Senin, 06 Juni 2016

Mengenal Paket layanan Hosting



Mengenal Paket layanan Hosting | Layanan Hosting adalah Perusahaan atau tempat yang menyediakan paket Hosting. Jika anda ingin membeli sebuah Hosting pasti anda akan menemukan beberapa Paket yang disediakan, dan Paket tersebut yang akan dibahas dalam Post ini. Secara umum ada 5 Paket Hosting yaitu Shared Hosting, VPS (Virtual Private Server), Dedicated, CO-Location Hosting, dan Reseller Hosting. Dan setiap Paket tersebut berbeda tingkatan dan Performanya.

Biasanya orang lebih sering membeli Paket Hosting yang Shared Hosting karena lebih murah dalam harga dan lebih mudah dalam penggunaan karena menggunakan Control Panel. Kalau anda ingin membeli Layanan Hosting anda harus memilih Paket Hosting dengan benar juga sesuai dengan kegunaan Hosting tersebut nanti. Jadi kali ini saya akan membahas Perbedaan Paket layanan Hosting.

Jenis-jenis Paket dalam layanan hosting

  • Shared Hosting (cPanel/WHM)
Paket ini merupakan Paket termurah dari seluruh Paket Hosting, dan instalasinya pun mudah. Shared Hosting difokuskan untuk orang yang ingin membuat Website sendiri tapi dengan harga yang murah dan Setup yang mudah. Kelemahan dari paket hosting ini adalah satu Komputer Server akan berisi 50-100 orang yang bisa dipastikan rawan kerusakaan dan ancaman Hacker.

Niagahoster - homepage

Kelebihan(+) dan Kekurangan(-) :

+ Harga lebih murah

+ Setup atau Pengaturan Server lebih mudah dan simple

+ Fitur yang diberikan cukup banyak

- Kurang Stabil

- Akun Control Panel atau Server kurang aman dan lemah

- Tenaga Server lemah

- User didalam satu Server sangat banyak (50-100 orang)
  • Cloud Site/Hosting
Cloud Site/Hosting merupakan terobosan baru dari dunia layanan hosting, Cloud Site/Hosting sendiri merupakan Sever dengan harga Shared Hosting namun dengan kekuatan VPS. Disebut Cloud Site karena sebuah website tidak berjalan di dalam satu Server namun di dalam banyak Server sehingga jika satu Server mati atau error situs tersebut langsung otomatis dipindahkan ke Server yang masih bagus tanpa harus ada Downtime. Cara kerjanya mirip seperti anda menyewa satu gedung apartemen, jika salah satu kamar dari apartemen tersebut rusak maka anda bisa pindah ke kamar lain.

Kelebihan dan kekurangan :

+ Lebih Powerfull daripada Shared Hosting

+ Harga tidak jauh berbeda dengan Shared Hosting

+ Unlimited Bandwidth, Space, Domain

+ Tidak ada downtime

-Tidak tersedia disemua penyedia layanan Hosting
  • VPS (Virtual Private Server)

Paket ini tidak jauh berbeda dengan Shared Hosting bedanya User yang berada didalam satu Komputer Server hanya ada 5-10 orang, jadi VPS lebih bertenaga dan jauh lebih kuat daripada Shared Hosting. VPS difokuskan untuk orang yang menginginkan Website dengan Komputer Server yang jauh lebih kuat dan lebih murah. Kehebatan VPS tidak jauh berbeda dengan Dedicated Hosting. Harga VPS agak lebih mahal daripada Shared Hosting.

Contoh VPS Server - Bluehost

Kelebihan dan Kekurangan :

+ Lebih Powerfull dan bertenaga dalam Server Hosting

+ User hanya 5-10 orang

+ Lebih Advanced dan bisa Root

+ Kapasitas lebih luas

+ Kustom Hardware (bisa pilih hardware)

- Harga cukup mahal

- Kestabilan masih belum sempurna (Lebih Stabil dibanding Shared Hosting)

- Tidak memiliki Control Panel (jika mau, tambah uang lagi)
  • Reseller Hosting
Reseller Hosting adalah Paket Hosting yang memperbolehkan orang lain menjual sebuah Hosting tapi atas nama dia sendiri (seperti memiliki Perusahaan Hosting yang menumpang di Perusahaan lain), Reseller Hosting hanya bisa digunakan jika sudah dijual.
  • Dedicated Hosting
Dedicated Hosting merupakan Hosting utama dalam sebuah Layanan Hosting. Untuk Dedicated Hosting, sebuah Komputer Server akan menjadi milik orang yang membeli Hosting tersebut, jadi didalam Komputer Server tersebut hanya ada satu pengguna. Dedicated Hosting merupakan Paket Hosting yang memiliki fitur terhebat dari semua Paket layanan Hosting karena hanya terdapat satu pengguna, tenaga Komputer sangat tinggi, Akses Server dengan Full Control, dan Koneksi Internet yang super tinggi (1GBps). Sayangnya Dedicated Hosting harganya sangatlah mahal.

Contoh Harga Dedicated Server - Hostgator

Kelebihan dan Kekurangan :

+ Sangat Powerfull dan memiliki Spesifikasi Komputer yang tinggi

+ User hanya satu orang

+ Memiliki Koneksi Internet yang super cepat

+ Lebih aman dan bertenaga

+ Bisa Akses Root

+ Kapasitas sangat luas (500GB Standar)

- Harga sangat mahal

- Membutuhkan Management untuk mengawasi Server (bisa dibeli dengan Manage Hosting Account)
  • CO-Location Hosting
CO-Location Hosting merupakan paket Hosting yang memungkinkan kita meletakkan komputer Server pada layanan hosting atau pada Datacenter layanan hosting, CO-Location Hosting mirip dengan menyewa kamar hotel jadi kita hanya menyewa tempat pada Datacenter layanan hosting dan koneksi internet maupun listrik. Co-Location juga memiliki harga yang cukup mahal seperti Dedicated Hosting namun lebih mahal lagi karena menyewa tempat pada Datacenter layanan hosting.

Itulah dia Perbedaan Paket Layanan Hosting. Jika ada pertanyaan atau masalah mengenai Post saya di atas silahkan Komentar atau Hubungi kami di Contact us. Jangan lupa untuk Follow Twitter blog saya atau Like us Facebook untuk mendapatkan Posts blog ini yang terbaru dan juga Konsultasi Pertanyaan dengan cepat. Salam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar