin). Di dalam dunia Mining terdapat 2 versi dari Miner yaitu versi GUI atau yang pakai tampilan dan CLI atau Miner yang pakai sejenis Command Prompt. Jika dibandingkan, versi CLI atau CMD lah yang paling efisien untuk Mining dan bagus karena mempunyai fungsi yang lebih banyak.

CLI Miner juga terbagi menjadi beberapa sesuai dengan merek VGA yang digunakan tapi tidak semuanya. Pada tutorial kali ini admin akan memberikan tutorial Mining Zcash dengan VGA Nvidia. Untuk saat ini admin akan memberikan tutorial dengan 2 Miner walaupun ada banyak sekali Miner Zcash untuk VGA Nvidia. Kedua Miner ini adalah Excavator dan nheqminer. Kedua Miner ini merupakan salah satu komponen dari Nicehash Miner yang versi GUI.

Cara Mining Zcash dengan Nheqminer

Nheqminer adalah Miner Zcash khusus VGA merek Nvidia Geforce, dulunya digunakan sebagai Miner Individu untuk Mining Zcash pada Program Nicehash Miner. Oleh karena itu jika anda mendownload Miner ini dan menjalankannya, otomatis Pool yang akan diambil adalah Pool Zcash dari Nicehash Miner.

Nheqminer - Screenshot


Berikut ini langkah-langkah menggunakan Nheqminer
1. Download Nheqminer dari Github.
2. Extract File hasil download tadi.
3. Buka Notepad dan salin kode dibawah ini
nheqminer.exe -l zec-asia1.nanopool.org:6666 -u address wallet Zcash/nama_worker/alamat email -p x -cd 0
Nheqminer - Config

Keterangan :
  • address wallet Zcash = Isi dengan alamat wallet Zcash anda
  • nama-worker = Isi dengan nama worker anda, kegunaannya hanya untuk proses statistik, tidak diisi juga tidak apa atau biarkan default menjadi worker1
  • alamat email = isi dengan alamat email anda yang aktif, kegunaannya untuk proses statistik dan notifikasi
  • -l = parameter untuk menyetel lokasi
  • -u = parameter untuk menyetel address wallet/nama worker/alamat email
  • -p = parameter untuk menyetel password
  • -cd = parameter untuk menyetel berapa banyak VGA yang mau digunakan dan urutannya, misal anda mempunyai 6 VGA maka isi dengan 0 1 2 3 4 5
4. Setelah itu save dalam bentuk file .bat dengan nama start (Jadinya start.bat) didalam folder hasil extract tadi dimana terdapat aplikasi nheqminer.
Nheqminer - Config2

5. Klik 2x pada file start dan akan muncul window seperti dibawah ini.
Nheqminer - running

6. Mining Zcash dimulai.

Pada contoh diatas admin menggunakan Pool dari Nanopool sehingga nama pool di file start tadi ada kata zec-asia1.nanopool.org, anda bisa saja menggunakan Pool dari mana saja. Jika anda ingin mengganti Pool dari Nanopool menjadi yang lain, silahkan ubah dari kata zec-asia1 hingga 6666.


Cara Mining Zcash dengan Excavator

Kurang lebih dari Nheqminer, Excavator juga merupakan produk dari Nicehash Miner dan juga merupakan salah satu komponen pada Nicehash Miner versi terbaru. Excavator tidak hanya berfungsi untuk Mining Zcash namun bisa juga untuk Mining Pascal, Ethereum, dan lain-lain yang biasanya ada pada Nicehash Miner versi GUI. Sama seperti Nheqminer, jika anda mendownload Miner ini dan menjalankannya, otomatis Pool yang digunakan adalah dari Nicehash.

excavator - running2


Berikut ini langkah-langkah menggunakan Excavator
1. Download Excavator dari Github.
2. Extract File hasil download tadi.
3. Buka file default_command_file.json dengan Notepad atau Notepad++.
excavator - config2

4. Ganti beberapa value dibagian ini :

  • Equihash ganti dengan koin yang ingin di Mining, karena kita ingin Mining Zcash atau Equihash maka tidak perlu diganti namun jika ingin Mining Ethereum ganti dengan Ethereum
  • equihash.eu.nicehash.com:3357 ganti dengan Pool yang diinginkan dan harus sesuai dengan koin yang di Mining, jika Zcash/Equihash maka harus Pool dari dari Equihash
  • 34HKWdzLxWBduU atau alamat wallet untuk menyimpan hasil Mining ganti dengan alamat wallet anda sesuai dengan koin yang di Mining
  • testrig ganti dengan nama worker yang anda inginkan
excavator - config

Sebenarnya ada banyak parameter yang bisa anda gunakan di Excavator terutama mengubah pengaturan VGA dan tidak bisa saya jelaskan disini, untuk selengkapnya dapat anda buka dokumentasinya disini.
5. Jika sudah Save.
6. Klik 2x pada excavator+web+restart_script dan akan muncul gambar seperti dibawah ini.
excavator - running

7. Mining Zcash dimulai.

Kedua Miner diatas menurut saya tidak terlalu berbeda, yang beda menurut saya adalah masalah efisiensi dan Hash yang dihasilkan. Untuk Nheqminer merupakan Miner khusus Zcash/Equihash sehingga tidak bisa digunakan untuk Mining Koin lain, selain itu pula Hash yang dihasilkan kecil (entah masalah driver atau apa).

Sedangkan Excavator bisa digunakan untuk Mining selain Zcash, Excavator ini layaknya aplikasi Nicehash Miner pada umumnya hanya bedanya tidak ada GUI sehingga harus mengubah pengaturannya dari file config, untuk Hash yang dihasilkan cukup tinggi bagi saya.

Tutorial ini hanya dapat digunakan untuk VGA dengan merek Nvidia Geforce, untuk AMD belum admin buat artikelnya karena tidak mempunyai VGA dengan merek tersebut. Tapi menurut admin bahwa Miner tadi diatas terutama Excavator tersedia versi AMD-nya jadi bisa langsung download dan ikuti lagi tutorial ini.

Itulah Cara Mining Zcash dengan VGA Nvidia, jika anda memiliki pertanyaan dan saran silahkan komentar atau hubungi saya dikontak kami. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share. Sekian dari saya.
loading...
Load disqus comments

0 komentar