Sabtu, 04 Juni 2016

Cara mempercepat Transfer Data pada USB

Logo USB 3.0


Cara mempercepat Transfer Data pada USB | USB atau Universal Serial Bus merupakan Port Bus yang sudah ada sejak tahun 1994,Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel danPDA. Versi Port USB yang banyak digunakan adalah USB 2.0 (480mb perdetik).

File Transfer


Pada umumnya USB memiliki penyakit yaitu lamanya Transfer data ke perangkat eksternal melalui USB seperti Flashdisk, hal ini disebabkan karena Komputer berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugas sekaligus. Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan Transfer USB adalah mengurangi USB yang terhubung dengan perangkat luar.

Berikut ini Cara mempercepat transfer data pada USB

Langkah-langkahnya :

1. Pasang perangkat Eksternal seperti Flashdisk ke USB utama pada Komputer (yang biasanya tertancap pada Mainboard), biasanya USB utama yang melekat bersama Mainboard memiliki Bandwidth yang besar jadi Transfer Data menjadi cepat.

Contoh Port USB pada Motherboard


2. Gunakan kabel berkualitas tinggi untuk menghubungkan USB Port di Komputer anda ke Perangkat Eksternal, biasanya kabel yang berkualitas rendah memiliki batasan kecepatan dalam Transfer. Selain itu jika anda ingin menghubungkan perangkat jarak dekat, usahakan jangan menggunakan kabel USB yang memiliki panjang lebih dari 7 kaki (2.1 M) .

 USB Cable Connector


3. Selalu lepaskan Perangkat yang terhubung melalui USB Port ketika sedang melakukan Transfer data (kecuali Mouse/Keyboard), USB Port akan menunda Transfer jika beberapa perangkat terhubung ke USB Port karena USB Port akan membagi kecepatan kepada USB Port lainnya.



4. Aktifkan Write Caching pada perangkat eksternal maupun internal. Caranya dengan membuka Properties pada perangkat eksternal maupun internal, lalu Change Settings -> Policies -> Enable Write caching on the device .

 Disk Caching


5. Meningkatkan Performa Perangkat Eksternal, tapi mengharuskan kita untuk melepaskannya secara sempurna di Safely Remove Hardware di Tray Icon . Caranya :

a. Hubungkan Perangkat Eksternal seperti Flashdisk lalu Buka Control Panel

b. Pada kotak pencaharian, ketikan Device Manager

c. Dibagian Disk Drives, pilih perangkat Eksternal yang terhubung contohnya Flashdisk lalu klik kanan dan pilih Properties

d. Pada jendela baru, buka Tab Policies

e. Pilih Better Performance lalu Ok.

Disk Transfer Improvement


6. Gunakan SSD (Solid State Drive), pada umumnya kecepatan Transfer Data USB digantungkan pada kecepatan Hardisk dalam mengindeks data. Jadi semakin tinggi kecepatan Transfer Data di Hardisk semakin cepat pula kecepatan Transfer Data USB.

SSD


Itulah Cara mempercepat Transfer Data pada USB, jika ada pertanyaan atau masalah mengenai Post saya di atas silahkan Komentar atau Hubungi kami di Contact us. Jangan lupa untuk Follow Twitter blog saya atau Like us Facebook untuk mendapatkan Posts blog ini yang terbaru dan juga Konsultasi Pertanyaan dengan cepat. Salam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar