Selasa, 10 Mei 2016

Cara melihat Windows Experience Index di Windows 10

Cara melihat Windows Experience Index di Windows 10


Cara melihat Windows Experience Index di Windows 10 | Windows Experience Index merupakan tool yang tersedia sejak Windows Vista dan digunakan untuk mem-benchmark komputer atau rating sebuah hardware komputer. Windows Experience Index atau WEI merupakan tool yang sangat berguna, mengapa ? Karena WEI dapat memudahkan anda untuk mengetahui apakah komputer anda mampu menjalankan sebuah program atau game dengan cara melihat rating hardware komputer anda.

Biasanya untuk melihat Windows Experience Index, kita hanya perlu membuka Computer Properties pada Control Panel Windows Vista/7/8 . Tapi ketika anda menginstal Windows 8.1 atau Windows 10, maka ketika anda membuka Computer Properties ada sedikit perbedaan yaitu hilangnya Windows Experience Index. Selain itu disitus windows.com tidak ada penjelasan kemana hilangnya Windows Experience Index.

Windows 8 Properties


Tapi dengan hilangnya menu Windows Experience Index pada Windows 8.1, bukan berarti Windows Experience Index sudah dihapus Microsoft tetapi hanya menghilangkan menu WEI pada Windows 8.1. Untuk melihat Windows Experience Index di Windows 8.1 akan saya berikan caranya pada artikel kali ini yaitu Cara melihat Windows Experience Index di Windows 10 atau Windows 8.1 .

Ada dua cara untuk melihat Windows Experience Index di Windows 8.1 : pertama via winsat.exe pada CMD dan yang kedua dengan menginstall program Windows Experience Index.

Berikut ini Cara melihat Windows Experience Index di Windows 10

  • Cara pertama :
Pada cara pertama saya akan menggunakan tool Windows Experience Index sendiri yaitu winsat.exe dan melihat hasilnya pada folder winsat .

- Langkah-langkah :

1. Buka folder C:\Windows\Performance\WinSAT\DataStore pada komputer anda.

2. Lalu cari file yang berjudul/berakhiran dengan Formal.Assessment (Initial).WinSAT , jika ada atau ketemu buka file tersebut dengan Web Browser anda, saya sarankan untuk membukanya dengan internet explorer karena lebih cocok dengan kode-kode WinSAT ini.

 Formal.Assessment (Initial).WinSAT - Check WEI Win8.1


3. Ketika file Formal.Assessment (Initial).WinSAT sudah dibuka pada Web Browser anda, cari bagian yang berisi kata CPUscore, Memoryscore, dll atau pada bagian <WinSPR> . Pada bagian tersebutlah anda bisa melihat rating Windows Experience Index pada komputer anda.

2- Formal.Assessment (Initial).WinSAT - Check WEI Win8.1


Tapi jika file tersebut tidak ada, maka anda perlu melakukan test WEI sendiri menggunakan perintah pada Command Prompt. Cara sebagai berikut :

1. Buka Command Prompt dengan mode Administrator.

2. Pada Command Prompt, ketikkan "winsat prepop" atau "winsat formal" tanpa tanda kutip lalu enter.

Run winsat prepop - Check WEI Win8.1


3. Tunggu beberapa saat karena proses ini mirip dengan melakukan cek Windows Experience Index pada Windows 7 jadi agak lama dan akan membuat komputer anda agak kaku dan lambat.

4. Jika sudah selesai, maka file Formal.Assessment (Initial).WinSAT akan muncul pada C:\Windows\Performance\WinSAT\DataStore .

  • Cara kedua :

Pada cara kedua kita akan menggunakan aplikasi Windows Experience Index non-official yang bernama ChrisPC Win Experience Index . Aplikasi ini bersifat gratis jadi boleh dibagi-bagikan. Untuk mendownload ChrisPC Win Experience Index, anda bisa pergi ke situsnya disini.

ChrisPC Win Experience Index - Pic1


Penggunaan ChrisPC Win Experience Index sama dengan Windows Experience Index pada Windows 7 maupun Windows 8 bahkan tampilan dari ChrisPC Win Experience Index sama dengan WEI pada Windows 8.

Itulah Cara melihat Windows Experience Index di Windows 10 . Jika ada pertanyaan atau masalah mengenai Post saya di atas silahkan Komentar atau Hubungi kami di Contact us. Jangan lupa untuk Follow Twitter blog saya atau Like us Facebook untuk mendapatkan Posts blog ini yang terbaru dan juga Konsultasi Pertanyaan dengan cepat. Salam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar