Jumat, 09 Juni 2017

Cara mengecek situs berbasis Bitcoin yang scam

Cara mengecek situs berbasis Bitcoin yang scam


Cara mengecek situs berbasis Bitcoin yang scam | Anda pernah tertipu di Internet ? Mungkin sebagian ada yang pernah dan belum. Dengan Internet dampak positif dan negatif berkembang pesat. Untuk hal positif kita bisa mengetahui informasi dari belahan dunia contohnya anda bisa menemukan blog ini :) . Dan untuk hal negatifnya juga karena kita tidak bisa melihat pengguna Internet lainnya maka melakukan penipuan sangatlah mudah. Apalagi dengan munculnya Cryptocurrency seperti Bitcoin, aliran uang akan sangat sulit dilacak.

Apakah anda pernah tertipu dengan situs yang berbasis Bitcoin ? Mungkin sebagian belum pernah karena umumnya situs-situs di Internet hanya menggunakan Paypal sebagai alat pembayarannya. Sejak pertama kali kenal Bitcoin di tahun 2015, saya menemukan banyak sekali penipuan berbasis Bitcoin, entah itu Cloud Mining, Invest, HYIP, Money Duplicator, dan Traffic Exchange. Dan terlebih lagi saya pernah tertipu oleh situs-situs tersebut.



Setelah bertahun-tahun main dengan situs Bitcoin akhirnya saya menemukan cara untuk mengecek situs berbasis Bitcoin yang scam, salah satu cara yang paling mudah adalah melihat bentuk template situs tersebut. Umumnya situs yang Scam itu mempunyai template hasil copas dari situs aslinya atau yang legit.

Berikut ini Cara mengecek situs berbasis Bitcoin yang scam

1. Masa aktif Domain

Karena pada dasarnya penipu ingin mendapatkan keuntungan yang cepat dari penipuan mereka maka situs yang Scam umumnya berumur pendek, bisa hanya aktif 1 tahun. Untuk yang legit biasanya umur Domain mereka sekitar 5 hingga 10 tahun. Tapi ada juga yang masa aktifnya panjang dan berakhir menjadi scam, untuk itu silahkan lanjut baca dibawah ini.

2. Template Copas

Bukan hanya di Blog ada template yang hasil Copas, untuk situs sekelas Cloud Mining ada juga yang copas. Tujuan mereka Copas template situs yang legit adalah agar pengguna menganggap situs tersebut adalah bagian dari situs utama. Selain itu juga template situs yang scam umumnya acak-acakan, lokasi widget dan menunya tidak beraturan karena main copy saja. Jadi sebelum mendaftar situs yang berbasis Bitcoin adakalanya melihat template mereka dulu.

3. Mempunyai promosi yang tidak masuk akal

Anda pernah lihat situs yang berkata seperti ini "Deposit 0.01 BTC dan dapatkan 0.1 BTC hanya dalam satu hari". Jika pernah maka berhati-hatilah karena itulah cara yang umumnya digunakan Scammers untuk menipu kita. Ingat bahwa segala sesuatu itu tidak bisa didapatkan secara instan jadi mendapatkan 0.1BTC hanya dengan deposit 0.01BTC itu sangatlah tidak mungkin.

4. Mempunyai bukti pembayaran palsu

Masih terkait dengan diatas, umumnya promosi yang menggiurkan itu dibarengi dengan buktinya juga. Dan umumnya juga bukti pembayaran tersebut juga bisa dilihat dan di klik menuju block chain. Salah satu perbedaan antara transfer dana di Bitcoin yang legit dengan scam adalah tanda hijau disebelah nomor transaksi, bukti pembayaran scam biasanya di block chain bertuliskan Forward/Adjusted/ atau bahasa indonesianya dicepatkan.

5. Mempunyai counter pembayaran palsu

Masih juga terkait dengan diatas, selain bukti pembayaran palsu umumnya situs yang scam juga meletakan counter pembayaran yang dihasilkan situs mereka. Biasanya counter mereka itu akan load dari angka yang sama, misalnya di Komputer A ketika di load situs tersebut akan bertuliskan $1234 dan akan meningkat dengan cepat menjadi $1342, sama juga ketika situs tersebut di load pada Komputer B, counter ketika pertama kali masuk akan bertuliskan $1234 dan akan berubah dengan cepat menjadi $1342. Jika itu benar terjadi maka sudah pasti situs tersebut scam.

6. Live Chat yang tidak pernah aktif

Jika situs tersebut mempunyai Live Chat coba anda perhatikan Live Chat tersebut apakah online atau tidak. Kalau situs tersebut legit dan bukan dihari libur maka  Live Chat harusnya Online. Jika tidak online 24 jam penuh paling tidak setiap beberapa jam Live Chat akan bertuliskan Online. Untuk situs yang Scam, menu Live Chat hanyalah sebagai hiasan semata untuk menunjukan mereka itu legit. Jika diperhatikan dengan seksama mungkin Live Chat tersebut memang tidak pernah online walau hanya sejam. Kalau ada situs dengan kriteria tersebut jangan harap anda akan mendapatkan keuntungan.

7. Tim Support yang tidak pernah menjawab

Jika kita mengalami kesulitan atau mempunyai pertanyaan maka kita pasti akan bertanya ke admin situs tersebut, untuk situs yang legit umumnya Tim Support mereka akan menjawab dari rentang 5 menit hingga 5 jam. Walaupun banyak yang bertanya paling tidak Tim Support pasti akan menjawab sekalipun 12 jam lamanya. Tapi bagi situs yang scam mereka tidak akan pernah menjawab pertanyaan anda. 

Pengalaman ini pernah saya rasakan, waktu itu pada suatu Cloud Mining gratisan saya mengalami dana yang hilang tiba-tiba lalu saya bertanya ke tim support mereka tapi hingga saat ini mereka tidak pernah menjawab pertanyaan saya. Sejak saat itu saya mengklaim situs tersebut adalah scam.

8. Alamat email perusahaan yang tidak jelas

Anda pernah mengirim tiket atau pertanyaan ke situs-situs besar seperti Telkom, Microsoft, dan lain-lain. Coba anda lihat alamat email mereka, pasti disitu akan bertuliskan alamat email resmi mereka dari salah satu tim di perusahaan mereka. Misalnya perusahaan alqisyan mempunyai email  utama untuk tim support yaitu support@alqisyan.com, dan ketika mereka menjawab pertanyaan anda email tersebut pasti akan berubah menjadi helpdesk@alqisyan.com dan lain-lain.

Untuk situs Scam umumnya email resmi mereka akan bertuliskan bitcoinmining@gmail.com ataupun email gratisan lainnya. Selain itu juga jika mereka menggunakan email dengan domain sendiri, umumnya mereka hanya akan menuliskan support@xxx.com tapi ketika mengirim surat ke email tersebut akan terjadi error dan jika dijawab akan mempunyai alamat yang sama. 

Ingatlah selalu bahwa perusahaan besar tidak akan semudah itu memberikan alamat email mereka, mereka pasti mempunyai tim yang menangani sesuai keahlian mereka, mereka pasti hanya memiliki satu email yang bisa dihubungi tapi jika mereka menjawab pasti akan berubah sesuai pertanyaan kita, jika itu pertanyaan mengenai sales/penjualan akan dijawab tim sales, jika mengenai sistem teknis akan dijawab teknisi mereka.


9. Alamat perusahaan yang tidak jelas

Jika situs tersebut berkaitan dengan Cloud Mining atau yang memerlukan kantor untuk beroperasi maka alamat mereka akan jelas dan bisa dikunjungi. Misalnya Hashflare/HashCoins beralamat di Tartu mnt 43 Tallinn 10128, Estonia dan Genesis Mining di Chinachem Century Tower, 31/F, 178 Gloucester Road, Wanchai Hong Kong. Dan jika dilihat di Google Maps akan tertera bangunan mereka.

Untuk situs yang Scam, mereka pasti memberika alamat palsu yang bisa di generate lewat fake id karena takut jika mereka diincar polisi dan untuk menutup identitas mereka. Dan jika dilihat lewat Google Maps, bangunan/kantor mereka tidak akan pernah ada.

10. Selalu menunjukan bukti sah perusahaan mereka

Jika anda pernah melihat situs yang mempunyai dokumen mengenai kebenaran perusahaan maka anda harus berhati-hati. Sudah sering saya menjumpai situs yang selalu memperlihatkan dokumen mengenai perusahaan mereka itu scam. Umumnya dokumen tersebut juga ada di situs link yang mirip kementrian dalam negeri suatu negara tapi lagi-lagi situs tersebut juga fake alias palsu. Lagi pula mana ada perusahaan yang mau menunjukan file pribadi mereka.

11. Tidak ada yang gratis di dunia ini

Sebelum bagian terakhir, slogan ini harus anda tanamkan ketika mengunjungi situs apapun terutama mengenai cara cepat kaya "Tidak ada yang gratis di dunia ini". Jika anda pernah mengunjungi situs yang memberikan anda kesempatan untuk mendapatkan uang secara gratis segera tinggalkan karena ujung-ujungnya mereka akan meminta uang ke anda dan tidak akan pernah kembali. Seperti HashOcean yang memberikan anda Hash gratis untuk Mining Bitcoin dan lihatlah saat ini situs tersebut sudah dicap Scam.

Pokoknya situs Bitcoin apapun yang mau memberikan anda uang gratis(terutama Cloud Mining) segera tinggalkan karena mempunyai kemungkinan 70% menjadi Scam.

Jadi jika ingin kaya maka kita harus berkontribusi agar bisa diwujudkan keinginan kita tersebut, seperti ingin mendapatkan Bitcoin tersebut menerus maka kita harus membeli paket Mining dengan uang sendiri dan pandai memanajemen Bitcoin yang didapatkan hingga 60% disimpan di dompet dan 40% dilanjutkan untuk meningkatkan Hash.

12. Selalu Up-to-date dengan Post Crytocurrency di Alqisyan Blog

Promosi dikit boleh juga kan, selain cara-cara diatas anda juga bisa mencari artikel-artikel di Alqisyan Blog mengenai Crytocurrency yang pastinya sudah terbukti tidak Scam karena sudah pernah dicoba oleh admin Alqisyan Blog. Selain itu juga sebelum situs berbasis Bitcoin di post di blog ini, admin akan mencoba situs tersebut hingga berbulan-bulan lamanya untuk memastikan kebenaran situs tersebut.

Kesimpulannya karena Bitcoin merupakan mata uang yang sulit dilacak maka kita harus berhati-hati dengan situs-situs yang alat pembayarannya Bitcoin. Selain itu prinsip cepat kaya pada beberapa situs di Internet harus anda hindari karena tidak ada cara instan menjadi orang kaya. Dan yang terakhir jika menemukan situs yang memberikan anda segala sesuatu secara gratis terutama Cloud Mining harus segera anda hindari karena sudah pasti Scam walaupun pernah memberikan anda bayaran.

Itulah Cara mengecek situs berbasis Bitcoin yang scam, terus pantau post mengenai Crytocurrency di Alqisyan Blog yang tidak sekedar promosi tapi juga bermanfaat, dan jika menurut anda artikel ini bermafaat tolong di share paling tidak bisa mengurangi korban dan juga berpahala dibulan suci ramadhan saat ini karena membantu orang lain. Sekian dari saya.
loading...
Load disqus comments

4 komentar