Minggu, 24 Juli 2016

Cara mempercepat komputer secara dramatis

Cara mempercepat komputer secara dramatis | Komputer atau laptop adalah barang elektronik kedua yang selalu digunakan manusia setelah handphone. Komputer dapat membantu kita untuk mengerjakan tugas sehari-hari seperti mengetik, browsing internet, hingga bermain game. Komputer juga mempunyai banyak bentuk seperti PC Desktop, Laptop atau Notebook, Netbook, 2 in 1, hingga Tablet.

Tapi anda pasti pernah mengalami hang atau lambat pada komputer anda, saya sendiri juga pernah malahan sering. Pada dasarnya komputer akan mulai berkurang kinerjanya setiap 1 tahun dan akan terus berkurang setiap tahunnya. Itulah sebabnya kenapa terkadang kita perlu melakukan install ulang, install ulang sendiri fungsinya untuk mereset performa hardware komputer ke kondisi awalnya.

Kadang juga kita harus sering-sering install ulang agar komputer atau laptop kita selalu cepat dan fresh. Jadi apa sebabnya komputer atau laptop mulai lelet setiap tahunnya ? Menurut saya ada banyak salah satunya adalah software yang selalu memerlukan hardware yang baru dan tinggi. Contohnya coba anda install Windows 7 pada Komputer Windows XP, pastinya Windows 7 di komputer tersebut akan terasa sangat lelet.

Selain itu juga software tersebut sendiri yang membuat komputer menjadi lelet. Sebagaimana yang kita ketahui, sebuah program komputer akan membuat sendiri rumah dan rumah tersebut akan membuat sampahnya sendiri yang kita kenal dengan Temporary Cache atau Cache saja. Software juga seperti raja karena terkadang tidak kita gunakan, software tersebut pandai hidup sendiri dan menjalankan perintah-perintah sesuka hatinya yang membuat komputer lambat.

Dan yang terakhir adalah virus. Sebagaimana kita ketahui virus adalah biang kerok dari semua masalah komputer yang lelet. Virus akan banyak menggunakan tenaga dari Hardware dan membuat komputer lelet ketika diakses. Selain itu juga virus dapat menghilangkan program atau data sesuka hatinya.

Jadi adakah cara yang dapat mempercepat komputer ? Ada, ada banyak cara bisa anda gunakan untuk membuat komputer anda selalu cepat dan bebas nge-lek. Salah satunya adalah melakukan upgrade Hardware karena semakin tahun software akan memerlukan hardware yang tinggi. Berikut ini tips yang dapat mempercepat komputer secara dramatis.
  • Melakukan Upgrade

Seperti yang kita ketahui semakin tahun software semakin berat saja ketika dijalankan, sebabnya adalah software tersebut meminta hardware yang tinggi juga. Contoh mudahnya adalah ketika anda menginstall Windows 7 pada komputer Windows XP, pasti leletnya kebangetan. Salah satu cara untuk mengatasi lelet ini adalah dengan melakukan Upgrade salah satu atau semua Hardware (esstt, kalau ini sih beli baru :) ). Misalnya anda ingin menginstall Windows 7 pada komputer Windows Vista dengan Prosessor Core 2 Duo dan 2GB RAM, jadi biar komputer anda lancar ketika menjalankan Windows 7 maka anda hanya perlu mengupgrade RAM anda menjadi 4GB.

Sama juga jika anda ingin menjalankan Game Assassin's Creed pada komputer Core 2 Duo, 2GB RAM, 320GB HDD, dan VGA Geforce 9500GT, maka agar lancar ketika menjalankan game tersebut anda harus mengganti VGA anda menjadi GTX750, RAM diupgrade menjadi 8GB, dan HDD diganti menjadi SSHD.

Menurut saya bagian komputer yang harus diupgrade setiap 3 hingga 5 tahun sekali adalah VGA karena setiap tahun juga software semakin boros VGA sehingga dapat membuat VGA jadul anda menjadi capek dan tidak mempunyai performa lagi. Sedangkan Prosessor tidak perlu anda upgrade asalkan Clock Speednya tidak rendah dari 3GHz. Sedangkan Hardware lainnya tidak perlu diupgrade kecuali membutuhkan.

Tapi bagaimana jika komputer saya sudah sangat lawas, contohnya Pentium 4 jadi upgrade-nya bagaimana ? Ini agak susah untuk saya jawab mengingat hardware komputer lama sudah tidak ada yang jual lagi. Jadi melakukan upgrade pada komputer seperti ini saya sarankan tidak usah namun jangan anda install komputer tersebut aplikasi atau Windows terbaru yang dapat membuatnya lelet, alternatifnya dapat anda gunakan OS Ubuntu atau Win XP.
  • Menggunakan RAM Dual Channel

Maksud dari menggunakan RAM Dual Channel adalah memenuhkan semua slot RAM dengan RAM yang kapasitas dan kecepatannya sama contoh 4 x 4GB RAM 1600MHz atau 2 x 8GB RAM 1866MHz. Dengan menggunakan RAM Dual Channel maka Bandwidth yang akan di transfer oleh RAM akan meningkat, informasi ini saya dapatkan dari blog AMD. Teknik ini juga dapat meningkatkan performa komputer berbasis produk AMD. Untuk komputer berbasis Intel, menggunakan RAM Dual Channel juga dapat membuat komputer menjadi cepat.

Perbedaan yang dapat lihat jika menggunakan RAM Dual Channel dengan Single Channel adalah Komputer menjadi responsif dan juga data transfer (terutama transfer via USB) akan meningkat. Namun ingat juga cara ini hanya bisa digunakan jika menggunakan 2 atau 4 keping RAM dengan ukuran dan kecepatan yang sama, kalau bisa mereknya juga.
  • Menggunakan SSD

Seperti yang kita ketahui SSD merupakan terobosan baru untuk masalah penyimpanan data pada komputer. SSD tidak lagi menggunakan kepingan magnet yang diputar melainkan sebuah chip memori seperti RAM. SSD juga mempunyai data transfer yang sangat tinggi yaitu sekitar 500mb/s sedangkan HDD 100mb/s. Dengan menggunakan SSD anda dapat meningkat kecepatan komputer anda berkali-kali lipat terutama dalam urusan Booting.

SSD


Menggunakan SSD juga dapat mempercepat proses membuka aplikasi karena SSD lebih responsif dibanding HDD, selain itu SSD lebih hemat energi dibanding HDD. Anda juga dapat membuat Laptop anda menjadi lebih hemat energi jika menggunakan SSD. Namun ada kelemahan juga, SSD memiliki harga yang sangat mahal dan juga sensitif dengan gangguan listrik.
  • Melakukan Scan Virus

Virus komputer adalah salah satu sebab komputer menjadi lelet, karena virus akan menggunakan tenaga hardware komputer sebanyak mungkin untuk menjalankan perintah-perintahnya. Dan karena paling dominan menggunakan hardware maka aplikasi lain tidak dapat kebagian sehingga membuatnya lambat ketika dijalankan. Untuk menghapus virus tersebut maka anda perlu melakukan scan virus dengan antivirus terpercaya.

Scan Virus


Anda bisa menggunakan antivirus gratisan untuk membersihkan virus contohnya Avast. Menurut saya Avast lebih efektif membersihkan virus namun dengan harga gratis, selain itu juga Avast tidak banyak menggunakan hardware sehingga ringan ketika digunakan.
  • Menghapus program yang tidak penting

Program yang tidak digunakan jangan kira tidak menggunakan hardware komputer, walaupun tidak digunakan umumnya program tersebut pasti melakukan proses entah itu update atau mungkin standby. Selain itu juga walau tidak digunakan program tetap membuat temporary cache yang membuat disk penuh dan lelet. Oleh karena itu install aplikasi atau program yang bagi anda penting, jika tidak digunakan sama sekali lebih baik unistall. Lebih baik sedikit program namun sering digunakan daripada banyak program namun tidak digunakan. Dengan menghapus program yang tidak penting anda juga dapat membuat disk anda semakin banyak free space.

Menghapus program yang tidak penting

  • Mengurangi program yang jalan ketika startup

Pernahkan anda merasa booting komputer terasa sangat lama. Penyebab utama booting menjadi lambat adalah banyaknya program yang berjalan ketika startup. Ketika dinyalakan dan masuk ke proses booting, Windows atau Mac OS akan menyiapkan banyak komponen, aplikasi, dan sistem. Namun jika banyak aplikasi yang mau disiapkan maka proses booting akan menjadi lambat.

Mengurangi program yang jalan ketika startup


Jadi kurangilah aplikasi atau program yang jalan ketika startup, caranya dengan membuka Task Manager lalu startup lalu pilih aplikasi yang diinginkan dan pilih disable. Untuk Windows 7 dapat dilakukan dengan membuka Run lalu ketikan msconfig lalu startup dan pilih aplikasi yang diinginkan dan pilih disable. Sedangkan Mac OS adalah dengan selalu mematikan aplikasi dengan sempurna sehingga tidak langsung berjalan sendiri ketika dijalankan.
  • Melakukan Defrag

Bagi anda yang masih menggunakan Hardisk, maka cara untuk membuat hardisk tersebut selalu fresh dan ringan adalah dengan melakukan Defrag. Defrag merupakan proses untuk merapikan data-data pada Hardisk sehingga cepat ketika diakses. Berbeda dengan SSD, Defrag tidak diperlukan karena walaupun data-datanya berantakan SSD tetap cepat diakses karena tidak menggunakan kepingan magnet yang berputar melainkan flash memory.

Defrag

  • Tidak menggunakan aplikasi optimasi komputer
Kurang lebih seperti smartphone, banyak vendor yang menawarkan aplikasi optimasi agar komputer atau smartphone tersebut selalu cepat dan sebagainya. Tapi malah sebaliknya, menggunakan aplikasi optimasi akan membuat komputer atau smartphone semakin lelet. Kenapa bisa ? Karena aplikasi pasti juga memiliki cache, proses, dan sebagainya yang pastinya menggunakan hardware, jadi aplikasi tersebut juga membuat komputer berat juga. Contoh aplikasinya adalah Baidu PC Speed Booster  dan Clean Master (smartphone).

Lebih baik install aplikasi clean atau bersih-bersih saja yang lebih bermanfaat, contohnya CCleaner. Aplikasi ini dapat membersihkan Cache dari aplikasi lain dan juga Windows yang membuat disk semakin luas dan pastinya bersih.
  • Menghapus Cache
Cache atau Temporary Cache adalah file sementara yang cepat diakses oleh Disk. Ketika membuka sebuah file atau situs, Cache berfungsi agar kita cepat membuka file tersebut dengan cara membuat file sementara yang cepat diakses oleh Disk. Sesuai cara membuatnya, Cache akan sebagian ruang Disk yang membuat Disk semakin sempit dan juga Cache menjadi prioritas utama file yang harus diindeks. Cache sebenarnya bermanfaat namun jika sudah terlalu banyak akan merugikan sehingga perlu dihapus.

Cara termudah untuk menghapus Cache adalah dengan menjalankan Disk Cleaner, dengan menjalankan aplikasi ini anda dapat membersihkan mulai dari Cache, History Browser, data-data tidak penting Windows, dan lain-lain. Selain itu anda dapat menggunakan CCleaner untuk membersihkan komputer anda.

Itulah Cara mempercepat komputer secara dramatis edisi pertama. Untuk tips selanjutnya akan saya lanjutkan di artikel saya yang edisi selanjutnya. Mengingat komputer atau alat lainnya pasti memerlukan perawatan agar selalu bagus dan lancar ketika digunakan. Sekian dari saya. Jika anda ada pertanyaan mengenai artikel saya diatas silahkan komentar.
loading...
Load disqus comments

0 komentar