Rabu, 11 Mei 2016

Cara membuat XML Sitemap di WordPress

Contoh XML Sitemaps

Cara membuat XML Sitemap di WordPress | Sitemap adalah daftar halaman situs web yang bisa diakses oleh crawler atau pengguna. Sitemap biasanya berisi Link menuju ke halaman berikutnya dalam satu Format Dokumen yaitu XML Sitemap. Untuk Website atau masalah SEO, keberadaan Sitemap sangatlah penting karena tanpa Sitemap Crawler atau Pengguna tidak bisa mengakses halaman anda dengan tepat, cepat, dan jelas.

Bagi pengguna Website seperti ASP.NET , anda harus membuat Sitemap sendiri jika telah membuat halaman berikutnya karena Website tidak memiliki Plugin atau Tool yang dimiliki Website Tool seperti WordPress. Dan bagi pengguna WordPress, anda sangat beruntung karena WordPress menyediakan Plugin untuk membuat Sitemap yaitu Google XML Sitemaps dan WordPress SEO by Yoast.
  • Dibawah ini adalah Cara membuat XML Sitemap dengan Google XML Sitemap :

1. Jika anda belum memasang Plugin Google XML Sitemap, silahkan Install Plugin tersebut dengan Cara :
  • Buka Tab Plugins
  • Klik Tombol Add New
  • Ketikan di Search Box “Google XML Sitemaps” tanpa tanda petik.
  • Lalu jika ketemu, klik Install.

2. Jika anda sudah memasang Plugin Google XML Sitemaps, sekarang Buka Tab Settings lalu klik XML-Sitemap.

XML-Sitemaps_Tab


3. Kalau sudah, silahkan membuat XML Sitemap pertama untuk Blog anda dengan mengklik tombol Build your Sitemaps now atau biasanya XML Sitemap akan dibuat sendiri. Untuk mengetahui dimana XML Sitemap Blog anda berada, anda dapat mengklik tulisan Your Sitemap was last build….. , atau anda tulis sendiri di Address dengan menambahkan /sitemap.xml setelah nama domain anda. Contoh http://alqisyan.com/sitemap.xml .

XML-Sitemaps_Show Sitemaps


4. Silahkan anda Submit XML Sitemaps Blog anda menuju Webmasters.

  • Dibawah ini adalah Cara membuat XML Sitemaps dengan WordPress SEO by Yoast :

1. Jika anda belum menginstall WordPress SEO by Yoast silahkan Install dulu. Jika sudah ikuti langkah-langkah untuk membuat Sitemap dengan WordPress SEO dibawah ini.

2. Buka Tab SEO lalu buka lagi Tab XML Sitemaps.

WordPress SEO by Yoast_Sitemaps


3. Jika anda menonaktifkan Fitur XML Sitemaps dari WordPress SEO tandai di Check this box to enable XML Sitemaps functionality. Lalu sisa pengaturan dibawah-nya tidak usah diubah karena sudah dioptimalkan oleh WordPress SEO. Tekan tombol Save untuk menyimpan pengaturan yang telah dibuat.

WordPress SEO by Yoast_Sitemaps2


4. Lalu jika anda ingin melihat XML Sitemaps hasil WordPress SEO tadi silahkan tekan tombol XML Sitemaps dan akan terdapat 3 buah XML Sitemap (Pada umumnya), setiap Sitemaps tersebut mengarah kepada beberapa Halaman di Blog anda seperti Post, Pages, Tags, Categories, dan lain-lain.

5. Dan silahkan anda Submit Sitemap tersebut kepada Webmasters.

Saya sarankan untuk membuat XML Sitemaps dengan WordPress SEO karena anda tidak perlu membuat XML Sitemap jika telah membuat Post atau Page dan WordPress SEO akan mengisi XML Sitemap dengan isi yang ada pada Blog anda seperti Gambar, Post, Pages, dan lain-lain.

Itulah Cara membuat Sitemap di WordPress, jika ada pertanyaan atau masalah mengenai Post saya di atas silahkan Komentar atau Hubungi kami di kontak kami. Jangan lupa untuk Follow Twitter blog saya atau Like us Facebook untuk mendapatkan Posts blog ini yang terbaru dan juga Konsultasi Pertanyaan dengan cepat. Salam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar