Sabtu, 20 Agustus 2016

Alternatif BitCoin yang harus kamu Mining

Alternatif BitCoin yang harus kamu Mining


Alternatif BitCoin yang harus kamu Mining | BitCoin merupakan mata uang crypto dunia yang paling banyak di Mining atau ditambang. Dalam dunia Cryptocurrency dikenal yang namanya Mining. Mining sendiri artinya menambang, namun dalam dunia cryptocurrency mining maksudnya adalah mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh Mining Pool yang akan diubah menjadi suatu file mata uang seperti BTC, XMR, ETH, dan lain-lain.

Pada umumnya orang yang baru mengenal BitCoin akan memilih untuk menambang BitCoin itu sendiri. Jika anda melihat statistik dari Mining Pool BitCoin akan tertera statistik yang menunjukkan bahwa tingkat kesulitan untuk mendapatkan bagian dari Mining Pool semakin sulit. Saat ini tingkat kesulitan untuk mining BitCoin adalah 1EH/s (1000 kali lipat dari TeraHash). Semakin tinggi tingkat kesulitan di Mining Pool maka semakin kurang profit yang didapatkan.

Ada 2 cara agar bisa mendapatkan bagian dari Mining Pool. Pertama yaitu dengan meningkatkan Hash sebuah Hardware, dan yang kedua yaitu mengganti Mining Pool dengan vendor yang lain. Kedua cara ini tetap membuat anda rugi ketika Mining Pool terutama BitCoin karena tingkat kesulitan dalam Mining Pool akan tetap meningkat.

Daripada tetap bertahan Mining BitCoin lebih baik anda Mining AltCoin. AltCoin atau Alternative Coin merupakan Coin selain BitCoin yang bisa di Mining. Salah satu AltCoin yang terkenal adalah LTC atau LiteCoin. Masih ada banyak AltCoin yang bisa di Mining, berikut daftarnya :

Daftar Alternatif Bitcoin wajib di Mining


1. LTC (LiteCoin)


LiteCoin Logo


Seperti yang sebutkan tadi diatas salah satu Alternatif BitCoin yang terkenal adalah LTC. LTC sendiri bisa di Mining dengan Hardware SCRYPT dan GPU. Tingkat kesulitan Mining di LTC juga tidak terlalu tinggi yaitu 100GH/s. Dibeberapa situs Mining seperti HashFlare memberikan harga $9 untuk Mining LTC. Namun anda bisa juga membuat Hardware Mining LTC sendiri dengan menggunakan GPU Miner.

2. ETH(Etherum)


Etherum Logo


Coin yang baru-baru ini muncul dan mulai Booming mengalahkan LTC yaitu Etherum. Etherum merupakan Coin baru dan bukan dari keluarga BitCoin dan AltCoin. Untuk melakukan Mining Etherum anda bisa menggunakan Komputer anda sendiri karena basis Hardware Etherum adalah GPU dan CPU alias Komputer. Contoh Software yang bisa anda gunakan untuk Mining Etherum adalah Minergate. 

Etherum sendiri ada 2 jenis yaitu Etherum sendiri dan Etherum Classic. Perbedaannya bisa anda cari di Google. Tingkat kesulitan Mining ETH berkisar di 100GH/s.

3. Dash


Dash logo


Salah satu dari keluarga AltCoin yaitu Dash. Dash mempunyai perbedaan karena Dash bisa melakukan Mining di 2 jenis Hardware yang berbeda yaitu X11 dan PC Komputer. Kelebihan Dash adalah transfer uang yang lebih cepat dan biaya Network yang lebih rendah dibandingkan BitCoin.

Untuk Mining Dash, anda bisa menggunakan Minergate atau menggunakan layanan Cloud Mining seperti Genesis Mining. Tingkat kesulitan Mining Dash berkisar di 100MH/s

4. XMR

XMR atau Monero merupakan salah satu alternatif dari BitCoin yang terkenal, dan juga merupakan salah satu dari keluarga AltCoin. Kelebihan XMR adalah tingkat kesulitan Mining-nya yang rendah dan juga harga konversi ke BitCoin yang stabil. Untuk Mining XMR anda bisa menggunakan Minergate.

5. BCN

BCN atau ByteCoin adalah sepupu dari BitCoin, perbedaannya terletak dari Coin yang dihasilkan. Jika BitCoin hanya bisa menghasilkan Coin sekitar 0.001 BTC disetiap Mining-nya, sedangkan ByteCoin bisa menghasilkan hingga 1000 BCN disetiap Mining-nya. Wajar juga sih tingkat kesulitan  Mining BCN hanya berkisar di 100MH/s. Keunggulan dari BCN adalah Coin yang didapatkan ketika Mining banyak dan juga harga ketika dijual(Exchange) stabil yaitu 1 BTC = 1.000.000 BCN.

Semua Alternatif BitCoin yang saya berikan diatas mendukung PC based Mining atau Mining lewat Komputer. Salah satunya menggunakan Software Minergate (kecuali LTC). Dengan Minergate anda bisa Mining banyak Coin terutama ETH yang saat ini lagi terkenal. Pembahasan mengenai Minergate silahkan buka Post saya yang berjudul Cara mendapatkan BitCoin gratis dengan Minergate.

Dan jika anda malas menggunakan Komputer anda untuk Mining AltCoin, anda bisa menggunakan layanan Cloud Mining. Salah satu Cloud Mining yang menerima AltCoin Mining adalah Genesis Mining dan Hashflare, untuk pembahasannya silahkan buka post saya yang berjudul Cloud Mining terbaik 2016.

Itulah Alternatif BitCoin yang harus kamu Mining. Jika anda memiliki pertanyaan atau saran silahkan komentar dan jika anda merasa artikel ini bermafaat tolong di share ya. Sekian dari saya.
loading...
Load disqus comments

0 komentar