Minggu, 26 Juni 2016

Cara mengamankan WordPress dari hacker



Cara mengamankan WordPress dari hacker | Pernah Blog anda dihack atau data blog anda kebobol oleh orang yang bertanggung jawab, kalau belum pernah syukurlah pada yang maha kuasa tapi kalau pernah jangan sedih dan kepingin pindah ke blog tool lain. Pada umunya Blog anda khususnya buat pengguna WordPress CMS ada beberapa hal yang dapat membuat Blog anda mudah dibobol oleh Hacker tapi anda harus berusaha agar Blog anda tidak mudah di hack.

Sebab-sebab Blog mudah di hack :

– Informasi pribadi atau khusus Blog anda tersebar

– Password kurang kuat dan lemah

– Ada Plugin yang memberikan Informasi Blog anda kepada para Hacker

– Sistem Server atau Server Blog anda sedang ada masalah

– Kurang sering mengupdate versi WordPress

– dll

Oleh karena itu saya akan berikan Tips agar Blog anda aman dari serangan Hacker, beberapa Caranya pernah saya lakukan ketika Blog ini pernah di Hack tanpa ada file yang hilang. Dibawah ini adalah Cara mengamankan Blog dari Hacker :

1. Pakai Plugin Wordfence Security



Fungsi dari Plugin ini sebenarnya sangat sederhana yaitu menjaga Blog atau Weblog anda dari serangan para hacker dengan menutupi celah keamanan yang terdapat di WordPress. Selain itu Plugin ini bisa menyembunyikan beberapa File penting yang terdapat pada Core WordPress jadi Plugin ini sangat direkomendasikan untuk dipasang.

2. Update selalu Versi WordPress



Setiap tahun atau bulan, Developer WordPress akan merilis WordPress versi terbaru dengan beberapa perubahan dan keamanan yang ditingkatkan. Ibaratkan saja sebuah Sistem Operasi yang tidak pernah dirawat, diperbaharui, atau dijaga kemungkinan besar Sistem Operasi tersebut pasti akan diserang virus sama juga halnya dengan WordPress semakin sering anda melakukan Update versi WordPress maka anda telah mendapatkan pembaharuan terhadap blog anda dan celah keamanannya.

3. Update selalu Plugin WordPress

Sama juga dengan yang diatas, Plugin WordPress juga berperan penting dalam keamanan Blog anda karena biasanya Developer Plugin memperbaiki Bug yang berada di Plugin yang dapat membuat celah keamanan terbuka. Saya sarankan untuk selalu mengecek versi Plugin anda karena dengan selalu memperbaharui Plugin akan berdampak Blog anda akan selalu aman

4. Pakai Theme yang aman

Maksudnya adalah saya cari Theme yang tidak ada menyelitkan kode-kode atau script yang mencurigakan. Umumnya Theme dengan Script berbahaya didapatkan dari blog atau situs yang membagikan Theme WordPress  Premium yang harusnya berbayar menjadi gratis, lebih tepatnya Theme bajakan. Saya sendiri pernah menggunakan Theme bajakan dan menemukan script berbahaya yang dapat membuat Password atau Username dari akun WordPress anda dibobol.  Jadi saya sarankan gunakan Theme buatan sendiri atau yang disediakan dari situs WordPress.org.

5. Gunakan SSL

Menggunakan SSL juga dapat meningkatkan keamanan Blog anda karena dengan SSL anda akan selalu Login dalam mode aman dan pengunjung Blog anda akan terjaga juga Informasi Pribadinya. Selain itu dengan menggunakan SSL Blog anda akan dilindungi selalu dengan Kode Enkripsi yang diberikan oleh SSL.

6. Pakai Cloudflare



Pernah dengan Cloudflare, selain dapat meningkatkan kecepatan Loading Cloudflare dapat juga meningkatkan keamanan Blog anda dari ancaman dari luar contohnya DDoS Attack. Cloudflare akan menyaring para pengujung anda yang Online maupun Offline lalu disortir dan dipisahkan mana yang Hacker dan mana yang bukan. Cloudflare dapat juga menjaga keamanan Root Server anda.

7. Sembunyikan Root Access Blog anda



Maksudnya anda harus membatasi perizinan Blog anda dari para pengujung, yang paling utama adalah menyembunyikan Root Login yang biasa bertuliskan /wp-login . Biasanya Hacker akan membaca informasi Blog anda dulu barulah menyerang darimana titik terlemah di Blog anda, saya sarankan untuk memblokir Akses ke .htaccess dan Core-core WordPress lainnya.

8. Login dalam Mode aman

Ini yang cukup penting yaitu Login dalam mode aman, maksudnya ketika anda sedang Login Web Browser anda telah diatur dalam mode secure atau aman karena Hacker selain bisa menyerang dari luar ia dapat juga menyerang dari dalam yaitu ketika pengguna sedang melakukan akses ke Blognya. Saya sarankan untuk membuat Password WordPress yang kuat, menyimpan Password tersebut ke dalam Brankas seperti Norton Identify Safe, dan Login dalam mode aman atau Mode Private(Internet Explorer).

9. Logout dengan sempurna

Jangan pernah anda keluar dari Blog anda sebelum anda logout atau Sign Out dari akun anda dengan sempurna karena kadang kala Hacker akan mencari waktu yang tepat ketika anda sedang lengah dari Blog atau bisa dikatakan masih Login tapi tanpa ada pengawasan.



10. Rahasiakan Informasi pribadi Blog anda

Ini yang paling terpenting jangan pernah anda memberikan Informasi pribadi dari Blog anda karena belum tentu Informasi yang anda berikan kepada siapapun akan disembunyikan atau dirahasikan, selain itu jika anda memberikan Informasi pribadi Blog anda kepada orang yang jujur belum tentu juga Komputer yang digunakannya aman(jika anda menyuruhnya untuk melakukan sesuatu kepada blog anda). Jadi saya sarankan untuk selalu merahasiakan Informasi pribadi Blog anda.

Semoga Tips diatas dapat membuat Blog anda aman, itulah Cara mengamankan WordPress dari Hacker. Jika ada pertanyaan atau masalah mengenai Post saya di atas silahkan Komentar atau Hubungi kami di Contact us. Jangan lupa untuk Follow Twitter blog saya atau Like us Facebook untuk mendapatkan Posts blog ini yang terbaru dan juga Konsultasi Pertanyaan dengan cepat. Salam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar