Sabtu, 25 Juni 2016

Cara Optimasi Database WordPress

Database


Cara Optimasi Database WordPress | Database WordPress merupakan Database yang berisi informasi mengenai Blog anda, dan Database ini kadang kala kotor atau beracak-acakan karena aktivitasi dari Plugin, Theme, dan tentunya anda sendiri. Tapi supaya dapat bersih, anda perlu merapikan Table dari Database tersebut. Merapikan Table Database merupakan hal yang sulit jika tidak ada alat, tapi kalau ada alat pekerjaan tersebut pasti akan menjadi mudah. Oleh karena itu kali ini saya akan nge-post tentang Cara Optimasi Database WordPress dengan mudah.

WP-Optimize


WordPress CMS merupakan Blog Tool yang terkenal dengan Plugin-nya, diantara semua Plugin ada Plugin yang bisa mengoptimasi Database WordPress dengan mudah bahkan anda bisa membuat Jadwal bersih-bersih Database di Plugin tersebut, Plugin tersebut adalah WP-Optimize. WP-Optimize bisa membersihkan semua Tables-Tables Database WordPress anda yang berantakan dan bisa membersihkan barang tak terpakai seperti Post yang sudah dihapus. Versi WP-Optimize saat ini adalah versi 1.5.6 .

Sesudah melihat-lihat bagian diatas, mari kita masuk ke Proses Cara Optimasi Database WordPress dengan mudah menggunakan Plugin WP-Optimize. Lihat caranya dibawah ini :

1. Download dan Install Plugin WP-Optimize.

OptimizeDB - Install


2. Sesudah itu akan muncul Button di Menu Navigasi utama disebelah kiri yang tertuliskan WP-Optimize, tekan tombol tersebut.

OptimizeDB2


3. Pada Dashboard WP-Optimize, anda akan melihat gambar dibawah ini :



Keterangan :

- Tab Optimizer 1.5.6 merupakan Dashboard dari Plugin WP-Optimize.

- Tab Settings berisi pengaturan mengenai Plugin ini seperti jadwal pembersihan, Backup, dan lain-lain.

- Tombol Process merupakan tombol untuk menjalankan perintah sesuai data yang sudah anda tandai dibagian Database Optimation Options.

4. Untuk memulai Optimasi Database, pastikan anda sudah menandai tulisan pada bagian Database Optimation Options terutama yang bertuliskan Optimize database tables .

OptimizeDB4


5. Sesudah itu tekan tombol Process untuk memulai Proses Optimasi, tunggu saja karena prosesnya cukup cepat.

6. Jika sudah anda dapat melihat dampak yang ditimbulkan dan hasil dari proses tadi dibagian bawah.

OptimizeDB5


7. Table Database WordPress berhasil di Optimasi

Saya sarankan untuk menghilangkan tandai pada Remove All Post Revisions dan Remove auto draft posts karena jika anda menandai pada kalimat tersebut, otomatis Post Revision atau Backup dari Post anda akan dihapus dan juga akan menghapus Post yang berada di tong sampah. Walaupun kelihatan tidak penting tapi untuk Post Revision sangatlah diperlukan, jadi bagi saya lebih baik anda menghilangkan tandai pada All Post Revisions saja demi keamanan.

Itulah Cara Optimasi Database WordPress, jika ada pertanyaan atau masalah mengenai Post saya di atas silahkan Komentar atau Hubungi kami di Contact us. Jangan lupa untuk Follow Twitter blog saya atau Like us Facebook untuk mendapatkan Posts blog ini yang terbaru dan juga Konsultasi Pertanyaan dengan cepat. Salam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar