Kamis, 23 Juni 2016

Cara memperbaiki Crawler Error di Google Webmasters

Cara memperbaiki Crawler Error di Google Webmasters | Crawler Error atau Kesalahan Perayapan adalah Salahnya Search Engine merayapi Website anda, kesalahan tersebut biasanya terjadi karena salah satu Link dari Website tersebut telah dihapus atau diubah tetapi Cache Website tersebut masih ada di Search Engine.



Untuk dalam masalah SEO, terjadinya Crawler Error dapat membuat Website anda tidak di Indeks karena di kira ada Link mati. Selain itu Crawler Error dapat membuat Pengguna yang sedang mencari Website anda terjebak di Website anda karena Links dari Search Engine telah berubah di Website tersebut. Jadi bisa-bisa juga Website anda dikira SPAM oleh Search Engine karena selalu ada Links yang tidak tentu arah.

Sebab-sebab terjadinya Crawler Error :

1. Cache Website belum dibersihkan atau diperbaharui

2. Broken Links

3. Links berubah atau telah diganti

4. Halaman tidak boleh di Ikuti (Not Followed)

5. Halaman tidak ditemukan (Not Found)

6. Link di Sitemap sudah tidak aktif

7. Link dibatasi oleh Robots.txt

8. Timeout

9. Link tidak terjangkau

Cara memperbaiki Crawler Error di Google Webmasters :

1. Buka dan Login ke Google Webmasters .

2. Pilih Website anda di Google Webmasters yang mau anda perbaiki.

Google Webmasters_Crawler Error2


3. Buka Tab Perayapan lalu pilih Kesalahan Perayapan.

Google Webmasters_Crawler Error3


4. Setelah anda sampai di halaman Kesalahan Perayapan, akan ada dua bagian. yang pertama ialah Kesalahan Situs dan yang kedua adalah Kesalahan URL. Lihat dibagian URL lalu pilih Tidak ditemukan.

Google Webmasters_Crawler Error


5. Akan muncul Link dari Website anda yang memiliki Keruskakan, silahkan anda Klik Link tersebut lalu akan muncul Jendela baru. Silahkan anda Copy Link tersebut dan jangan menekan tombol Tandai sebagai telah diperbaiki.



6. Setelah anda menyalin Link tersebut, sekarang anda harus menghapus dan melarang Robots untuk merayapi dan mengindeks Link tersebut. Jadi caranya buka Tab Google Indeks lalu pilih hapus URL.



7. Jika anda sudah sampai dihalaman hapus URL, tekan tombol Buat Permintaan Penghapusan Baru.

Google Webmasters_Crawler Error6


8. Silahkan anda tuliskan Link yang ingin anda hapus di kotak kecil yang muncul karena menekan tombol tadi, lalu klik tombol terus.

Google Webmasters_Crawler Error7


9. Lalu ikuti Langkah Penghapusan Link dari Search Engine dengan benar dibawah ini :



10. Dan silahkan Tekan tombol Tandai sebagai telah diperbaiki dikesalahan Perayapan.

Tunggu hingga beberapa hari sampai Link tersebut dihapus dan dicekal oleh Robots, biasanya memerlukan waktu 3 hari sampai benar-benar dihapus. Biasanya, Crawler Error pada Google Webmasters bakalan muncul lagi jika link pada website anda tidak diperbaiki atau dihapus salah satu direktori pada server yang tidak ditemukan.

Agar Crawler error tidak muncul kembali saya sarankan untuk menggunakan plugin Broken Link Checker karena pada umumnya Crawler error terjadi karena ada broken link atau link mati didalam blog anda. Untuk panduan penggunaannya silahkan buka post saya disini.

Itulah Cara memperbaiki Crawler Error di Google Webmasters, jika ada pertanyaan atau masalah mengenai Post saya di atas silahkan Komentar atau Hubungi kami di Contact us. Jangan lupa untuk Follow Twitter blog saya atau Like us Facebook untuk mendapatkan Posts blog ini yang terbaru dan juga Konsultasi Pertanyaan dengan cepat. Salam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar