Sabtu, 05 Desember 2015

Tips membuat blog

Tips membuat blog | Assalamualaikum readers, apa kabar hari ini ? Semoga sehat selalu. Kali ini admin mau share sedikit pengetahuan mengenai Blog yaitu Tips membuat Blog. Mungkin ada yang lagi ingin punya blog simak penjelasan saya dibawah.

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog biasanya merupakan situs curhat dari hati si penulis namun bisa juga sebagai tempat dimana penulisnya ingin berbagi pengetahuan atau sekedar iseng-iseng. Saat ini ada banyak situs blog yang aktif. Terdapat banyak web tool yang bisa digunakan untuk membuat blog salah satunya adalah Blogger dan WordPress.

Jika anda saat ini sedang berencana membuat sebuah blog, ada banyak hal yang harus anda perhatikan agar blog anda tidak menjadi situs mati yang sedikit pengunjung. Berikut ini Tips membuat blog.

  • Pilih gratisan atau Web Host sendiri

Yang paling utama ketika membuat blog yaitu menggunakan Web Host gratis seperti Blogger yang dihost oleh Google atau Web Host sendiri. Ada perbedaan ketika anda menggunakan Web Host sendiri karena anda bisa menggunakan fitur email dengan domain sendiri. Selain itu karena menggunakan Web Host sendiri anda membuat blog anda menjadi cepat direspon karena bisa ubah pengaturan cache-nya.

Namun ada juga kerugian ketika menggunakan Web Host sendiri yaitu rentan serangan hacker, selain itu anda harus sering-sering melakukan perawatan agar Server anda tidak keberatan.

  • Pilih Vendor yang tepat

Dalam dunia Blogging, ada banyak blog tool yang bisa anda gunakan untuk membuat blog, contohnya yang terkenal saat ini adalah Google Blogger dan WordPress. Bagi anda yang ingin pertama kali mencoba membuat blog anda bisa menggunakan Blogger karena lebih mudah dan simpel dalam penggunaanya. Namun jika anda ingin konten yang lebih bisa dimanagemen maka anda bisa menggunakan WordPress.

  • Gunakan Domain gratis atau Domain sendiri

Umumnya Blog tool seperti Blogger atau WordPress akan memberikan anda sub-domain gratis, namun karena gratis biasanya terdapat domain dari blog tool itu sendiri contohnya alqisyan.blogspot.com atau alqisyan.wordpress.com . Hal tersebut bisa anda ubah dengan membeli domain anda sendiri lalu memasangnya pada blog anda. Keuntungan menggunakan domain sendiri adalah lebih SEO dan juga mudah diingat karena tidak perlu mengingat vendornya. Untuk domain dotcom(.com) biasanya dijual seharga 100 ribu.

  • Siap-siap sibuk

Dan yang terakhir yaitu siap-siap sibuk. Karena anda sudah siap membuat blog maka anda akan disibukkan untuk mengisi postingan dan memantau blog anda sendiri.

Itulah Tips membuat blog. Jika menurut anda artikel ini bermafaat silahkan di share ya dan jika ada yang anda tidak mengerti silahkan komentar. Sekian dari saya dan Wassalam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar