Kamis, 21 April 2016

4 masalah umum ketika menjalankan PC Game

4 masalah ketika menjalankan PC Game dan cara memperbaikinya | PC Games atau orang kita nyebutnya Game PC, adalah game atau permainan yang dijalankan pada komputer(udah pasti). Namun apakah anda pernah menjalankan salah satu dari game pc tersebut muncul error. Menurut saya semua orang pasti pernah menemukan error atau bug ketika menjalankan game pc.

Ada 2 jenis error tersebut, pertama error bawaan atau error dari aplikasinya dan yang kedua yaitu dari komputer atau laptop anda sendiri. Jika dibandingkan, error tersebut lebih sering muncul karena komputer anda sendiri. Salah satunya yang sering muncul ialah error D3dcomplier.dll not found , error ini terjadi karena komputer anda tidak mempunyai aplikasi Run DirectX 11.

Selain error D3dcomplier.dll , masih ada lagi error atau masalah umum yang sering terjadi ketika menjalankan game pc, berikut ini 4 masalah ketika menjalankan PC Game dan cara memperbaikinya.
  • Game Crash

Game crash terjadi karena 2 sebab, pertama karena file dari game tersebut error dan kedua karena komputer anda sedang hang atau nge-lek. Menurut saya Game Crash lebih sering terjadi karena file game tersebut corrupt. Umumnya masalah ini muncul jika anda menggunakan game bajakan, karena jika crack atau update dari game tersebut tidak sesuai maka game tersebut akan corrupt dan ketika dijalankan bakal berhenti dengan sendirinya. Cara mengatasi hal ini adalah dengan men-download ulang game tersebut, melakukan install ulang game, mengganti Crack lama dengan Crack baru, dan meng-update game tersebut.

Dan jika game tersebut Crash karena komputer anda, cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan Restart komputer, melakukan Defrag Hardisk(jika menggunakan Hardisk), menutup aplikasi yang tidak penting, mengupdate driver komputer dan windows, dan melakukan upgrade hardware(contohnya RAM).
  • D3dcomplier_43.dll not found/is missing

d3dcompiler_43.dll - error


D3dcomplier_43.dll merupakan komponen penting dari paket Microsoft DirectX. Komponen ini berfungsi untuk menjalankan aplikasi berbasis Microsoft DirectX seperti Game PC. Sebenarnya disetiap versi Windows sudah terdapat DirectX bawaan, seperti Windows 7 yang bawaannya DirectX dan Windows 10 yang bawaannya DirectX 12. Namun tidak semua Developer dari aplikasi hanya menggunakan satu seri dari DirectX, mereka pasti juga menggunakan versi lama dari Microsoft DirectX untuk menjalankan aplikasi mereka. Karena setiap versi Windows tidak diberikan versi lawas dari DirectX maka error ini akan muncul. Cara untuk memperbaiki error ini silahkan buka Post saya disini.
  • msvcp120.dll missing

 msvcp120.dll is missing

msvcp120.dll missing adalah salah satu komponen dari paket Microsoft Visual C++ 2005, 2008, 2010, 2012, 2013, dan 2015. Seperti DirectX, Visual C++ berfungsi untuk menjalan perintah-perintah dari aplikasi yang menggunakan coding berbasis Visual C++. Aplikasi yang paling sering menggunakan Visual C++ adalah Game PC, Video dan Audio Editing, Photoshop, dan Visual Studio.

Pada sistem bawaan Windows tidak disediakan komponen Visual C++, kecuali Windows 8 dan 10 yang bawaannya sudah ada Visual C++ 2008. Selain itu juga, virus dan aplikasi yang tidak diinginkan dapat juga membuat Visual C++ yang sudah ada pada Windows menjadi error dan tidak bisa digunakan. Cara untuk memperbaiki error ini adalah dengan melakukan Scan virus, melakukan update Visual C++, menginstall ulang Visual C++ (link download), atau melakukan install ulang windows.
  • Your VGA RAM is low

Ini error-nya kalau tidak salah saya seperti ini "Your VGA Card has low memory". Umumnya error ini terjadi karena aplikasi atau game tersebut tidak dapat menemukan Memory bawaan VGA atau RAM VGA memang sedikit. Biasanya game seperti PES yang muncul error  ini. Cara untuk memperbaiki error ini adalah dengan melakukan install ulang driver VGA ke versi yang baru. Selain itu mengupgrade VGA Card ke versi yang lebih tinggi(contohnya dari Geforce 210 ke Geforce GTX750) juga bisa mengatasi error ini.

Itulah 4 masalah umum yang sering saya temui ketika menjalankan Game PC. Menurut saya jika anda ingin menjalankan Game PC dan tidak muncul error, anda harus mengecek komputer anda terlebih dahulu, apakah bisa menjalankan game tersebut. Karena pada umumnya Game PC terbaru tidak mendukung komputer lawas. Selain itu cek juga komponen pelengkap seperti DirectX dan Visual C++, apakah sudah terinstall belum. Jika semua sudah dicek namun masih muncul error berarti game tersebut yang error.
loading...
Load disqus comments

0 komentar