Sabtu, 23 September 2017

Tips agar Komputer Mining awet

Tips agar Komputer Mining awet | Komputer Mining atau Mining Rig adalah komputer yang memiliki kemampuan untuk menjalankan Mining Cryptocurrency atau Bitcoin dengan Hashrate yang tinggi. Komputer bisa juga digunakan untuk Mining Cryptocurrency asalkan mempunyai spesifikasi dan hardware yang mumpuni. Selain itu daya tahan Hardware juga diperhitungkan jika ingin memulai Mining Cryptocurrency.

Tips agar Komputer Mining awet - Alqisyan Blog




Bagi saya sendiri Mining Cryptocurrency itu senang dan susah jadi satu. Kenapa ? Karena kita bisa dapat uang secara gratis hanya dengan menyalakan Komputer tersebut selama 24 jam, tapi cerita sedihnya adalah jika Hardware tersebut rusak gara-gara kepanasan, lelah, dan lain-lain. Pengalaman itu pernah saya rasakan yaitu kipas VGA yang mati salah satu karena kepanasan jadi pelumas kipasnya habis dan ketika mau di kasih pelumas(merek s*ng*r) malah kipasnya yang patah dari dinamonya.

Selain itu juga saya pernah browsing dan dapat kabar bahwa Mining itu juga berpotensi memperpendek umur VGA karena menyala 24/7 tanpa henti kecuali mati lampu. Mining Cryptocurrency ini memang memaksa kita untuk pandai memanagemen waktu, karena keawetan Hardware komputer mining kita sendiri yang menentukan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar Hardware Komputer atau Mining tahan lama alias awet salah satunya memberi jadwal untuk istirahat Komputer Mining. Dan ada banyak lagi, berikut ini Tips agar Komputer Mining awet.

- Gunakan Stabilizer dan UPS
Karena Komputer menggunakan listrik yang Online alias langsung maka jika ada tegangan yang mendadak naik dan turun komputer akan menjadi tidak stabil. Umumnya jika terjadi lonjakan tegangan atau tegangan turun, komputer akan off dengan sendirinya. Fitur ini biasanya bawaan dari Motherboard dan PSU, untuk proteksi dari tegangan naik itu dapatnya dari PSU jadi PSU biasa tidak ada fitur ini. Jika tidak maka komputer akan sangat mudah rusak karena komponennya akan banyak Short Circuit atau juga mati suri.

UPS Merek APC - Sumber APC.com
Stabilizer - sumber google.com


Oleh karena itu untuk mencegah listrik yang melonjak maka gunakanlah Stabilizer yang versi pakai Motor bukan resistor dan lain-lain. Dan untuk mencegah listrik yang turun lalu naik lagi maka gunakanlah UPS, UPS sendiri berfungsi sebagai listrik cadangan jika listrik padam namun berfungsi juga sebagai penstabil listrik yang sering turun untuk mencegah komputer restart berkali-kali.

- Pastikan Ground Listrik dalam kondisi baik
Masih dibagian kelistrikan yaitu pastikan Grounding Listrik dirumah anda dalam keadaan bagus. Memang secara teori Mining hal ini tidak terlalu penting dalam menghasilkan profit namun dalam teori kelistrikan dan komputer, Grounding dapat mencegah anda tersengat listrik dan komponen dari listrik statis, selain itu juga Grounding dapat mengamankan rumah anda dari potensi kebakaran dari aliran listrik. Jadi fungsi dasar Grounding adalah untuk keamanan.

- Jangan Mining 24/7/30
Maksud disini adalah menyalakan Komputer untuk Mining selama 24 jam, 1 minggu, dan 1 bulan. Selain memperpendek umur GPU atau Prosessor VGA, VGA dan komponen lainnya dapat meleleh atau bahkan terbakar. Karena pada dasarnya VGA diciptakan untuk menampilkan dan memproses gambar (termasuk bermain game). Jadi dari yang awalnya bisa tahan hingga 10 tahun ke depan, bisa-bisa jadi 1 tahun saja karena dinyalakan terus tanpa diistirahatkan yang cukup.

- Buat Jadwal On-Off
Hardware Komputer itu pada awalnya didesain sesuai kebutuhan, misalnya untuk Gaming, Perkantoran, dan lain-lain. Jika digunakan terus-menerus alias tidak pernah off maka Hardware akan cepat rusak. Selain itu juga Komputer didesain untuk tidak menyala terus-menurus tanpa henti atau shutdown kecuali Server yang memang didesain untuk tidak pernah off. Oleh karena itu jika anda ingin terus mendapatkan profit dari Mining dan juga Hardware Komputer anda panjang umur maka buatlah Jadwal On-Off.

Contohnya saya sendiri, Komputer saya pada hari pertama nyala selama 24 jam lalu hari kedua off 24 jam lalu hari ketiga nyala lagi 24 jam. Atau bisa saja 3 hari menyala lalu 3 hari off. Tapi bagi saya sendiri lebih baik selang-seling karena istirahat PC tidak terlalu lama dan cepat.

- Simpan Mining Rig di ruangan ber-AC plus kipas angin (atau Kipas angin doang)
Ini mungkin sudah pasti diterapkan yaitu simpan Komputer Mining diruangan ber-AC atau paling tidak diberikan angin kencang dari kipas angin. Mining itu seperti bermain Game 24 jam yaitu bisa membuat Hardware Komputer cepat panas. Pengalaman saya sendiri Mining itu bisa membuat VGA dan CPU saya mencapai suhu 80c, kelihatannya tidak terlalu tinggi tapi hawanya itu loh sudah seperti belakang kulkas.

Jadi untuk mencegah dan menahan suhu Hardware agar tidak terlalu tinggi maka simpan di ruangan ber-AC, jika tidak punya maka gunakan kipas angin (kalau bisa yang merek torn*l*o) untuk membuat panas yang berlebih dari VGA hilang, tapi jangan simpan di kulkas ya nanti yang ada VGA/CPU-nya beku.

- Overclock/Underclock yang wajar
Umumnya para Miner akan berusaha untuk mendapatkan Hash yang banyak namun tetap efisien, segala cara digunakan tapi tetaplah Overclock dan Underclock yang dipilih. Jika anda sudah mengerti OC VGA dalam segi Benchmark Game maka anda akan menemukan yang namanya Underclock dalam Mining. Keduanya tetap berbahaya jika dilakukan terlalu tinggi atau rendah, namun untuk Mining ini lebih bahaya lagi karena VGA itu seperti dipaksa terus berlari setiap hari. Hal ini tentu akan sangat mempercepat kerusakan total VGA.

Saran saya sendiri Overclock/Underclock boleh saja dilakukan tapi dalam batas wajar alias tidak terlalu tinggi atau rendah mengingat VGA Mining pastinya dinyalakan terus-menerus.

- Pastikan PSU memiliki daya yang cukup dan efisiensi yang tinggi
PSU atau Power Supply dalam Mining sangat berperan penting karena sebagai sumber daya semua hardware. Selain itu PSU juga menentukan umur dari semua Hardware Komputer/Mining termasuk VGA. Kenapa bisa ? Jika Komputer atau Mining Rig menyala dengan daya yang pas-pasan ibaratnya AC menyala dalam keadaan listrik 110V atau motor dengan bensin yang sangat sedikit, dalam artian terpaksa hidup.

Selain itu juga daya yang pas-pasan akan membuat komputer menjadi lambat dan juga membuat seluruh Hardware komputer pendek umur. Tapi kadang ada juga yang sudah mempunyai PSU 1000 Watt tapi masih saja komputer/Mining Rig-nya seperti kekurangan daya, umumnya hal ini disebabkan karena menggunakan PSU murahan alias daya yang tertulis tidak sesuai dengan yang didapat. Misalnya yang tertera 1000 Watt yang didapat hanya 700 atau 800 Watt.

Jadi profit dari Mining Cryptocurrency itu tidak hanya karena mempunyai Hashrate yang tinggi tapi juga perawatan hardware yang murah meriah, jika profit tinggi tapi tiap bulan juga Hardware harus ganti ya itu rugi besar namanya.

Itulah Tips agar Komputer Mining atau Mining Rig awet. Jika ada mempunyai pertanyaan atau saran mengenai artikel ini silahkan komentar atau hubungi kami di kontak kami. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong untuk di share. Sekian dari saya.
loading...
Load disqus comments

0 komentar