Senin, 09 Mei 2016

5 Aplikasi perekam layar untuk Windows

5 Aplikasi perekam layar untuk Windows | Biasanya ketika kita ingin membuat sebuah video tutorial yang berhubungan dengan aplikasi komputer atau tips komputer yang mengharuskan kita untuk merekam aktivitas pada layar komputer kita, pastinya kita memerlukan aplikasi yang bisa merekam aktivitas pada layar komputer kita.

Kegiatan merekan aktivitas pada layar disebut Screen Recording yang memungkinkan kita merekam apa saja yang muncul pada layar komputer anda seperti aplikasi, video, foto, dll. Screen Recording ini biasanya digunakan orang yang suka membuat video tutorial seperti yang telah saya katakan diatas.

Untuk Windows ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam aktivitas pada layar komputer windows, setiap aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur yang berbeda pula. Ada aplikasi Screen Recording yang bisa merekam layar yang sedang menampilkan sebuah permainan High-End atau ada yang bisa melakukan dual screen recording (merekam layar sekaligus wajah sang operator komputer) atau yang bisa memasukkan musik dan lain-lain.

Jika anda bingung aplikasi perekam layar yang mana paling bagus, anda bisa melihat review-nya pada artikel saya kali ini yaitu 5 Aplikasi perekam layar untuk Windows dibawah ini :

1. Screenrecorder

Screenrecorder merupakan aplikasi Screen Recording yang dibuat oleh TechNet Magazine Microsoft dan diberikan secara gratis/komersial. Walaupun diberikan secara gratis bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki fitur-fitur yang keren, selain bisa merekam layar Screenrecorder juga bisa merekam suara pengguna komputer tersebut melalui Microphone Komputer maupun Headphone.

Screenrecorder by buraku


Kelemahan dari aplikasi ini adalah tampilannnya yang sangat sederhana namun mudah digunakan, dan kurangnya beberapa fitur seperti editor atau cutting, efek musik, dan lain-lain. Jadi screenrecorder cocok untuk anda yang sedang bepergian jauh namun salah satu dari keluarga anda ingin anda membantunya dalam hal komputer dan mengharuskan anda menjelaskannya secara visual menggunakan layar komputer.

2. Ezvid

Ezvid merupakan aplikasi Screen Recording yang memiliki tampilan yang keren tapi mudah digunakan, dan memiliki bulit-in Video Editor yang memungkinkan anda mengedit Video yang anda buat tanpa membuka aplikasi Video Editor seperti Adobe After Effect. Ezvid merupakan aplikasi gratis atau freeware.

Ezvid - Screenshot


Ezvid memiliki beberapa keunggulan, yang paling utama adalah merekan layar dalam mode HD (1280x720) dan Video Editor. Selain itu, Ezvid juga bisa dual recording (merekam layar sekaligus wajah sang pengguna komputer), Gaming Mode yang memudahkan anda merekam game yang sedang dijalankan tanpa kehilangan beberapa gambar, Slideshow mode, dan menambahkan Narrator pada video, dan yang paling keren tersedia beberapa musik yang siap ditambahkan pada video anda.

3. Free Screen Video Recorder

Free Screen Video Recorder merupakan aplikasi Screen Recording yang mengutamakan kemudahan dan keunggulan dalam format video. Free Screen Video Recorder pada dashboardnya saja hanya terdapat 9 ikon yang memiliki fungsi yang berbeda-beda, tidak jauh seperti Ezvid maupun Screenrecorder yaitu merupakan aplikasi gratis.

FreeScreenVideoRecorder - Screenshot


Free Screen Video Recorder merupakan alternatif jika anda tidak mau menggunakan Ezvid yang mengharuskan anda mendownload aplikasinya dengan ukuran >100mb , namun fitur-fitur yang diberikan Free Screen Video Recorder tidak jauh berbeda dengan Ezvid.

4. CamStudio

CamStudio juga merupakan aplikasi Screen Recording yang memiliki kemampuan merekam aktivitas layar dalam bentuk movie dan berformat .avi . CamStudio juga merupakan aplikasi Screen Recording yang gratis. CamStudio memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan Ezvid hanya beda pada interface-nya saja, selain itu jika anda ingin menambahkan musik dari luar agar video yang anda buat menarik CamStudio sudah menyediakan musik yang siap ditambahkan ke video anda.

CamStudio


5. Screenr

Screenr merupakan aplikasi Screen Recording portabel yaitu tidak perlu di instal hanya anda memerlukan koneksi internet, browser, dan java pada komputer anda. Selain itu Screenr bisa merekam aktivitas layar pada Windows PC dan Mac. Di Screenr, anda diberikan waktu merekam gratis selama 5 menit, sesudah itu anda dapat membagi video yang buat langsung pada Screenr. Untuk menggunakan Screenr, anda perlu memiliki akun Screenr yang bisa anda dapatkan di situs Screenr.

Screenr


Silahkan anda pilih Aplikasi Screen Recorder yang mana mau anda gunakan, yang pasti cari aplikasi Screen Recording yang gratis dan tidak memiliki batasan waktu penggunaan. Untuk yang Professional, anda bisa menggunakan Screen Recorder yang berkelas dan tidak gratisan, semua itu tergantung anda.

Itulah 5 Aplikasi perekam layar untuk Windows, jika ada pertanyaan atau masalah mengenai Post saya di atas silahkan Komentar atau Hubungi kami di Contact us. Jangan lupa untuk Follow Twitter blog saya atau Like us Facebook untuk mendapatkan Posts blog ini yang terbaru dan juga Konsultasi Pertanyaan dengan cepat. Salam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar