Minggu, 30 Agustus 2015

Review Windows 10

Windows 2012 Logo

Review Windows 10 | Windows 10 merupakan Sistem Operasi terbaru milik microsoft yang dirilis 29 Juli kemarin, saat ini tidak banyak File Install Original Windows 10 yang beredar di Indonesia jadi Windows 10 benar-benar menjadi Sistem Operasi yang paling terbatas. Windows 10 hanya bisa didownload lewat situs resmi Microsoft atau lewat Windows Update.

Windows 10 - Desktop


Selama 1 bulan pemakaian, saya merasakan pengalaman yang agak berbeda dengan Windows 8 apalagi Windows 7. Yaitu dengan kembalinya Start Menu namun dengan tampilan Windows 8, menurut saya Windows 10 diibaratkan Windows 7 dan Windows 8 yang menyatu. Tidak banyak perubahan yang mencolok pada Windows 10 dengan Windows 8, hanya ada beberapa fitur-fitur yang tidak pernah disematkan di Windows 8 namun ada di Windows 10.


Kelebihan Windows 10 :
- DirectX 12, penerus DirectX11

DirectX 12 - Microsoft Promotion


Sebagai penerus DirectX sebelumnya yaitu DirectX11, DirectX 12 menjadi angin segar bagi para gamers dan pengguna aplikasi 3D lainnya. DirectX 12 membawa sejumlah fitur-fitur baru seperti performa yang tinggi mungkin 10 kali lebih tinggi dibanding DirectX11, selain itu bagi para gamers DirectX 12 membawa beberapa efek-efek baru bagi game-game terbaru seperti efek api yang lebih nyata dan efek bayangan sinar matahari.

DirectX 12 Features - NVIDIA Geforce

Walaupun menjadi angin segar bagi para gamers, tidak semua VGA Card mendukung DirectX 12 sepenuhnya, hanya beberapa seri vga model terbaru yang dapat menjalankan DirectX 12 dengan sangat baik contohnya NVIDIA Geforce Titan X,GTX 980, GTX 970, dan GTX 960. Sedangkan model AMD, AMD Radeon R5,R7, R9 200 dan 300 Series. Bagi pengguna vga card versi lawas (Seperti saya GT650) akan merasakan lag atau kaku pada proses grafis di Windows 10.

Walaupun VGA Card versi lawas seperti GTX 750 atau Radeon 7970 tidak mendukung DirectX 12, DirectX 12 dapat dijalankan dengan sangat baik tanpa ada error dan ada sedikit peningkatan performa. Hanya beberapa efek baru dari DirectX 12 yang tidak bisa dijalankan.

- Kembalinya Start Menu
Start Menu merupakan ciri khas Windows sejak Windows NT versi pertama, dulu Start Menu merupakan Shortcut untuk beberapa setelan Windows seperti Control Panel, tampilan Start Menu waktu itu masih sangat sederhana. Ketika zaman Windows XP, Start Menu dirombak 100% dengan mengubah tampilan menjadi 2 bagian dan juga menu All Program untuk melihat semua Program. Dan ketika zaman Windows 7, Start Menu diubah lagi tapi hanya 50% yaitu dengan menambahkan efek Aero dan memindahkan Recent Apps ke sebelah kiri dan Shortcut ke Komputer disebelah kanan, selain itu Menu All Program juga diubah menjadi satu tampilan saja.

Start Menu - Windows 10


Ketika hadir Windows 8, Start Menu hilang dan digantikan oleh Start Screen yang menjadikan Windows 8 susah untuk dipakai ketika menggunakan Mouse. Untuk menutup hal tersebut Microsoft menghadirkan kembali Start Menu namun dengan tampilan dan menu yang berbeda pula. Windows 10 memiliki Setengah Start Menu dari Windows 7 (pada bagian kiri) dan setengah Start Screen dari Windows 8 dibagian kanan yang membuat Start Menu kali ini lebih keren ketimbang versi di Windows 7.

 - Start Screen atau Start Menu
Pada Windows 10, anda bisa memilih untuk menggunakan Start Screen atau Start Menu. Ini memungkin anda pencinta Windows 8 yang suka dengan Start Screen untuk menggunakan Start Screen pada Windows 10 namun bisa juga menggunakan Start Menu jika diperlukan. Pengaturan ini dapat dilihat pada Settings->Personalization->Start.

Start Screen - Windows 10


- Aplikasi Metro yang lebih ramah Mouse
Jika pada Windows 8/8.1, menjalankan aplikasi Metro menggunakan Mouse akan menjadi sangat sulit karena tampilan aplikasi yang cocok untuk layar sentuh ketimbang mouse selain itu untuk melihat pengaturan kita harus meletakkan mouse ke sebelah kanan-atas. Pada Windows 10, semua aplikasi Metro ramah dengan mouse karena semua menu dan tombol-tombolnya dapat ditekan oleh anak panah dengan sangat baik, untuk aplikasi pihak ketiga mungkin ada yang masih tidak mendukung karena belum diupdate oleh Developer.

- Task View, lawannya Mision Control di OS X
Dulu jika kita ingin menjalankan banyak aplikasi namun dengan layar Desktop yang banyak kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat Desktop 1 dan Desktop 2, dengan Desktop yang banyak kita dapat memanagemen aplikasi yang sedang kita buka agar menjadi lebih produktif, misalnya Desktop 1 berisi aplikasi kantoran sedangkan Desktop 2 berisi musik dan video dan Desktop 3 berisi Game yang sedang berjalan dan Desktop 4 tidak berisi aplikasi yang berjalan. Fitur seperti ini sudah ada sejak lama di Mac OS X buatan apple.

Task View - Windows 10


Ketika Windows 10 hadir, Microsoft menambahkan salah satu fitur baru dan terpenting di Windows 10 yaitu Task View yang memungkinkan kita melihat Window aplikasi yang sedang berjalan dan juga untuk membuat Desktop baru, Task View pada Windows 10 ini mirip seperti menu Win+Tab pada Windows 7 namun diubah bentuknya dan ditambahkan Menu Add Desktop.

- Cortana
Cortana adalah aplikasi Search yang dapat memberikan kita informasi, Cortana mirip seperti Google Now dan Apple Siri yaitu dapat dinyalakan hanya dengan mengatakan Hei, Cortana. Cortana dapat memberikan anda informasi yang sangat lengkap dengan hanya mengatakan apa saja dengan awalan Hey, Cortana. Saat ini Cortana hanya mendukung bahasa inggris, jadi pengguna Windows 10 Indonesia tidak akan mendapatkan aplikasi ini namun diganti menjadi aplikasi Search.

Cortana - Windows 10


- Booting dan Wake up yang lebih cepat
Windows 10 juga memiliki fitur Fast Boot yang memungkinkan kita menghidupkan komputer dengan sangat cepat dengan mengurangi aplikasi yang berjalan dan meningkatkan performa hardware ketika booting. Kecepatan Booting Windows 10 dengan Windows 8 saya rasa tidak terdapat perbedaan yang cukup berbeda mungkin hanya beda satu detik. Sedangkan Wake up Windows 10 lebih cepat ketimbang Windows 8 tanpa fitur Instant On atau fitur bawaan vendor lainnya.

Windows Boot


- Tampilan yang paling berbeda
Windows 10 hadir dengan tampilan yang paling beda dari Windows 10, samanya hanya masih memiliki Desktop dan Taskbar sedangkan tampilannya berubah 100% dari Window hingga ikon-ikonnya. Selain itu Aero Windows 10 juga berbeda dengan Windows 8 dan Windows 7. Bentuk tombol close, minimize, dan expand juga berbeda dengan Windows 8 atau Windows 7, benar-benar berubah 100%. Windows 10 dibuat dari 0 makanya tidak ada yang sama dengan Windows sebelumnya, sedangkan Windows 8 merupakan peningkatan dari Windows 7 dan Windows 7 merupakan penyempurna Windows Vista.

Windows Desktop - Windows 10


- File (Windows) Explorer yang berbeda
Tampilan dari Windows Explorer kali ini juga berbeda dengan Windows 8, persamaannya hanya pada Ribbon yang masih ada di Windows Explorer veri Windows 10. Windows Explorer atau File Explorer kali ini mempunyai folder Quick Access yang mirip dengan Recent Files pada Finder Mac OS X. Umumnya, jika kita membuka File Explorer kita akan langsung masuk ke Folder Quick Access yang berisi folder/file yang sering kita buka. Selain itu pada folder Computer/This PC juga ada perubahan yaitu pada ikon-ikon Driver yang berbeda.

File Explorer - Windows 10


- Action Center
Action Center kali ini juga berubah, jika dulunya Action Center merupakan menu dimana berisi informasi mengenai sistem komputer seperti Set Backup atau Install Antivirus. Pada Windows 10, Action Center diubah menjadi menu yang berisi notifikasi dari seluruh aplikasi dan sistem pada Windows 10, mirip seperti Notification Center pada OS X.

Action Center - Windows 10


- Microsoft Edge
Rumor mengenai browser baru pada Windows 10 rupanya benar, ternyata Microsoft mengubah Browser bawaan pada Windows 10 yaitu Microsoft Edge. Tampilan Microsoft Edge kurang lebih seperti Internet Explorer Metro pada Windows 8 namun diubah menjadi Window. Akses Internet dengan Microsoft Edge sangat cepat walau tidak secepat Google Chrome, Microsoft Edge tidak pernah Hang atau Lag jika kita membuka Tab yang sangat banyak. Selain itu dukungan ke OneNote memudahkan anda yang ingin mengambil informasi dari internet dan mengubahnya menjadi bentuk catatan.

Microsoft EDGE - Windows 10


Apakah Internet Explorer tidak ada di Windows 10 ? Ada, namun disembunyikan demi mempopulerkan Microsoft Edge. Anda bisa membuka Internet Explorer dengan cara Start Menu-All Apps-Windows Accessories.

Kekurangan
- Kurang Responsif
Maksud kurang Responsif disini adalah seperti membuka Star dan juga Action Center yang terlalu banyak menggunakan efek dan animasi sehingga menjadikan komputer saya agak lambat. Mungkin sebagian pengguna tidak mengalami hal sama seperti saya :) .

- Agak boros baterai
Dulu jika saya menggunakan Windows 8/8.1, laptop saya dapat bertahan sampai 6 jam dengan menggunakan PowerSaver pada setelan Baterainya, selain itu kapasitas baterainya turun secara perlahan dari 100% ke 99%. Ketika menggunakan Windows 10, laptop saya lebih cepat kehabisan baterai ditambah lagi menu untuk memilih mode baterai tidak ada pada ikon Baterai jadi agak susah untuk mengubah Power plan baterai. Saya tidak tahu penyebabnya, mungkin karena ketika menggunakan Windows 10 default GPU-nya NVIDIA :) .

- Boros RAM
Karena banyak fitur baru dan aplikasi baru, pada Windows 10 umumnya laptop saya akan menggunakan RAM 4GB 40%. Faktor utama yang membuat RAM saya cepat habis adalah Service dan aplikasi bawaan Windows 10 yang menggunakan banyak RAM. Selain itu Virtual Memori pada Windows 10 juga dikurangi jadi tidak bisa ditambah.

- Pengaturan yang merepotkan
Jika dulu Windows 8 langsung menggunakan Control Panel untuk mengubah pengaturan Windows, lain lagi pada Windows 10 kita harus membuka Settings untuk mengubah pengaturan komputer. Yang membuat sedikit repot adalah jika anda ingin mengubah misalnya power plan namun harus lengkap pengaturannya maka anda akan dibawa ke Settings lalu Control Panel lalu kembali lagi ke Settings.

Kesimpulan

Windows 10 memang merupakan Windows baru yang dibuat oleh Microsoft untuk menutup kegagalannya dalam membuat Windows 8. Semua hal yang ada pada Windows 7 dibawa ke Windows 10 dengan mengambil tampilan dari Windows 8. Menurut saya Windows 10 ini sangat nyaman dipakai karena menu dan tampilannya mirip dengan Windows 7(terutama karena ada Start Menu) namun terlalu baru dan banyak fitur-fitur baru yang memerlukan teknologi hardware terbaru seperti Intel RealSense dan DirectX 12 yang hanya mendukung VGA tahun 2015. Windows 10 banyak untungnya dan dikit ruginya.
loading...
Load disqus comments

0 komentar