Rabu, 22 Juni 2016

7 Sebab pengguna menggunakan Software Bajakan



Sebab pengguna menggunakan Software Bajakan | Halo, apa kabar anda pada pekan ini semoga baik-baik saja. Hari ini admin akan membahas yang pastinya berkaitan dengan komputer dan anda juga. Kenapa anda juga saya kaitkan dengan artikel saya kali ini ? Sebabnya adalah anda pengguna software bajakan. Saya yakin disetiap pasti  komputer atau laptop anda pasti ada software bajakan, walaupun hanya terdapat satu software bajakan pada komputer anda, anda juga ditetapkan sebagai pengguna software bajakan.

Apakah anda tahu mengapa anda suka menggunakan software bajakan ?, padahal anda tahu bahwa menggunakan software bajakan sama saja dengan menjalankan virus yang berguna atau menggunakan software kawe(kata orang indonesia) yang maksudnya sudah tidak asli.

Saya juga termasuk sebagai pengguna software bajakan tapi hanya untuk sementara atau uji coba software secara trial lalu baru dibeli software tersebut atau mencari alternatif yang gratis. Tapi mengapa kita tidak bisa terpisahkan dengan software bajakan yang padahal jika dijual akan masuk dalam pelanggaran hukum hak cipta.

Setelah saya teliti sebenarnya ada banyak sebab yang membuat pengguna komputer menggunakan software bajakan mungkin bisa sampai seribu jika disebutkan satu-satu. Semua sebab itu saya rangkum dalam artikel saya kali ini yaitu Sebab pengguna komputer menggunakan Software bajakan.

Berikut sebab pengguna komputer menggunakan software bajakan :

1. Pelit

Yang pertama adalah pelit, maksudnya adalah anda tidak mau membelanjakan uang anda demi kepentingan atau pekerjaan anda sendiri contohnya anda ingin menggunakan Windows 7 Ultimate yang harganya 2 jutaan tapi anda sebenarnya anda mempunyai uang 5 juta supaya uang anda tidak berkurang hanya untuk sebuah Sistem Operasi anda mencari Windows 7 Ultimate yang bajakan dan harganya 20 ribu, itulah contoh pelit yang saya maksud.

Jika anda seperti itu maka anda akan merugikan perusahaan yang menjual Sistem Operasi atau produknya tersebut, bukan hanya perusahaan yang rugi karyawannya juga pasti ikutian rugi karena gajinya pasti dipotong untuk menekan kerugian perusahaan. Kalau anda menjadi CEO Perusahaan tersebut, pastinya anda akan mencaci maki orang yang menggunakan produknya secara bajakan.

Jadi jangan pelit terhadap diri sendiri, jika anda memang perlu membeli software tersebut secara asli maka belilah yang asli karena sesuatu yang asli pasti memiliki kelebihan walaupun jika dilihat sangatlah jelek. Dan juga membuat sesuatu apalagi menciptakan itu tidak mudah, jadi para Developer atau para pengembang software sebenarnya bisa tidak tidur semalaman untuk membuat software apalagi software yang hebat, untuk itu belilah Software asli kasihankan Developer harus tidak tidur untuk menyelesaikan software yang dibuatnya apalagi jika Software yang dibuatnya dibagikan secara gratis.

Daripada terkena caci-maki orang lain, lebih baik tidak menggunakan software yang anda anggap belum mampu membelinya dan membelinya di waktu yang akan datang atau pas ada promo.

2. Tidak ada uang

Ini sebab yang paling utama yaitu tidak ada uang, maksudnya adalah anda ingin menggunakan software tapi software tersebut dijual mahal. Setiap orang pasti memiliki keinginan namun sangat sedikit orang yang sabar untuk menunggu keinginannya, jadi seperti itulah maksud tidak ada uang.



Seperti pepatah Semakin Mahal maka Semakin bagus barang tersebut, maka semakin mahal software yang dijual maka semakin mantap software tersebut. Jadi jika anda tidak ada uang untuk membeli software yang mahal maka tunda lah dulu keinginan anda tersebut, mungkin dijual mahal karena software ditujukan untuk pengguna yang sangat mahir seperti Microsoft Visual Studio Ultimate yang dijual dengan harga 100 juta.

Namun jika anda ingin sekali menggunakan software tersebut, silahkan anda download versi Trial-nya dulu lalu anda beli license key-nya karena jika suatu software dijual satu pack maka harganya akan mahal namun jika yang dijual hanya license key-nya saja maka harga software tersebut akan turun. Contoh Antivirus Norton Internet Security dalam satu pack dijual dengan harga 200 ribu namun jika hanya license key saja dijual 90 ribu.

3. Takut rugi atau tertipu

Ini mungkin menjadi sebab pengguna menggunakan software bajakan yaitu takut rugi atau tertipu, maksudnya adalah jika anda ingin membeli sebuah Game Ori dan sudah anda beli namun ketika anda menginstalnya dan melakukan aktivasi sistem dari software tersebut mengatakan bahwa anda menggunakan license key yang palsu padahal anda menggunakan license key yang asli, itulah yang dimaksud takut rugi dan takut tertipu.

Sebenarnya masalah takut rugi atau takut tertipu itu kembali kepada anda sendiri, apakah anda membelinya ditempat yang benar atau salah, jika salah wajar saja anda mengalami kerugian dan kena tipu. Pada umumnya sebuah software pasti memiliki situs resminya, jadi jika ingin cari retail-nya bisa cari di situs resminya.

4. Tidak mengetahui perbedaan Produk asli dengan palsu

Ini mungkin bisa dimaklumi, yaitu tidak mengetahui perbedaan produk asli dengan yang palsu. Pada umumnya software bajakan mudah dikenali, seperti tidak bisa diperbaharui, aplikasi sering memakan banyak resource komputer, dan sering dianggap virus. Itu merupakan software bajakan tahun 2012 kebawah yang kebanyakan menggunakan crack tool seperti Windows Loader. Namun untuk tahun 2013 keatas, kita agak sulit untuk membedakan software asli dengan palsu karena sedikit perbedaan antara asli dengan palsu.

Untuk membedakan software palsu dengan yang asli adalah bisa diperbaharui atau tidak, kebanyakan software palsu atau bajakan tidak bisa diperbaharui karena crack software sudah memblokir jaringan internet ke software bajakan jadi software bajakan tidak bisa diperbaharui untuk menjaga lisensi agar tetap aktif.

5. Pikir beli komputer/smartphone mahal-mahal pasti aplikasinya sudah ada dan banyak

Ini saya temukan pada beberapa orang yang baru kenal sama teknologi komputer, mereka membeli sebuah laptop lalu mengatakan "apakah saya bisa menggunakan/mengunduh software secara gratis ? " tentu aneh lah pertanyaan ini bagi penjual komputer tersebut.

Memang pada umumnya, penjual komputer tidak resmi pasti akan menyediakan built-in software bajakan atau gratis pada setiap produk komputer yang dijualnya apalagi jika komputer yang dijualnya tidak memiliki sistem operasi pabrikan.

6. Mahalnya harga software asli

Ini pasti dikatakan oleh semua pengguna yaitu mahalnya harga software asli. Memang ,harga software yang asli semuanya mahal bahkan bisa lebih mahal software-nya ketimbang komputer yang digunakan, saya juga mengatakan seperti itu jika ada survei. Umumnya harga software asli bisa mencapai ratusan juta atau 100x lipat lebih mahal daripada sebuah Netbook.



Tapi jika kita selidiki, yang membuat software tersebut mahal adalah kegunaannya yang banyak, contoh Adobe Photoshop Extended dijual 11 juta tapi walaupun mahal kegunaannya lebih banyak ketimbang photoscape. Selain itu, mungkin mahal karena software tersebut pakai sistem license selamanya yang membuat kita tidak perlu melakukan perpanjang aktivasi.

7. Ribet melakukan aktivasi

Dan yang terakhir yaitu ribet ketika melakukan aktivasi. Masalah ini biasanya hanya saya temukan pada aktivasi Windows karena jika license-nya tidak bisa diaktivasi walaupun asli kita diharuskan melakukan aktivasi lewat telpon yang rumit banget langkah-langkahnya. Sedangkan software bajakan tidak perlu melakukan aktivasi yang rumit, tinggal install aplikasinya lalu jalankan crack atau patch dan selesai deh proses aktivasinya.

windows-loader-v2-1-7-by-daz


Itulah 7 Sebab pengguna menggunakan Software Bajakan, coba anda inspek diri anda sendiri pasti ada salah satu yang diatas masuk terutama yang nomor 2 dan 6. Saya sendiri juga menggunakan Software bajakan tapi untuk sekedar mencoba saja, saya punya pengalaman laptop saya sampai rusak dan masuk virus gara-gara software bajakan jadi saya sudah jera menggunakan software bajakan (kecuali musik bajakan, Heee).
loading...
Load disqus comments

0 komentar