Minggu, 18 Oktober 2015

Cara mempercepat loading blog wordpress

Cara mempercepat loading wordpress | Loading, kata ini pasti kita temukan ketika memuat atau sedang membuka sebuah laman website, loading yang artinya ini memuat merupakan kata yang paling tidak kita suka ketika sedang membuka sebuah situs web karena jika dikaitkan dengan website maka artinya website tersebut lambat dimuat.

Cara mempercepat loading blog wordpress


Khusus untuk Blog CMS berbasis WordPress, ada banyak hal yang dapat membuat loading blog wordpress anda lambat dimuat salah satunya adalah theme atau tema yang terlalu banyak menggunakan efek. Selain itu penggunaan plugin juga dapat membuat blog anda menjadi lambat karena server terlalu banyak mendapatkan tugas sehingga kinerja server menjadi lelet.

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk membuat situs atau blog wordpress anda menjadi cepat dan bebas lemot, salah satunya adalah dengan menggunakan CDN atau Content Delivery Network. Berikut ini adalah Tips untuk mempercepat loading blog wordpress.

  • Upgrade Sever
Jika membahas loading situs berbasis WordPress CMS maka hal yang terpenting untuk kita cek dulu adalah performa server karena kecepatan situs atau blog berbasis Wordpress tergantung dari servernya juga, situs umum juga begitu namun situs yang tidak menggunakan WordPress lebih banyak menggunakan resource server.

Server Host


Jadi jika anda ingin situs atau blog WordPress anda menjadi cepat dan tidak lelet maka anda perlu untuk meng-upgrade server anda dulu, jika anda menggunakan layanan hosting maka anda perlu mengganti paket dari Shared Hosting menjadi VPS atau Dedicated Hosting, jika anda ingin keduanya anda dapat melihat salah satu vendor hosting yang saya gunakan disini.

  • Update versi WordPress dan pluginnya

WordPress merupakan CMS yang paling sering melakukan update, biasanya setiap beberapa bulan sekali terdapat update keamanan dan fitur dari situs wordpress.org . Namun dengan seringnya kita meng-update versi WordPress kita dapat meningkatkan kecepatan loading situs atau blog wordpress, sebabnya adalah setiap versi WordPress yang baru biasanya terdapat perbaikan dalam hal resource server jadi semakin baru WordPress maka Server semakin ringan.

WordPress Update Page


Begitu juga halnya dengan plugin, jika kita mempunyai plugin WordPress yang sudah lawas biasanya plugin tersebut banyak menggunakan resorce server dan juga rentan dihack karena keamanan yang sudah kurang. Namun tidak semua plugin jika di update dapat meningkatkan kecepatan situs/blog wordpress anda, anda dapat mengeceknya dengan melihat halaman plugin tersebut pada situs wordpress.org .

  • Kurangi penggunaan plugin

Masih tentang plugin yaitu kurangi penggunaan plugin, plugin merupakan tambahan fitur untuk situs atau blog wordpress. Ada banyak plugin yang tersedia untuk WordPress seperti Plugin untuk SEO atau Plugin untuk mempercantik blog. Namun tahukan anda setiap plugin WordPress mempunyai sifat yang berbeda-beda, ada yang boros resource server dan ada juga yang hemat. Salah satu Plugin WordPress yang banyak menggunakan Resource Server adalah W3 Total Cache dan Jetpack.

WordPress Plugin Page


Jikalah anda memasang Plugin W3 Total Cache dan Jetpack beserta 10 plugin lainnya maka bisa dipastikan Server anda akan keberatan dan dapat berpengaruh pada kecepatan loading blog wordpress anda. Sebenarnya anda hanya perlu memasang plugin paling tidak sebanyak 5, itu sudah termasuk SEO, Caching, Security, Theme. Jadi jika anda ingin membuat loading blog wordpress anda menjadi cepat dan juga membuat server anda menjadi ringan maka kurangilah penggunaan plugin kalau bisa cari plugin yang penting saja dan sisanya gunakan fitur dari Theme bawaan.

  • Pakai Theme yang ringan

Theme atau Tema merupakan kulit dari sebuah situs wordpress, Theme digunakan untuk mempercantik situs blog WordPress dan juga untuk mempermudah pengunjung untuk melakukan Navigasi pada blog. Namun biasanya semakin cantik sebuah tema atau semakin banyak fiturnya sering membuat situs blog WordPress menjadi kaku dan lambat, sebabnya adalah Tema tersebut terlalu banyak menggunakan Script namun tidak dikompresnya agar menjadi ringan.

WordPress Theme Page


Selain itu, penggunaan Script yang banyak pada tema dapat juga membuat Server menjadi berat karena menerima banyak beban dari Script yang dipasang. Umumnya web programmer sudah mengkompres Script pada tema yang dibuat agar menjadi ringan, namun jika tidak sebaiknya anda ganti tema yang lain saja agar blog anda menjadi cepat. Contoh tema WordPress yang ringan adalah Twenty Twelve.

  • Gunakan Read More-tag
Read More-tag adalah sebuah tag yang akan membuat sebuah halaman atau artikel pada WordPress menjadi terpotong ketika ditampilkan pada Home Page, umumnya terdapat tombol atau tulisan Read More>>>. Namun fitur ini dapat juga membuat blog anda menjadi ringan karena halaman awal akan menjadi lebit sedikit yang berarti loading menjadi cepat.
  • Pakai CDN atau Cloudflare
CDN atau Content Delivery Network adalah sebuah jaringan pita lebar berkecepatan tinggi yang digunakan untuk mentrasnfer data dari Server asli ke pengguna atau pengunjung, CDN biasanya digunakan oleh situs perusahaan besar untuk mentransfer data dengan cepat ke pengguna atau pengunjung situsnya. CDN dapat juga menghemat Bandwidth Server karena Bandwidth Server asli tidak perlu banyak mentrasnfer data karena sudah diatas oleh CDN. CDN dapat juga membuat situs blog WordPress anda cepat diakses karena data transfer server asli sudah di-boost oleh CDN jadi cepat diakses. CDN biasanya dipasarkan dengan harga mahal dan salah satu vendornya adalah MaxCDN.

Cloudflare_Sign Up


Selain menggunakan CDN, anda juga dapat mempercepat loading situs WordPress anda dengan menggunakan Cloudflare. Cloudflare merupakan layanan untuk mempercepat loading suatu situs dengan menggunakan DNS Cloudflare yang cepat dan Caching dari Cloudflare, selain itu Cloudflare juga menyediakan CDN gratis yang sangat cepat dan bebas kuota(unlimited bandwidth), Cloudflare juga menyediakan keamanan kelas Bisnis untuk situs anda, Cloudflare dapat dinikmati secara gratis namun jika ingin menambah fiturnya anda dapat memesan paket dari Cloudflare.

  • Manfaatkan Web Caching
Cache adalah file atau data sementara yang disimpan pada komputer untuk mempercepat akses data tersebut. Dalam dunia website, Cache berfungsi untuk mempercepat loading suatu website dengan membuatkan data sementara pada Server sehingga ada pengunjung yang datang maka data yang dikirimkan adalah data cahce tadi. Caching juga bermanfaat dalam menghemat tenaga server karena server tidak perlu mengindeks database untuk satu orang pengunjung.

W3 Total Cache


Dalam WordPress, Caching juga berfungsi untuk meningkatkan kecepatan loading blog wordpress. Fitur caching secara default tidak ada pada WordPress sehingga anda perlu memasang plugin web caching, contohnya yang terkenal adalah W3 Total Cache dan WP Total Cache.

  • Kurangi foto pada halaman awal atau kompres fotonya
Mengurangi foto pada halaman awal juga dapat mempercepat loading blog wordpress anda karena server dan juga komputer pengguna tidak perlu mendownload data foto tersebut. Namun bagi anda yang ingin membuat Slider pada halaman awal blog anda maka anda perlu mengecilkan ukuran foto tersebut, anda dapat mengkompres ukuran foto tersebut dengan Photoshop namun jika ingin cepat anda bisa menggunakan Plugin WP.Smush it .
  • Kurangi SPAM
Apakah anda tahu apa itu SPAM ? SPAM adalah sesuatu yang tidak di Inginkan tapi datang sendiri (seperti mempromosikan Iklan dengan Paksa), dalam WordPress ada yang namanya Komentar SPAM. Biasanya yang berkomentar menginginkan Website-nya dikunjungi dengan cara memaksa Pemiliki Website tersebut memunculkan Komentarnya. Dan jika sebuah Website memiliki banyak Komentar SPAM otomatis Website tersebut akan sepi pengunjung, dibenci oleh Search Engine, dan menjadi lambat.

Aksimet


Dan jika anda benci terhadap SPAM di WordPress anda dapat menggunakan Plugin Aksimet dan Captcha untuk mengurangi SPAM yang masuk bahkan melarangnya masuk kembali. Jadi kurangilah SPAM, denga kurangnya SPAM otomatis Website anda akan menjadi cepat.

  • Optimasi Database WordPress
Database berisi Informasi mengenai Website, kadang kala Database di WordPress berantakan dan tidak beraturan dan berdampak Loading menjadi lambat karena ukuran dari Database tersebut yang cukup besar. Selain itu jika Database WordPress anda berantakan dapat berakibat celah keamanan akan terbuka dan akan mudah diserang Hacker. Jadi jika anda tidak pandai Meng-optimize Database Anda dapat menggunakan Plugin dari WordPress yaitu WP-Optimize.

WP-Optimize


  • Kurangi Link eksternal
Maksudnya disini adalah mengurangi Widget atau Link yang mengambil data diluar Server, pada umumnya Link eksternal banyak dibuat oleh Widget pihak ketiga seperti Google+ atau Facebook Fans. Dengan banyaknya Link eksternal akan berdampak blog wordpress anda lambat dimuat karena browser akan mengunduh data dari 2 tempat yaitu Server Blog anda dan juga Server Link eksternal. Jika anda ingin memasang link eksternal maka pasanglah di Pages atau Post, dan juga kalau bisa Widget pihak ketiga dikurangi pada halaman awal atau anda ubah modenya agar muncul ketiga membuka postingan atau pages.

Itulah Cara mempercepat loading wordpress, sebenarnya kecepatan dari sebuah situs/blog relatif karena jika anda pengguna internet cepat pasti situs/blog anda cepat dibuka namun jika anda pengguna internet lelet langkah-langkah diatas mungkin tidak ada gunanya :) . Sekian dari saya, jika menurut artikel saya ini berguna tolong di share ya :) paling tidak untuk upah nulis saya. Wassalam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar