Selasa, 29 September 2015

Tips membuat Komputer Gaming



Gaming, anda pasti pernah bermain game terutama pada konsol game seperti PS atau XBOX. Biasanya kita bermain game ketika sedang bosan melakukan sesuatu atau tidak ada kerjaan. Saat ini dengan maju teknologi canggih bermain game tidak hanya dapat dilakukan menggunakan konsol game tapi juga dengan komputer pc. Jika dibandingkan, Komputer PC lebih baik daripada konsol game karena konsol game hanya bisa bermain game namun tidak bisa digunakan untuk hal-hal lain seperti mengetik dan juga saat ini teknologi gaming pada komputer juga sangat baik.

Demi mengikuti keinginan konsumen yang suka bermain game pc, perusahaan teknologi komputer akhirnya merilis sebuah komputer dengan julukan Komputer Gaming. Sesuai namanya, Komputer Gaming atau Gaming PC lebih ditujukan untuk pengguna yang sering bermain Game. Isi Hardware dari Komputer Gaming juga berbeda dari komputer pada umumnya, biasanya Hardware yang dipasang ialah Hardware kelas atas semua. Karena Hardware yang dipasang kelas atas semua maka harga Gaming PC yang paling rendah adalah 10 juta.

asus rog desktop pc tytan


Harga yang tadi saya sebutkan merupakan Komputer Gaming yang dibuat oleh seperti ASUS ROG atau Dell Alienware, mereka memasang harga yang tinggi karena daya tahan hardware yang dipasangkan juga sangat tinggi selain itu pendinginan komputer mereka juga sangat baik dalam membuang panas. Namun anda sendiri juga bisa membuat sebuah komputer gaming dengan hardware yang sesuai dengan keinginan anda terutama sesuai dengan isi dompet, dibawah ini tips bagi anda yang ingin membuat sebuah komputer gaming.


  • Budget atau Keuangan
Cek dulu keuangan anda ketika berencana membuat sebuah komputer gaming, paling tidak sediakan 5 juta untuk berjaga-jaga. Umumnya komputer gaming kelas menengah kebawah hanya memerlukan budget paling tidak 3-4 jutaan.


  • Pastikan apakah anda sering melakukan Overclocking
Dalam Komputer Gaming ada istilah Overclocking, Overclocking adalah metode untuk meningkatkan performa Hardware sampai ke batas maksimalnya. Umumnya Overclocking dilakukan jika performa komputer kurang cukup untuk menjalankan sebuah game. Hardware yang biasanya di Overclock adalah Prosessor dan GPU/VGA. Jadi pastikan apakah anda akan melakukan Overclocking atau tidak, jika iya maka budget anda kurang memadai karena Hardware komputer yang khusus untuk melakukan Overclocking biasanya memiliki harga paling rendah 3 jutaan.


  • Pilih VGA yang tepat
"Kenapa langsung pilih VGA yang tepat, bukannya pilih Prosessor yang tepat ?" Pertanyaan ini mungkin akan anda sampaikan ke saya, saat ini banyak Game PC yang lebih mengutamakan performa dari VGA ketimbang Prosessor. Hal ini telah saya uji coba ketika bermain Game Assassin's Creed Unity yang lebih banyak memakai GPU ketimbang Prosessor, terjadi peningkatan FPS ketika mengganti VGA. Perbandingannya antara VGA dan Prosessor adalah 60% VGA dan 40% Prosessor.

AMD Radeon vs NVIDIA Geforce


Selain itu anda juga harus mempertimbangkan apakah memilih VGA AMD Radeon atau NVIDIA Geforce. Menurut saya AMD Radeon terkenal dengan harganya yang murah dengan spek hardware yang tinggi, seri tertingginya saat ini adalah R7 dan R9 sedangkan NVIDIA Geforce terkenal dengan teknologi Grafisnya seperti NVIDIA TXAA, NVIDIA HBAO+, dan NVIDIA PhysX, seri tertingginya saat ini adalah Geforce GTX 970,980, dan TITAN X. Jika dibandingkan NVIDIA sangat baik dalam bermain Game PC namun harganya sangat mahal, kalau AMD baik dalam bermain Game PC namun harganya murah.


  • Pilih Prosessor yang tepat
Untuk Gaming, anda tidak perlu memilih Prosessor yang kelas atap, anda bisa memilih Prosessor kelas budget seperti Intel Pentium/Core i3 atau AMD FX / AMD A-Series. Saran saya carilah prosessor dengan clock speed paling tidak 2.7GHz, biasanya prosessor saat ini memiliki clock speed 3GHz selain itu carilah prosessor dengan core atau inti yang banyak, biasanya prosessor yang pas untuk gaming adalah Prosessor Quad Core atau 4 inti, prosessor 2 inti atau Dual Core juga bisa digunakan untuk gaming namun kurang dalam Multitasking-nya.

intel vs amd


Jadi pilihlah Prosessor sesuai kebutuhan anda, jika anda ingin prosessor dengan Clock Speed yang tinggi namun harga murah saya sarankan pakai Prosessor AMD FX atau A-Series karena AMD FX dan A-Series memiliki Clock Speed hingga 4.0GHz dengan harga 2 jutaan plus ada grafis bawaan Radeon R5/R7 lagi(khusus A-Series). Jika anda ingin Prosessor Intel, pilih saja Intel Core i5 atau Core i3. Namun jika anda ingin merasakan pengalaman gaming sesungguhnya anda bisa membeli Prosessor kelas ekstrim seperti Intel Core i7 atau Intel Core i7 Extreme Edition.


  • Pilih Motherboard sesuai kebutuhan
Motherboard merupakan perangkat penting dalam sebuah Komputer karena Motherboard merupakan rumah bagi hardware penting lainnya seperti Prosessor dan VGA. Untuk gaming anda tidak perlu memakai Motherboard khusus gaming atau Motherboard kelas atas, anda bisa memakai Motherboard kelas bawah-menengah karena pada dasarnya memilih Motherboard kelas atas disesuaikan dengan pemakaiannya, biasanya Motherboard kelas atas didesain agar tidak mudah rusak atau kepanasan ketika melakukan Overclock.

asus maximus ranger


Jadi pilihlah Motherboard sesuai kebutuhan, jika anda tidak akan melakukan Overclock maka pilihlah Motherboard kelas bawah atau kelas standar namun jika anda ada rasa ingin melakukan Overclock anda bisa memilih Motherboard kelas menengah yang harganya agak mahal sedikit dari kelas bawah, tapi jika anda sering melakukan Overclock maka pilih Motherboard khusus gaming seperti ASUS ROG Rampage atau MSI Gaming, dan ingat sesuaikan Seri Motherboardnya jangan beli Motherboard untuk Prosessor Intel tapi beli Prosessor AMD.


  • Beli RAM sesuai kebutuhan
Untuk Gaming saya sarankan untuk membeli RAM dengan ukuran 6GB hingga 8GB karena pada umumnya Game tahun 2014 banyak memakai RAM seperti Assassin's Creed Unity yang memakai RAM 2GB atau Batman Arkham Knight yang memakai RAM 3GB, namun anda juga bisa bermain game dengan RAM 4GB namun ketika anda naikkan resolusinya dan kualitas gambarnya maka RAM anda akan habis dan Game Over. Untuk Clock Speed-nya saya rasa tidak terlalu penting, anda bisa menjalankan Game pada RAM dengan Clock Speed 1333 dan 1600MHz namun jika anda menginginkan responsif komputer yang cepat maka anda perlu RAM dengan Clock Speed 2400MHz atau 3100MHz. Selain itu jika anda juga mau melakukan Overclock pada RAM maka anda perlu RAM khusus gaming yang ada Heatsink agar tidak panas, merek RAM yang terkenal adalah Corsair.

RAM



  • Pilih kapasitas luas atau cepat
Maksudnya disini adalah Pilih Hardisk Drive(HDD) atau Solid State Drive(SSD), untuk gaming saya rasa anda harus memiliki keduanya karena Game saat ini banyak menggunakan Hardisk ketika mengambil data selain itu ukuran File Installasi Game juga besar contohnya saja GTA V yang memiliki File Installer-nya 59GB. Jika dibandingkan HDD dengan SSD, HDD kapasitasnya luas(bisa sampai 8 Terabyte), lelet (karena ada piringan yang harus diputar dalam kecepatan 7200RPM) dan murah, sedangkan SSD kapasitasnya kecil(Max 512GB), cepat dan responsive, namun mahal.

SSD


Peran Hardisk dalam Gaming juga sangat penting karena jika Hardisk anda lelet maka anda harus menunggu 15 menit untuk loading. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa membeli SSHD milik Seagate yang kapasitasnya seluas HDD namun kecepatannya secepat SSD, harga SSHD 1TB sebelum dolar naik 1,2Juta rupiah.


  • Pikirkan suhu
Ketika bermain Game biasanya kita akan lupa apa yang harus kita kerjakan karena kita terlalu fokus bermain game, namun anda pasti tahu ketika menjalankan sebuah Game PC maka kinerja hardware akan meningkat yang berarti suhu Hardware juga meningkat apalagi jika anda bermain game terlalu lama maka mungkin Hardware anda bisa meledak kepanasan. Ada 2 tips disini yang saya sarankan, yang pertama beli casing dengan lubang kipas pendingin yang banyak atau yang kedua beli pendingin berbasis cairan(Liquid Cooling) untuk Prosessor, VGA/GPU, dan Motherboard.

Untuk tips yang pertama tadi merupakan kelas budget, anda bisa membuat hardware komputer anda menjadi dingin dengan membeli casing yang banyak lubang ventilasinya lalu membeli kipas pendingin yang banyak. Biasanya ada aplikasi bawaan Motherboard yang bisa mengatur kecepatan kipas pendingin dari komputer jadi anda bisa meningkatkan kecepatan kipas pendingin ketika diperlukan.

Untuk tips yang kedua  tadi merupakan kelas menengah keatas, kalau anda ingin hardware komputer anda benar-benar dingin anda bisa membeli pendingin berbasis cairan. Umumnya hardware yang sering dipakai Liquid Cooling adalah Prosessor karena prosessor merupakan hardware yang paling cepat panas. Harga pendingin berbasis cairan ini biasa dibandrol dengan harga 700ribuan.

Menurut saya lebih bagus pilih yang Liquid Cooling karena lebih aman karena panas dari Prosessor pasti langsung dibuang keluar ketimbang membeli kipas pendingin yang besar dan banyak yang dampak panasnya bisa langsung terkena ke hardware lainnya. Namun anda juga bisa membuat pendingin berbasis cairan sendiri dengan membeli paket Liquid Cooling yang dipaketnya ada pipa yang bisa disalurkan ke hardware yang ingin didinginkan.


  • Pilih Powersupply yang tepat
Untuk Powersupply saya sarankan beli merek Corsair karena kualitas PSU merek ini sangat baik karena dilengkapi fitur-fitur yang bagus seperti anti tegangan tinggi. Selain itu pilihlah PSU paling tidak 500 Watt karena ketika hardware komputer sedang dalam kondisi performa maka konsumsi daya akan meningkat yang berarti daya listrik juga meningkat.


  • Casing sesuai pilihan
Untuk urusan Casing, anda bisa beli seri Full Tower atau khusus gaming atau versi yang biasa saja. Belilah Casing sesuai ukuran Motherboard anda, jika anda membeli Motherboard ukuran ATX maka beli seri Full Tower namun jika anda membeli Motherboard ukuran Micro-ATX belilah Casing Micro-ATX agar tidak banyak memakan tempat. Selalu harus anda ingat belilah casing yang ventilasi udaranya cukup bagi hardware komputer anda, jika terlalu minim ventilasi gunakan Liquid Cooling.


  • Aksesoris tambahan (Optional)
Jika anda gamer sejati pasti anda kenal sama Mouse Gaming, Keyboard Gaming, dan juga Headphone Gaming. Semua itu pasti bagi and perlu untuk menunjang kegiatan gaming anda. Saya juga menyarankan agar membeli Mouse dan Keyboard Gaming karena dalam sebuah Game PC terutama Genre Adventure dan Shooting banyak menggunakan mouse dan keyboard, jadi agar tidak mudah rusak Mouse dan Keyboard-nya belilah Mouse dan Keyboard seri Gaming. Untuk Headphone terserah anda, jika anda ingin merasakan kualitas audio dalam gaming maka beli saja Headphone Gaming.

Selain itu jika anda ingin mengurangi lag pada PC Game dan juga Screen tearing, anda juga bisa membeli Monitor khusus gaming dan sesuai vendor VGA-nya. Jika anda menggunakan NVIDIA Geforce maka belilah Monitor yang ada teknologi NVIDIA G-SYNC atau 3D Vision karena jika Monitor tersebut ada fitur tersebut maka pasti itu dikhususkan bagi VGA Card NVIDIA, namun jika anda pengguna AMD anda bisa membeli Monitor yang ada fitur AMD FreeSync. Untuk keperluan Gaming 3D, saya sarankan anda menggunakan VGA Card NVIDIA karena sudah support 3D termasuk pengaturan 3D bagi game yang sedang dijalankan.

Dari tips diatas dapat disimpulkan bahwa membuat sebuah Gaming PC tidak harus mahal dan juga tidak harus paling bagus, kita bisa menjalankan sebuah Game berat dengan lancar asalkan beberapa syarat telah terpenuhi seperti Prosessor yang memadai, VGA yang cepat, dan HDD yang lancar. Sebuah harga dari Gaming PC bisa kita tentukan hanya dengan menganti vendor, ketika anda lebih memilih AMD maka Budget yang akan anda keluarkan untuk membuat sebuah Komputer Gaming akan berkurang/sedikit sebaliknya jika anda lebih memilik menggunakan Intel Core i-Series dan VGA NVIDIA dipastikan anda akan banyak mengeluarkan uang. Namun itu semua tergantung penggunaan anda sendiri.

Itulah artikel saya hari ini, jangan lupa untuk share artikel ini jika menurut anda bermanfaat bagi orang lain. Sekian dari saya, Wassalam.
loading...
Load disqus comments

0 komentar