Sabtu, 18 Juni 2016

PC Gaming vs Laptop Gaming, mana yang bagus ?

PC Gaming vs Laptop Gaming


PC Gaming vs Laptop Gaming, bagus yang mana ? | PC Gaming vs Laptop Gaming, hhmm mungkin bagi anda keduanya sama-sama bagus dan sama-sama judulnya untuk bermain game. Tapi bagi para Gamers kedua barang ini harus dimiliki karena menunjang keperluan mereka bermain game. Namun apakah performa kedua barang ini sama ? Berikut penjelasannya.

Didalam dunia komputer terdapat 4 jenis komputer atau laptop yaitu Normal, Mainstream, Gaming, dan Work. Perbedaan 4 jenis komputer ini terletak pada isi hardware. Komputer Normal biasanya mempunyai spesifikasi yang biasa-biasa saja, umumnya memiliki Prosessor Intel Pentium atau Celeron, 2GB RAM, dan 500GB HDD. Daya tahan terhadap panas juga biasa untuk jenis ini.

Sedangkan Komputer atau Laptop Mainstream merupakan komputer dengan spesifikasi menengah. Umumnya spesifikasi jenis ini adalah Intel Core-i3/i5 atau AMD A7/Athlon Series, 4GB RAM. Bedanya dengan jenis normal adalah Komputer Mainstream punya VGA Eksternal, entah itu Geforce GT atau Radeon R5/7. Selain itu daya tahan terhadap panas juga tinggi karena mempunyai VGA eksternal.

ASUS N Series (N550JV)


Yang ketiga yaitu Komputer atau Laptop Gaming. Komputer Gaming merupakan komputer dengan spesifikasi dan daya tahan terhadap panas kelas atas. Umumnya Spesifikasi Komputer jenis ini adalah Intel Core-i7/-i7 Extreme atau AMD A10/FX-Series. Mempunyai RAM 8GB hingga 64GB, 1TB HDD atau 512GB SSD. Ciri khas Komputer Gaming ialah VGA-nya yang kelas atas, contohnya Geforce GTX Series atau Radeon R9 Series. Selain itu daya tahan terhadap panas juga tinggi sehingga komputer jenis awet jika dinyalakan setiap hari.

Alienware Laptops


Dan yang terakhir yaitu Work. Jenis Komputer ini diperuntukkan para pekerja atau bisnis. Perbedaan komputer ini dengan jenis lainnya adalah daya tahan (panas atau benturan), keamanan, dan kecepatan yang tinggi. Umumnya spesifikasi Komputer ini adalah Intel Core-i5/i7, 8GB RAM, dan 256GB SSD. Komputer Work juga memiliki VGA eksternal namun hanya jenis yang mainstream saja. Jika dibandingkan Laptop khusus Work lebih banyak dibanding Komputer untuk Work. Umumnya bentuk Laptop Work adalah laptop yang tebal dengan keamanan serba tinggi.

Dell XPS 13


Namun yang ingin saya bahas kali ini adalah Perbandingan Komputer Gaming vs Laptop Gaming. Jika anda melihat penjelasan saya diatas tadi bisa disimpulkan bahwa spesifikasi komputer dan laptop gaming hampir sama, tapi apa perbedaannya ? Berikut ini perbandingan Komputer Gaming vs Laptop Gaming di berbagai sisi.

  • Sisi Performa
Spek-nya sama persis bedanya hanya bentuknya saja, itu mungkin jika anda ditanya mengenai spek komputer dan laptop gaming. Namun sebenarnya Spek-nya sama tapi performanya beda jauh loh. Kenapa bisa beda jauh ? Pertama sebabnya adalah konsumsi daya listrik. PC Desktop atau Komputer menggunakan Listrik langsung tanpa melewati baterai sehingga memungkinkan menyerap listrik lebih banyak, sedangkan Laptop mengambil Listrik lewat Baterai sehingga performanya ditentukan oleh kapasitas baterai.

Kedua adalah Base Clock yang berbeda. Umumnya PC mempunyai Prosessor dengan kecepatan dasar adalah 3GHz sedangkan Laptop 2GHz. Walaupun Laptop anda menggunakan Prosessor i7, namun jika base clock-nya 2.5GHz maka laptop anda kalah jauh dengan komputer yang base clock-nya 3GHz walau bukan menggunakan Prosessor i7, apalagi jika Komputer tersebut menggunakan Core-i7 Extreme whee kalah jauh sekali tuh Laptop gaming. Selain itu VGA pada PC lebih mempunyai banyak performa dibanding Laptop walaupun VGA tersebut sudah lawas. Contohnya jika GTX750Ti dibandingkan dengan GTX960M.

Jadi untuk sisi performa, PC Gaming lebih unggul dibanding Laptop Gaming. Karena dengan 20 juta anda bisa mendapatkan PC Gaming yang sudah luar biasa performanya, namun jika anda menggunakan 20 juta tersebut untuk membeli Laptop Gaming maka Performa yang anda dapatkan hanya sebanding dengan PC 10 jutaan.

  • Sisi daya tahan
Walaupun sama-sama diciptakan untuk bermain Game bukan berarti daya tahan PC Gaming sama dengan laptop gaming. PC Gaming mempunyai ukuran yang besar dan kipas pendingin yang besar pula untuk mendinginkannya jadi PC Gaming mempunyai suhu kerja yang lebih dingin. Jika anda menjalankan sebuah game 12 jam non-stop menggunakan PC Gaming saya bisa jamin suhu PC anda hanya akan berkisar antara 60 hingga 80 Celcius.

Sedangkan Laptop Gaming mempunyai ukuran yang kecil dan hanya mempunyai kipas untuk mendinginkan CPU dan GPU, sehingga panas yang dihasilkan komponen lain tidak didinginkan. Jika anda menjalankan Game 12 jam non-stop saya bisa jamin suhu Laptop anda akan berkisar antara 70 hingga 100 Celcius, dan kemungkinan bisa naik lagi. Selain itu juga Motherboard PC lebih tertutup penjalurannya sehingga tidak putus jika diberi panas yang berlebihan, sedangkan Laptop tidak sehingga jika Motherboard diberikan suhu 70 Celcius selama 90 hari mungkin Laptop anda akan error.

Jadi untuk daya tahan PC Gaming masih memimpin saat ini. PC Gaming juga bisa menggunakan pendingin berbasis cairan sehingga suhu PC bisa diturunkan lebih banyak. Sedangkan Laptop Gaming tidak bisa menggunakan pendingin berbasis cairan, walaupun menggunakan Cooling Pad suhu Laptop Gaming hanya bisa turun sekitar 6 celcius.

  • Sisi umur
Kelebihan utama dari PC Gaming adalah semua komponennya bisa di Upgrade sehingga selalu up-to-date. Inilah sebabnya PC Gaming lebih bisa digunakan untuk memainkan game terbaru hingga 5 tahun ke depan. Sedangkan Laptop Gaming hanya bisa memainkan Game terbaru hingga 2 tahun ke depan, setelah tahun tersebut kemungkinan besar game yang dimainkan akan mulai mengalami nge-lag. Selain itu juga Laptop Gaming hanya mempunyai 3 komponen yang bisa di upgrade yaitu HDD, SDD, dan RAM.

Mengingat Game semakin hari semakin boros menggunakan VGA maka kita harus upgrade jika VGA kita sudah cukup lawas, jika menggunakan PC maka proses upgrade akan mudah karena hanya perlu melepas VGA Card dari Motherboard lalu menggantinya dengan yang baru. Sedangkan Laptop Gaming tidak, jika anda ingin upgrade VGA pada Laptop Gaming maka itu sama halnya dengan membeli Laptop yang sama jenisnya namun beda spek-nya.

Jadi untuk sisi umur, PC Gaming bisa diperbaharui setiap 5 tahun sekali sedangkan Laptop Gaming tidak. Hal ini membuat PC Gaming selalu fresh namun tidak pada Laptop Gaming. Dalam urusan umur, PC Gaming masih memimpin.

  • Sisi kenyamanan
Jika dilihat dari segi kenyamanan, Komputer dan Laptop Gaming sama-sama memberikan kenyamanan ketika bermain game. Namun ada perbedaan sedikit, perbedaan tersebut adalah panas dan noise. Pada umumnya Komputer menggunakan kipas ukuran 120mm untuk mendinginkan komponen hardware, sehingga ketika beroperasi akan menimbulkan suara apalagi ketika sedang load, maka suara dari kipas tersebut akan sangat mengganggu.

Beda halnya dengan Laptop Gaming, karena hanya mempunyai 2 kipas yang digunakan untuk mendinginkan CPU dan GPU maka suara yang dihasilkan tidak terlalu nyaring, kecuali ketika sedang load.

Dalam hal panas, karena PC Gaming merupakan komputer terpisah maka panas yang akan dirasakan pengguna tidak akan terkena langsung. Sedangkan Laptop Gaming ketika sedang load maka panas yang dihasilkan dan dibuang lewat ventilasi akan terasa oleh pengguna.

Jadi untuk urusan noise, Laptop Gaming pemenangnya karena tidak menghasilkan suara nyaring(noise) yang berlebihan namun untuk urusan kenyamanan PC Gaming pemenangnya karena panas yang hasilkan tidak akan terkena langsung ke pengguna.

  • Sisi Portable
Ini PC Gaming sudah pasti kalah, PC Gaming tidak bisa dibawa kemana-mana sedangkan Laptop Gaming bisa(walaupun berat membawanya). Sesuai namanya masing-masing, PC Gaming diperuntukkan bagi Gamers yang ingin serius bermain game ditempat yang nyaman(rumah, kos, apartemen) dan memerlukan performa yang bagus. Sedangkan Laptop Gaming diperuntukkan bagi Gamers yang ingin bermain game ketika sedang dalam perjalanan. Jadi untuk urusan Portable sudah pasti Laptop Gaming pemenangnya.

  • Sisi penggunaan listrik
Untuk Laptop Gaming, penggunaan listrik tergolong hemat karena listrik dari PLN hanya diperlukan jika baterai dari laptop sudah mau habis atau sekedar meningkatkan performa dengan mencolokkan charger. Sedangkan PC Gaming menggunakan Listrik PLN secara langsung sehingga penggunaan Listrik tergantung dari PSU dan hardware yang digunakan, umumnya PC gaming menggunakan PSU 700 Watt jadi bisa dibayangkan seberapa borosnya pengguna listrik PC Gaming apalagi kalau di overclock.

Selain itu juga, Laptop Gaming tidak akan mati jika sumber listrik dari PLN padam, sehingga pengguna masih dapat menjalankan game walau listrik PLN sedang padam. Namun PC Gaming tidak demikian, ketika listrik dari PLN padam maka PC juga ikutan padam kecuali anda memiliki UPS.

Jadi untuk urusan listrik Laptop Gaming pemenangnya karena hemat listrik dan tidak akan padam jika sumber listrik PLN padam.

  • Sisi harga
Dan yang terakhir, Laptop Gaming lebih mahal dibanding PC Gaming. Seperti yang telah saya jelaskan pada bagian performa, dengan 20 juta anda sudah bisa mendapatkan PC Gaming dengan performa yang kategori tinggi(silahkan lihat disini contoh spek pc gaming 20 juta) namun jika anda membeli Laptop Gaming dengan 20 juta maka anda hanya bisa mendapatkan performa sekelas PC Gaming 10 jutaan.

Kesimpulannya menurut saya bagi seorang Gamers anda mungkin perlu kedua alat ini, namun saya rasa lebih baik mempunyai PC Gaming seharga 20 juta dan laptop Mainstream/Gaming seharga 8 jutaan, karena Laptop digunakan untuk Gaming jika anda sedang pergi berlibur atau dalam perjalanan, dan PC Gaming digunakan sebagai alat tempur utama anda.
loading...
Load disqus comments

0 komentar