Minggu, 25 Oktober 2015

Cara mengurangi lag pada game pc

Cara mengurangi lag pada game pc | Gaming, siapa sih yang nggak suka gaming ? Pasti banyak yang suka bermain game apalagi kalau dimainkan bersama dengan keluarga atau teman. Biasanya kita bermain game untuk mengisi waktu luang atau sekedar nyantai saja. Kadang kita bisa lupa waktu kalau sudah bermain game apalagi kalau gamenya seru, namun jika kadang-kadang nge-lag atau error dan sebagainya, pasti anda segera frustasi dan mungkin menghempaskan consol game tersebut.

Cara mengurangi lag pada game pc


Ngomong-ngomong soal nge-lag, ada satu consol game yang paling sering terjadi nge-lag yaitu PC atau Laptop atau komputer. Pada Komputer, ada banyak game yang bisa dimainkan bahkan game dari perangkat lain juga bisa dimainkan, Komputer lebih dipilih untuk dijadikan Gaming rig karena bisa diupgrade dan bisa digunakan untuk kepentingan lainnya seperti browsing atau mengerjakan tugas.

Komputer, terutama yang OS-nya Windows sering terjadi nge-lag ketika bermain game. Ada banyak sebab yang membuat Gaming rig atau komputer anda nge-lag ketika bermain game salah satunya adalah hardware yang tidak cukup. Wajar saja, tahun 2015 ini banyak game keluaran terbaru yang mengharuskan kita mempunyai hardware kelas atas salah satunya game yang pernah saya mainkan adalah Batman Arkham Knight. Game ini memerlukan hardware minimum Intel Core i5, 6GB memori, dan grafis minimum Geforce GTX 760, kalau dulu hardware kayak gini sudah bisa main game dengan setelan high.

Namun ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat PC menjadi lancar ketika bermain game salah satunya adalah melakukan upgrade, berikut ini Tips bermain game PC lancar dan bebas nge-lag.
  • Melakukan Upgrade
Jika anda ingin menjalankan game tahun 2014 ke atas maka anda perlu meng-upgrade komputer anda, yang paling utama untuk diupgrade adalah VGA dan RAM. Untuk game 2014, anda perlu menggunakan VGA Card setidaknya keluaran tahun 2013 atau 2014 juga contohnya adalah Geforce GTX 750 atau Radeon R7 karena kualitas gambar dari game tersebut sangat tinggi sehingga diperlukan grafis yang tinggi juga.



Selain VGA yang harus diupgrade, RAM juga perlu diupgrade. Kenapa ? Karena game tahun 2014 mengharuskan anda mempunyai ukuran ram minimum 6GB, untuk 4GB sebenarnya sudah bisa namun jika kapasitas RAM telah habis maka komputer akan melakukan restart secara paksa. Selain itu dengan meng-upgrade RAM anda bisa meningkatkan performa VGA anda. Rekomendasi saya adalah menggunakan RAM paling tidak 8GB untuk bermain game lancar jaya.
  • Update Driver
Driver juga berpengaruh dalam menentukan performa komputer anda terutama VGA. Dengan meng-update Driver VGA anda dapat membuat VGA anda berjalan semaksimal mungkin dan juga mendapatkan fitur terbaru dari vendor VGA tersebut. Biasanya VGA merek AMD Radeon yang jika driver-nya diupdate maka akan membuat VGA tersebut menjadi bertenaga.

GeforceGPU_Driver
  • Tutup aplikasi
Menutup aplikasi yang sedang berjalan juga dapat membuat performa komputer anda meningkat dan membuat Game yang sedang dijalankan menjadi lancar. Jika anda sedang bermain Game PC dan juga sedang membuka Google Chrome, bisa jadi komputer anda restart sendiri karena RAM nya sudah habis.

Menutup Aplikasi


Sebaiknya anda fokus dulu aplikasi mana yang ingin anda jalankan, jangan membuka aplikasi game bersamaan Adobe Photoshop mungkin fps yang anda dapatkan hanya 10-20. Selain itu dengan hanya menjalankan satu aplikasi, komputer anda akan memfokuskan performanya ke satu aplikasi juga yang menjadikan Game yang sedang anda mainkan semakin lancar.
  • Defrag Hardisk atau ganti dengan SSD
Fragment merupakan data beku yang tidak beraturan dan tersimpan pada hardisk, Fragment biasanya terbentuk karena kita melakukan management data seperti menghapus, mengubah, membuka, dan memindahkan data. Fragment dapat mengganggu kinerja Hardisk karena hardisk harus mengindeks data yang berantakan pada hardisk dan membuat proses read menjadi lambat. Untuk menghilangkan Fragment maka anda perlu melakukan Defragment dengan aplikasi bawaan Windows seperti Disk Defragment atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Defraggler.

Disk Defragment


Selain dengan melakukan Defrag Hardisk anda juga dapat meningkatkan performa komputer anda untuk gaming dengan cara mengganti Hardisk dengan SSD atau Solid State Drive. Jika dibandingkan SSD super cepat ketimbang HDD(Hardisk) namun harga SSD jauh lebih mahal dibanding HDD.
  •  Optimasi Windows
Optimasi Windows juga berpengaruh dalam kinerja hardware, karena jika windows telah dioptimasi maka hardware komputer dapat berjalan seoptimal mungkin. Selain itu dengan mengoptimasi windows anda dapat mengurangi bug yang bakal muncul ketika sedang bermain game. Salah satu cara untuk mengoptimasi Windows adalah dengan membersihkan file sampah dengan CCleaner atau Repair Registry Windows dan sebagainya.

Windows Update


  • Ubah setelan gambar dari tinggi ke rendah
Maksudnya disini adalah mengubah kualitas gambar dalam game tersebut dari tinggi ke rendah, anda pasti sudah tahu caranya yaitu dengan masuk ke dalam menu utama game lalu ke pengaturan/settings lalu VGA atau Graphic. Umumnya game akan otomatis memilih setelan grafis yang tepat untuk komputer anda namun kadang-kadang setelan grafis yang diberikan sangatlah tinggi hingga dapat membuat game sering nge-lag.

AC Unity Graphic Settings


Jika anda pengguna VGA Card versi biasa bukan yang extreme seperti Geforce GTX atau Radeon R9-Series, ubahlah grafis pada game tersebut ke level normal atau low karena dapat membuat game tersebut menjadi ringan dan bebas nge-lag.
  • Pakai Game Original
Dan yang terakhir yaitu menggunakan game original, percuma saja anda membaca tips saya yang diatas namun yang ingin tidak. Menggunakan Game Original terdapat banyak perbedaan yaitu dijamin bebas crash, dapat dukungan update resmi jadi pasti lebih ringan, dan lebih ringan karena menggunakan software asli yang bebas virus atau crack.

Anda boleh saja menggunakan game bajakan namun jika anda ingin merasakan game bebas crash maka anda perlu menggunakan game original, selain itu kasihanilah Developer Game tersebut yang susah payah membuat game-nya sendiri namun banyak yang membuat bajakannya.

Itulah tips bermain game pc lancar, sebenarnya hal yang paling berpengaruh dalam kelancaran bermain game adalah Hardware yang cukup jadi jika anda ingin 100% lancar bermain game maka anda perlu membuat sebuah Komputer Gaming yang mempunyai hardware kelas berat, jika anda ingin tahu tips membuat komputer gaming silahkan anda lihat post saya disini. Sekian dari saya, jika menurut anda artikel ini bermanfaat tolong di share ya. Wassalam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar