Senin, 12 Desember 2016

Cara Stream Game PC ke Komputer lain dengan mudah

Cara Stream Game PC ke Komputer lain | Bermain game sangatlah menyenangkan, bagi semua orang main game merupakan kegiatan refreshing dari kegiatan dunia yang melelahkan. Namun ada bagi sebagian orang yang menganggap bermain game merupakan hobi seperti saya.Terkadang ketika ingin bepergian ke tempat lain kita harus meninggalkan kegiatan bermain game. Ataupun kita harus membawa laptop gaming kita kemana-mana.


Steam - Streamlogo


Namun bagi anda yang tidak mempunyai Laptop Gaming ataupun bermain game di PC Desktop maka sangat sulit untuk bermain game ditempat lain. Apalagi PC tidak mungkin bisa dibawa kemana-mana. Untuk itu ada banyak alternatif yang bisa anda jumpai agar bisa bermain Game on the go salah satunya dengan membawa NVIDIA Shield Tablet yang memungkinkan anda stream atau bahkan bermain Game PC on the go.

Tapi masih ada lagi kekurangan NVIDIA Shield Tablet, selain tidak dijual di Indonesia agar bisa menjalankan Stream dari PC ke NVIDIA Shield Tablet anda harus memiliki satu buah Geforce GTX apapun itu serinya kecuali GTX300 series kebawah. Ditambah lagi PC tersebut harus memiliki antena wifi agar bisa melakukan Stream ke NVIDIA Shield Tablet. Wah repot sekali yah.

Namun ada cara lain agar bisa melakukan Stream Game PC ke komputer lain, yaitu menggunakan Steam In Home Streaming. Bagi anda pengguna Steam pasti tahu akan hal ini. Steam In Home Streaming memungkinkan anda Stream Game PC ke komputer mana saja mau itu Laptop Macbook sekalipun asalkan ada aplikasi Steam dikedua Komputer tersebut.

Cara kerja Steam In Home Streaming adalah Komputer utama atau Host akan menjalankan game dari Steam Library atau non-steam library seperti biasa, di komputer kedua game akan ditampilkan dan dikendalikan layaknya game atau aplikasi biasa. 

Walaupun dikendalikan dari Komputer Client, Host masih dapat mengendalikan game tersebut. Selain itu juga Komputer Host tetap akan menampilkan game tersebut jadi komputer host dan client sama-sama digunakan untuk menjalankan game, jika pada Komputer Host game di minimize maka game pada Komputer Client akan terhenti bahkan bisa exit sendiri.

Kelebihan Steam In Home Streaming adalah tidak berat, mendukung game non-steam library, sangat mudah untuk digunakan, gratis, dan mendukung merek VGA apapun. Kekurangannya adalah jika game tersebut lama ketika sedang dijalankan maka otomatis di Komputer Client akan keluar dengan sendirinya. 

Syarat menggunakan Steam In Home Streaming :
- Komputer Host
Komputer yang mampu menjalankan Game seperti biasanya namun harus terkoneksi Internet stabil dan lancar minimal 10MB up/down.
-Komputer Client
Komputer/laptop biasa dengan kecepatan Internet down 10MB

Rekomendasi
- Komputer Host
Prosessor : Intel atau AMD Quad Core 3.0GHz
RAM : 4GB atau 8GB
VGA : GTX750 atau Radeon HD 7970
Internet : 20MB Up/Down

-Komputer Client
Prosessor : Intel atau AMD 2.0GHz
RAM : 4GB
VGA : Geforce GT650M/GTX650(PC) atau Radeon R7
Internet : 10MB Down

Langkah-langkah :
1. Download dan Install Steam dikedua komputer atau laptop.
Steam - Download

2. Login ke akun Steam anda, jika belum ada akun Steam buat dulu.
Steam - Login

3. Jika sudah masuk pada Store Steam, pindah ke tab Library.
Steam - Stream1

4. Pilih game yang ingin di Stream, lalu klik Stream (pada Komputer Client).
Steam - Stream4

5. Jika anda ingin men-Stream Game yang tidak ada pada Steam Library tekan tombol + dan klik Add Non-Steam Library game, setelah itu pilih aplikasi yang ingin anda masukan, disini saya menggambil contoh ACU.exe (Assassins Creed Unity) lalu ok. Langkah ini hanya bisa dilakukan pada Komputer Host.
Steam - stream2

Steam - stream3

6. Dan silahkan bermain.


Untuk jaga-jaga saya menyarankan untuk tidak Men-Stream Game bajakan dari Komputer Host, dikhawatirkan akun Steam anda bisa diblokir atau semacamnya, walaupun tidak ada penjelasan mengenai hal ini dari Steam tapi saya hanya menyarankan dan jika ada masalah terkait akun anda gara-gara Stream ini saya tidak tanggung jawab.

Masalah umum dari Steam In Home Streaming :
- Gambar di Komputer Client pecah-pecah
Hal ini wajar karena pengaturan dari Steam menyeimbangkan antara kualitas dan kecepatan gambar. Agar bisa menampilkan gambar yang bagus disarankan untuk menggunakan koneksi Internet dengan Speed Up/Down 10mb

- Blank pada Komputer Client
Umumnya disebabkan masalah Hardware, coba anda matikan pengaturan Hardware Acceleration di In Home Streaming pada Setelan Steam. Jika AMD matikan dibagian AMD, jika nvidia dan Intel matikan pada bagian intel atau nvidia. Lakukan langkah ini di Komputer Host dan Client

- Gambar blank dengan garis namun suara ada
Umumnya disebabkan resolusi dari Komputer Host yang melebihi besar maksimal resolusi di Komputer Client. Coba anda kecilkan resolusi di Komputer Host atau mengganti resolusi Komputer Client dan menggunakan layar besar pada Laptop 10 inch.

Itulah Cara Stream Game PC ke Komputer lain, jika anda mempunyai pertanyaan mengenai artikel ini silahkan komentar atau hubungi saya dikontak kami. Sekian dari saya.
loading...
Load disqus comments

0 komentar