Jumat, 19 Mei 2017

Cara menghitung profit dari Mining Cryptocurrency

Cara menghitung profit dari Mining Cryptocurrency | Mining Crytocurrency sangatlah menguntungkan apalagi sekarang harga Bitcoin yang semakin naik, jadi menabung Bitcoin saat ini sangatlah mengiurkan. Tapi pernahkah anda berpikir apakah Mining Cryptocurrency benar-benar untung ?

Jika dilihat dari lingkup luas, Mining Cryptocurrency sangatlah menguntungkan. Misalnya anda Mining Monero dan mempunyai 0.3 XMR yang langsung ditukar ke Bitcoin lalu dapatlah 0.005 BTC, setelah itu anda tunggu lagi hingga Bitcoin naik harga jadi jika saat ini 0.005 dihargai $10 besok mungkin jadi $20. 

Tapi jika dilihat dari lingkup sempit mungkin bisa dikatakan tidak untung, kenapa ? Andaikan anda Mining Ethereum menggunakan HD 7970 dengan Hash 10MH/s dan mendapatkan $1 perhari namun konsumsi listrik perhari juga $1, jadi untungnya dimana ?



Jadi sebelum membuat Mining Rig dirumah ataupun membeli Hashpower di Cloud Mining ada baiknya anda menghitung profit yang mungkin didapatkan. Hal ini dimaksud agar anda tidak rugi atau menyesal ketika sudah membuat Mining Rig atau membeli Hashpower.

Ada banyak Cara menghitung profit dari Mining Cryptocurrency, untuk BitCoin anda bisa menggunakan Bitcoin Calculator disini. Untuk cara pengisian silahkan lihat gambar dibawah ini.

BTC Calculator 1
Untuk Hash Rate isi dengan Hashpower yang anda miliki, pada contoh saya memiliki 150GH/s. Pada Power Watt isi dengan 0 jika menggunakan Cloud Mining namun jika Mining Bitcoin lokal( contoh Antminer S7) isi 1300 Watt. Power Cost isi dengan 0,11 bagi anda pelanggan PLN kelas 1300VA keatas dan non subsidi, atau isi dengan nol jika menggunakan Cloud Mining. Setelah itu tekan Calculate untuk melihat hasilnya.

BTC Calculator 2
Dibagian bawah situs anda bisa lihat perkiraan yang bisa anda dapatkan ketika Mining BitCoin. Semua angka tersebut didasarkan pada tingkat kesulitan Mining BitCoin dan harga jual bitcoin.

Bagi anda yang Mining Cryptocurrency di Komputer seperti XMR atau BCN dan menggunakan tool Mining Minergate anda bisa menggunakan Calculator bawaan dari Minergate yang berada di Dashboard.

XMR-BCN Calculator 1

XMR-BCN Calculator 2
Untuk pengisiannya juga mudah, anda hanya perlu mengubah nilai yang berada dikotak dengan Hash power dari Komputer anda, untuk contoh saya memiliki komputer dengan GTX960 dan memiliki Hash XMR/BCN 200H/s.


Dan yang terakhir yaitu Mining Ethereum, anda bisa menggunakan 2 Calculator untuk menghitung profit, 1 dari Minergate dan 1 dari CoinWarz. Pada post kali ini saya akan menggunakan CoinWarz karena lebih detail.

Untuk pengisiannya tidak jauh berbeda dengan bagian BitCoin diatas. Pada bagian Hash Rate, isikan dengan Hash yang anda miliki, untuk contoh GTX1080 memiliki Hash 60MH. Untuk Power, isikan dengan Power dari VGA yang anda miliki, untuk contoh GTX1080 memerlukan listrik 250 Watt untuk load. Dan Power Cost isikan 0,11 bagi anda pelanggan PLN kelas 1300VA keatas dan non subsidi. Bagi anda yang menggunakan Cloud Mining isikan 0 pada Power dan Power Cost. Setelah itu tekan Calculate untuk melihat hasilnya.

ETH Calculator 2
Untuk contoh diatas tadi GTX1080 bisa menghasilkan sekitar $195 atau Rp2.624.908, namun dengan biaya listrik maka laba bersih adalah $176.12 atau Rp2.359.630.

Itulah Cara menghitung profit dari Mining Cryptocurrency. Jika anda pertanyaan atau saran silahkan komentar atau hubungi kami di Contact us. Sekian dari saya.
loading...
Load disqus comments

0 komentar